| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Beberapa cara untuk mengalahkan godaan Iblis

 

Kehidupan spiritual adalah pertempuran. Tidak hanya pertempuran melawan keinginan egois kita sendiri, tetapi juga melawan kekuatan spiritual jahat dunia ini. Paus St Yohanes Paulus II mengingatkan dunia tentang kenyataan ini ketika mengunjungi Monte Gargano pada tahun 1987.


     Peperangan melawan iblis ini… masih berlangsung, karena iblis masih hidup dan bekerja di dunia. Nyatanya, kejahatan yang ada di dalamnya, kekacauan yang kita lihat dalam masyarakat, perselingkuhan manusia, fragmentasi batin yang menjadi korbannya, bukan hanya konsekuensi dari dosa asal, tetapi juga efek dari kegelapan dan merajalela aktivitas Iblis, penyabot keseimbangan moral manusia ini.

Salah satu cara utama Iblis mencoba mengacaukan hidup kita adalah melalui pencobaan, memikat kita menjauh dari Allah dan menempuh jalan gelap yang menuju kehancuran.

Kabar baiknya adalah bahwa Tuhan telah memperlengkapi kita dengan senjata dan baju zirah yang mampu melawan anak panah musuh ini. Namun, kita perlu menggunakannya agar kita menang bersama Kristus dalam pertempuran melawan si Jahat.

Berikut adalah empat cara teratas untuk mengalahkan godaan iblis seperti yang dijelaskan oleh Gereja dan berbagai pengusir setan.
    

Kristus di Padang Belantara, Artist: Moretto da Brescia (1498–1554) (CC 1.0)


Katekismus Gereja Katolik menjelaskan, Roh Kudus membuat kita membedakan antara pencobaan, yang diperlukan untuk pertumbuhan manusia batiniah, dan pencobaan, yang mengarah pada dosa dan kematian. Kita juga harus membedakan antara tergoda dan menyetujui godaan. Akhirnya, kearifan membuka kedok kebohongan pencobaan, yang objeknya tampak baik, ‘menyenangkan mata’ dan diinginkan, padahal kenyataannya buahnya adalah kematian. Tuhan tidak ingin memaksakan yang baik, tetapi menginginkan makhluk yang bebas. … Ada kegunaan tertentu dari pencobaan. Tidak seorang pun kecuali Tuhan yang tahu apa yang telah diterima jiwa kita darinya, bahkan kita sendiri pun tidak. Tetapi godaan mengungkapkannya untuk mengajari kita mengenal diri kita sendiri, dan dengan cara ini kita menemukan kecenderungan jahat kita dan wajib bersyukur atas kebaikan yang telah diungkapkan oleh godaan kepada kita.

Dengan kata lain, pertama-tama kita harus mengenali godaan itu dan menggali lebih dalam, menemukan akar dari semua itu. Jika kita tidak menemukan akar yang perlu disembuhkan, kita tidak akan dapat meninggalkan pencobaan sepenuhnya. Dengan cara ini Tuhan mengizinkan pencobaan untuk mengungkapkan kelemahan kita sehingga kita mengerti apa sebenarnya yang perlu kita ubah.  

  
Iblis menyukai kekacauan dan akan melakukan apa saja untuk mengacaukan kehidupan doa kita. Inilah mengapa sangat penting untuk menetapkan rutinitas doa di mana seseorang tidak hanya berdoa ketika mengingatnya, tetapi juga pada waktu dan durasi yang telah ditentukan. Dengan cara ini kita menunjukkan kepada Tuhan prioritas kita dan mengusir setan dari hidup kita. Pengusir setan selalu menyarankan orang yang kerasukan untuk membangun kebiasaan spiritual yang konsisten untuk lebih mencegah godaan Iblis di masa depan.  

 
Dosa melahirkan lebih banyak dosa dan begitu kita mulai menuruni lereng dosa yang licin, sulit untuk dihentikan. Karunia pengakuan dosa yang luar biasa dalam Gereja Katolik memungkinkan kita untuk memulai kembali dan membawa kelemahan dan kegagalan kita ke hadapan Tuhan. Dia adalah Tabib Ilahi dan dapat menyembuhkan kita dengan Balsem Kerahiman-Nya. Setelah mendamaikan diri kita dengan Tuhan dan Gereja, para pengusir setan selanjutnya mendorong jiwa-jiwa untuk menerima Ekaristi sebanyak mungkin.

Kemudian ketika kita merasa kewalahan dengan pencobaan, kita harus berseru kepada Tuhan dengan menyebut nama Yesus. Seperti yang ditulis St Paulus, “dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di bumi dan yang ada di bawah bumi” (Filipi 2:10). Ada banyak sekali cerita tentang orang-orang kudus yang, ketika dicobai oleh Iblis, hanya menyebut nama Yesus berulang kali sampai godaan itu mereda. Ini adalah cara sederhana namun ampuh untuk tetap setia kepada Kristus di tengah dorongan kuat untuk melawan perintah-perintah-Nya.

 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy