| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

7 Simbol dari catatan Injil tentang Transfigurasi, sebagaimana dijelaskan oleh Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI dalam bukunya Yesus dari Nazaret menjelaskan peristiwa Yesus menampakkan kemuliaan-Nya 

Dari komentarnya, kita bisa menarik tujuh simbol dari Transfigurasi Tuhan.

 
1 Tiga rasulnya

Yesus hanya membawa tiga rasulnya untuk Transfigurasi: Petrus, Yakobus dan Yohanes. Ini adalah tiga yang sama yang dekat dengan Tuhan kita selama Penderitaan di Taman di Bukit Zaitun, menunjukkan bagaimana kedua peristiwa ini, meskipun berlawanan, "terkait erat". Transfigurasi mengarah ke Sengsara, dan Sengsara mengarah kembali ke kemuliaan Transfigurasi.

Pada saat yang sama, ketiga rasul ini mengingatkan kita pada Keluaran 24, “di mana Musa membawa Harun, Nadab, dan Abihu bersamanya saat dia mendaki gunung – meskipun tujuh puluh tua-tua Israel juga termasuk.”

2 Puncak gunung

Gunung memiliki makna yang sangat penting dalam Kitab Suci, sering kali menunjukkan "lokasi kedekatan khusus Allah".

Bagi Yesus, puncak gunung adalah tempat terjadinya berbagai peristiwa penting: “gunung pencobaan; gunung khotbahnya yang agung; gunung doanya; gunung transfigurasi; gunung penderitaannya; gunung salib; dan terakhir, gunung Tuhan yang telah bangkit.”

Gunung itu sudah sangat simbolis dalam Perjanjian Lama. Ada Gunung Sinai, di mana Perintah-perintah diberikan; Gunung Horeb (kemungkinan nama lain untuk Sinai), sebagai tempat Semak Terbakar; dan Gunung Moria di mana Abraham diperintahkan untuk mengorbankan Ishak.

3 Wajah bersinar

Transfigurasi adalah acara doa, jelas Benediktus XVI. “Ini menunjukkan dengan jelas apa yang terjadi ketika Yesus berbicara dengan Bapa-Nya: interpenetrasi mendalam dari keberadaannya dengan Tuhan, yang kemudian menjadi cahaya murni.”

Yesus adalah “terang dari terang” dan kenyataan ini menjadi jelas bagi indera.

     "Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka, dan pakaian-Nya sangat putih berkilat-kilat. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat mengelantang pakaian seperti itu."
(Markus 9:2-3)

     Matius memiliki kata-kata yang lebih luhur atas perintahnya: "Lalu Yesus berubah rupa  di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang." (Matius 17:2)

     Lukas adalah satu-satunya penginjil yang memulai kisahnya dengan menunjukkan tujuan kenaikan Yesus: Ia “naik ke gunung untuk berdoa.” (Lukas 9:28) Dalam konteks doa Yesus, ia sekarang menjelaskan peristiwa yang akan disaksikan oleh ketiga murid itu, ”Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan.” (Lukas 9:29)

Wajah berseri-seri Tuhan kita menunjukkan kesejajaran dengan Musa dalam Keluaran 34; Musa turun dari gunung setelah berbicara dengan Tuhan, dengan wajah bersinar. Namun, terang Musa datang dari luar, sedangkan terang Yesus datang dari dalam.

4 Pakaian yang berkilauan 

  
Para penginjil juga mencoba menggambarkan pakaian Yesus yang juga menjadi berkilauan.

Benediktus XVI mengatakan pakaian ini berbicara tentang masa depan kita sendiri. Kitab Wahyu menggambarkan orang yang diselamatkan mengenakan pakaian putih. Mereka menjadi putih karena telah dibasuh dalam darah Anak Domba. “Ini berarti bahwa melalui baptisan mereka telah dipersatukan dengan sengsara Yesus, dan sengsara-Nya adalah penyucian yang mengembalikan kepada kita pakaian asli yang hilang karena dosa kita" (bdk. Luk 15:22). Melalui baptisan kita mengenakan Yesus dalam terang dan kita sendiri menjadi terang.”

5 Musa dan Elia


Musa, yang menerima Sepuluh Perintah di atas loh batu, melambangkan Hukum. Elia mewakili para nabi.

6 Awan


“Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia.”
(Markus 9:7) Awan suci, adalah tanda kehadiran Allah sendiri.

Ini adalah gambaran yang sama yang kita miliki dalam Perjanjian Lama, ketika awan di atas Kemah Pertemuan menunjukkan kepada bangsa Israel bahwa Allah hadir.

Sekarang, Yesus sendiri adalah kemah suci, dan awan hadirat Allah menyelimuti orang lain juga.

Kita melihat awan pada pembaptisan Yesus, dengan Bapa berbicara darinya: “Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi kepada-Mulah Aku berkenan.” (Markus 1:11)
 

7 Firman Allah

Berbeda dengan pesan dari awan di Sungai Yordan, sekarang di gunung Transfigurasi, Sang Ayah mengatakan sesuatu yang lebih: “Dengarkan Dia.”

Di sini sekali lagi kita melihat kesejajaran dengan Sinai, dan pewahyuan Allah akan Firman-Nya dalam Perintah-perintah.

 

 

Author Lothar Spurzem

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy