| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Mengapa lilin diberkati pada tanggal 2 Februari?

 Pada tanggal 2 Februari dalam Gereja Katolik Ritus Roma merayakan Pesta Yesus dipersembahkan di Kenisah.

Pesta ini juga disebut Pesta Pemurnian Perawan Maria Yang Terberkati, mengacu pada ritus pemurnian yang diikuti Maria dalam 40 hari setelah kelahiran Yesus.

Pesta ini juga dikenal dengan nama Candlemas , yang mengacu pada pemberkatan lilin yang diadakan pada hari ini. 

Kemudian, mengapa memberkati lilin pada 2 Februari?

St Lukas menceritakan bagaimana, ketika berada di Bait Suci, Keluarga Kudus bertemu dengan seorang lelaki tua bernama Simeon, dan apa yang dia katakan selanjutnya menjadi dasar mengapa pesta itu disebut Candlemas.

“Sekarang Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel.” Lukas 2:29-32

Simeon menyatakan bahwa Yesus akan menjadi "terang", dan Gereja mengembangkan kebiasaan menyalakan dan memberkati lilin pada hari ini.

Asal usul pemberkatan lilin ini sulit ditentukan. Menurut berbagai ahli liturgi, seorang wanita bernama Ikelia memperkenalkan prosesi lilin pada pesta ini pada abad ke-4 di Yerusalem . Kebiasaan ini kemudian diadopsi di Roma.

Kemungkinan alternatif adalah bahwa Gereja Roma ingin menggantikan perayaan kafir Lupercalia yang terjadi pada tanggal 15 Februari. Namun, hanya sedikit yang menghubungkan kedua perayaan itu.

Apa pun asal pastinya, pemberkatan lilin berlanjut pada tanggal 2 Februari sebagai pengakuan bahwa Yesus adalah Terang dunia .



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy