| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 09 Desember 2022 St. Yohanes Didaci Cuauhtlatoatzin

Bunda Maria dari Guadalupe memilih untuk menampakkan diri kepada pria asli Meksiko yang suci dan rendah hati ini. Pengabdiannya kepada Bunda Maria telah terkenal selama berabad-abad, sebuah model yang tepat bagi semua umat Kristiani terutama selama Masa Adven dan Natal.
 

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati  St. Yohanes Didaci Cuauhtlatoatzin, juga dikenal sebagai St. Juan Diego, orang suci yang kita peringati hari ini. St Yohanes Didaci dikenal sebagai orang yang menyaksikan penampakan Santa Perawan Maria, Bunda Allah, sekarang dikenal sebagai Santa Perawan Maria dari Guadalupe. St Yohanes Didaci adalah salah satu orang Kristen awal yang bertobat dari antara penduduk asli di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Meksiko, di mana dia menjadi pengikut Kristus yang taat, dan dikenal karena kehidupan dan kebajikannya yang patut dicontoh. Saat itu, St. Yohanes Didaci sedang melewati daerah yang dikenal sebagai Bukit Tepeyac ketika Bunda Allah menampakkan diri kepadanya, dan berbicara kepada St. Yohanes Didaci dalam bahasa aslinya, mengungkapkan dirinya sebagai Bunda dari Tuhan.

Awalnya tidak ada yang percaya apa yang dikatakan St Yohanes Didaci, dan mereka mengabaikannya ketika dia menyampaikan kepada mereka pesan Bunda Maria dari Guadalupe tentang identitasnya dan juga permintaannya agar sebuah gereja dibangun untuk menghormatinya di lokasi penampakannya. Kemudian, pada waktu berikutnya ketika St Yohanes Didaci seharusnya bertemu dengan Santa Perawan Maria dari Guadalupe, pamannya sakit parah dan St Yohanes Didaci harus meminta pamannya menemui seorang imam untuk Sakramen Orang Sakit. Dan kemudian, St Yohanes Didaci mencoba untuk mengambil jalan lain, karena ia malu telah gagal untuk bertemu dengan Bunda seperti yang seharusnya, hanya untuk menemuinya dalam perjalanan lagi, dan dia mengatakan kepadanya mengapa dia tidak mempercayakannya paman dan dirinya sendiri kepada Tuhan melalui dia. Ini berfungsi sebagai pengingat bagi kita semua bagaimana Tuhan memang mempercayakan Bunda-Nya sendiri Maria, Bunda Maria dari Guadalupe untuk menjadi ibu kita juga.

Kemudian, Bunda Maria dari Guadalupe mengatakan kepada St. Yohanes Didaci untuk menunjukkan tanda kepada uskup setempat, dan memintanya untuk mengumpulkan beberapa bunga yang muncul di sana di lokasi penampakan yang bukan berasal dari wilayah tersebut, secara ajaib muncul di sana, dan kemudian St Yohanes Didaci mengumpulkan mereka menggunakan tilma atau jubahnya. Ketika dia membawa bunga-bunga itu dan menunjukkannya kepada uskup, apa yang mengejutkan uskup dan semua saksi lain yang hadir bukan hanya bunga-bunga yang tidak biasa itu, tetapi fakta dan bukti bahwa gambar Bunda Maria dari Guadalupe, Maria sendiri, tercetak pada lukisan itu. tilma yang dikenakan oleh St. Yohanes Didaci. Setiap orang yang melihat keajaiban itu percaya, dan melalui peristiwa besar itu, banyak yang menjadi percaya dan mengikuti Tuhan, semua berkat ibu-Nya dan juga melalui iman dan dedikasi yang ditunjukkan oleh St. Yohanes Didaci dalam setia menjalani hidupnya dan menaati kehendak Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, setelah mendengar semua ini, oleh karena itu marilah kita semua merenungkan cara hidup kita sendiri dan keadaan keberadaan kita saat ini. Apakah kita terlalu lalai dalam menjalani hidup sehingga kita membiarkan godaan keduniawian dan kesenangan di sekitar kita menggoyahkan dan menyesatkan kita ke jalan yang salah? Atau apakah kita sudah berjalan dengan setia di jalan yang telah ditunjukkan Tuhan kepada kita? Jika kita belum mendengarkan Tuhan dan jika kita masih mudah terombang-ambing oleh godaan duniawi untuk berbuat dosa, maka kita harus memanfaatkan peringatan ini dengan baik dan masa Adven ini menyediakan bagi kita untuk mengubah cara hidup kita dan berhubungan kembali dengan Tuhan, dengan mengikuti teladan baik para orang kudus, khususnya St. Yohanes Didaci yang kita peringati hari ini, bersama dengan bunda kita yang penuh kasih, Bunda Maria dari Guadalupe, yang selalu menjaga kita dan berdoa untuk kita masing-masing, selama ini .

Semoga Tuhan terus membimbing kita dalam perjalanan iman kita melalui kehidupan, dan semoga Dia memperkuat kita masing-masing dalam tekad kita sehingga kita dapat semakin mendekat kepada-Nya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy