| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mempersiapkan Natal seolah seorang Raja datang ke rumah kita

 

Jonathan Borba | Pexels

 

Persiapan lahiriah kita harus sesuai dengan persiapan batiniah kita, menantikan Raja segala Raja masuk ke dalam hati kita. Meskipun relatif mudah mempersiapkan rumah kita dengan dekorasi yang indah untuk pesta Natal, apakah kita mencocokkan persiapan itu dengan kehidupan rohani yang sama indahnya?

Rabanus Maurus, seorang biarawan suci abad ke-9, mendesak kita untuk mempersiapkan Natal seolah-olah kita akan menyambut seorang Raja ke rumah kita pada hari ulang tahunnya. Renungannya diambil dari Tahun Liturgi dan memberikan renungan yang mendalam selama Masa Adven.

     "Jika setiap saat kita perlu dihiasi dengan keindahan perbuatan baik, kita harus melakukannya dengan perhatian khusus pada hari kelahiran Juruselamat kita. Pertimbangkan dalam diri Anda, saudara-saudaraku, apa yang akan Anda lakukan, jika seorang Raja, atau Pangeran, mengundang Anda untuk datang merayakan hari ulang tahunnya. Pakaianmu akan sama baru, seanggun, bahkan semegah yang bisa kamu dapatkan, karena kamu akan menganggap itu penghinaan bagi dia yang mengundangmu, jika kamu tampil di hadapannya dengan sesuatu yang sobek atau miskin atau najis."


Maurus menjelaskan bagaimana kita harus mempersiapkan hati kita dengan cara yang sama, berusaha menghiasinya dengan kebajikan.

     "Tunjukkan perhatian yang sama pada kesempatan pesta yang akan datang, dan biarkan jiwamu diperindah dengan beberapa ornamen kebajikan pergi ke Raja mereka. Dia menyukai mutiara kesederhanaan dan bunga ketenangan suci, karena itu kenakanlah itu. Biarkan hati nuranimu tenang sekarang karena pesta khusyuk Kelahiran Yesus begitu dekat dengan kita. Membantu itu indah dalam kesucianmu, cantik dalam amalmu, indah dengan amalmu, cemerlang dengan keadilan dan kerendahan hati dan terutama bersinar dalam cinta Tuhan."

Kadang-kadang kita perlu secara radikal mengubah pandangan interior kita tentang Natal untuk memperlakukannya sebagaimana adanya, pesta mulia untuk merayakan kedatangan Yesus ke dalam kehidupan pribadi kita sendiri.

Di luar hadiah dan dekorasi, semoga kita mempersiapkan hati kita untuk Raja dari segala Raja.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy