| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu, 11 Februari 2023 Peringatan Santa Perawan Maria dari Lourdes

Fr. Lawrence, OP (CC BY-NC-ND 2.0)

 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja merayakan kesempatan Peringatan Santa Perawan Maria dari Lourdes, menandai Penampakan Bunda Maria yang terkenal itu, Santa Perawan Maria di situs Lourdes di pedesaan bagian selatan Prancis. Penampakan Santa Perawan Maria dari Lourdes ini terjadi lebih dari satu setengah abad yang lalu, pada pertengahan abad ke-19, ketika Santa Perawan Maria dari Lourdes muncul di hadapan seorang gadis petani muda bernama Bernadette Soubirous, sekarang lebih dikenal sebagai St. Bernadette, mengungkapkan kebenarannya. sifat dan niat padanya. Terlepas dari banyak tantangan dan keraguan yang dihadapi St. Bernadette saat itu, akhirnya Gereja mengakui penglihatan dan Penampakan itu otentik, dan dirayakan secara universal sebagai Pesta Santa Perawan Maria dari Lourdes, dengan situs Lourdes sendiri menjadi salah satu tempat ziarah yang paling populer di dunia.

Bunda Maria sering muncul sepanjang sejarah selama masa pencobaan dan kesulitan besar bagi umat Allah yang setia dan bagi dunia pada umumnya. Dia muncul di Hispania pada tahun-tahun penganiayaan terhadap umat Kristiani selama hari-hari awal Gereja kepada St. Yakobus Rasul, yang sekarang dikenal sebagai Penampakan Bunda Pilar, ketika Bunda Maria, yang mungkin masih hidup di dunia saat itu, muncullah Rasul untuk meyakinkannya dan untuk memperkuat tekadnya dalam mewartakan kebenaran Tuhan kepada orang-orang yang dia layani. Bunda Maria juga muncul di Guadalupe di Meksiko, selama tahun-tahun segera setelah ekspansi Eropa pasca-Columbus ke benua Amerika, Dunia Baru ketika perang, konflik, pandemi, dan faktor lain menyebabkan penderitaan dan kematian jutaan orang yang tak terhitung jumlahnya. Saat itu juga tepat di tengah-tengah reformasi Protestan ketika Gereja terpecah belah karena ajaran sesat dari mereka yang disebut reformis.

Dalam semua kesempatan itu dan lainnya, Perawan Terberkati, Bunda Allah menampakkan diri kepada berbagai orang termasuk di Lourdes karena ia ingin menunjukkan kepada kita semua kasih Allah dan mengingatkan kita akan segala sesuatu yang telah dilakukan Putranya demi kita, dalam pengorbanan-Nya. di Salib-Nya dari kasih yang murni dan abadi bagi kita masing-masing. Terlepas dari banyak pelanggaran dan sikap keras kepala kita dalam menolak kebaikan dan kasih-Nya, Tuhan selalu mengasihi kita tanpa memandang, dan menginginkan agar setiap dari kita dapat menemukan jalan kembali kepada-Nya, untuk berdamai dengan-Nya, dan pada saat yang sama Dia juga telah mempercayakan kita semua pada perhatian penuh kasih ibu-Nya Maria, seperti yang telah Dia lakukan dari Salib-Nya. Dengan cara ini, kita masing-masing dicintai dan dikasihi olehnya, dan menerima darinya cinta yang paling lembut yang telah dia tunjukkan kepada Putranya, Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Di Lourdes, Bunda Maria menampakkan diri kepada Bernadette Soubirous yang berusia empat belas tahun di Gua Massabielle di mana tempat ziarah Bunda Maria dari Lourdes sekarang berdiri. St. Bernadette kembali untuk bertemu Penampakan Bunda Maria. Pada tanggal ini, tanggal sebelas Februari, adalah tanggal penampakan pertama, dan total delapan belas penampakan Bunda Maria terjadi, dan ketika orang-orang mulai mendengar tentang penampakan Bunda berpakaian putih dengan selempang biru seperti yang ditemui oleh St Bernadette muda, mereka mulai datang ke lokasi penampakan.

Dalam salah satu penampakan, Bunda Maria menyuruh St. Bernadette untuk menggali tanah di daerah itu dan minum dari mata air yang keluar dari tanah. St. Bernadette keluar dari mata air menghasilkan cukup banyak penyembuhan ajaib yang kemudian tidak dapat dijelaskan oleh para ilmuwan dan dokter dengan cara apa pun, dan kemudian disertifikasi Gereja sebagai bersifat otentik dan ajaib. Itu adalah awal dari keajaiban penyembuhan yang terkenal di Lourdes, dan awal dari ziarah populer ke situs Penampakan Bunda Maria, yang menarik jutaan peziarah dan lebih banyak lagi setiap tahun.

Ketika dihadapkan dengan skeptisisme dan keraguan oleh otoritas Gereja, pada tanggal Hari Raya Kabar Sukacita, Bunda Maria memberi tahu St. Bernadette Soubirous bahwa dia adalah Yang Dikandung Tanpa Noda, yang mengejutkan otoritas uskup dan imam setempat yang karena itu menjadi yakin akan keaslian Penampakan, sebagaimana Dogma Dikandung Tanpa Noda Perawan Maria yang Terberkati baru saja diproklamirkan oleh Beato Paus Pius IX empat tahun sebelum Penampakan, dan pada zaman dan waktu saat itu, dengan jauh lebih sulit komunikasi dan transportasi, tidak mungkin seorang gadis petani muda yang buta huruf seperti St. Bernadette mengetahui kebenaran ini tentang Perawan Terberkati, Yang Dikandung Tanpa Noda, kecuali Penampakan itu memang benar-benar dari Bunda Allah itu sendiri.

Sejak saat itu, selama satu setengah abad berikutnya dan lebih hingga hari ini, Lourdes telah menjadi tempat yang dikunjungi oleh para peziarah dan umat Kristiani yang tak terhitung banyaknya, dengan berbagai alasan, dan banyak di antara mereka yang mencari kesembuhan dari masalah dan penyakit fisik mereka. Banyak yang disembuhkan secara ajaib oleh iman mereka kepada Tuhan, dan dengan bantuan dan perantaraan Santa Perawan Maria dari Lourdes, ibu-Nya, yang juga ibu kita yang penuh kasih. Itulah sebabnya hari ini, pada Hari Orang Sakit Sedunia ini, pada hari peringatan SP. Maria dari Lourdes, masing-masing dari kita diingatkan akan kasih Allah bagi kita masing-masing, yang telah Dia yakinkan berkali-kali, dan yang Dia curahkan kepada kita melalui bantuan tidak lain dari ibu-Nya sendiri Maria, Bunda Maria dari Lourdes, kita semua mencari kesembuhan untuk berbagai penyakit-penyakit kita, berbagai penyakit dan masalah kita dalam hidup.

Dan bahkan, sama seperti kita mencari kesembuhan Tuhan bagi kita, di antara kita yang sehat jasmani dan rohani, masih ada penyakit jiwa kita, kerusakan dosa yang selalu ada di sekitar kita. Kita semua umat manusia adalah pendosa baik itu dosa besar atau kecil yang telah kita lakukan, atau sedikit atau banyak dalam hal jumlah dosa yang kita lakukan. Tidak hanya itu, tetapi hanya Tuhan sendiri yang mampu menyembuhkan kita dari dosa-dosa kita, sementara dokter dan sarana lain dapat menyembuhkan kita dari penyakit dan masalah duniawi kita, tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Tuhan sendiri. Oleh karena itu, kita masing-masing pada hari ini diingatkan bahwa kita yang membutuhkan kesembuhan dan belas kasihan Tuhan, kita semua harus datang untuk mencari Dia dengan sepenuh hati, dan dengan rendah hati mempercayakan diri kita kepada-Nya dengan bantuan dari Bunda Maria yang paling pengasih, Bunda Maria dari Lourdes.

Maka marilah kita meminta, agar Bunda kita yang terberkati dan penuh kasih berdoa dan menjadi perantara bagi kita, yang berdosa dan menderita banyak penyakit dan masalah, yang terutama adalah kerusakan kita oleh dosa. Semoga Bunda Maria dari Lourdes terus berdoa dan bersyafaat bagi kita para pendosa, dan bagi mereka yang menderita berbagai penyakit, penyakit-penyakit, di seluruh dunia. Semoga Tuhan mengasihani kita dan menyembuhkan kita dari masalah kita, dan membantu kita untuk kembali kepada-Nya, dan dipersatukan kembali dengan-Nya, dalam kebahagiaan-kebahagiaan yang sempurna suatu hari nanti, bebas dari masalah daging dan jiwa kita, murni dan sempurna sekali lagi. Amin.
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy