| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 14 Februari 2023 St. Sirilus dan Methodius

Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Sirilus dan Methodius.   Kakak beradik Sirilus dan Methodius lahir di Yunani dan dididik di Konstantinopel. Oleh patriark Konstantinopel diutus sebagai misionaris kepada rakyat Bulgaria, mereka kemudian melakukan perjalanan ke Roma untuk memberikan laporan tentang pelayanan mereka kepada Paus Santo Nikolas I. Mereka menerima dukungan besar untuk misi mereka dan Paus Hadrian II menyetujui penggunaan bahasa Slavonik liturgi dan terjemahan teks liturgi. 
 
St Sirilus meninggal di Roma pada tanggal 14 Februari 869, tak lama setelah mengambil sumpah sebagai biarawan. Methodius ditahbiskan sebagai uskup dan melanjutkan misi mereka dengan sukses besar, bepergian ke seluruh Moravia, Bohemia, Polandia, dan Negara-negara Slavia. Dinamakan uskup agung Velehred (di zaman modern Republik Ceko), dia juga dikreditkan dengan membaptis St Ludmilla, nenek dari Santo Wenceslaus, yang membantu mempromosikan Iman Kristen di Bohemia. St Methodius meninggal pada tahun 883.
 
Mengikuti keputusan Takhta Suci, Santo Sirilus dan Methodius dihormati sebagai santo pelindung khusus persatuan gereja-gereja Timur dan Barat dan sebagai dua pelindung Eropa.
Mereka menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk menginjili di berbagai tempat, dan pada saat yang sama juga mengembangkan abjad untuk bangsa Slavia yang pada akhirnya akan dikenal sebagai abjad Glagolitik dan Cyrillic, dan mereka juga menghabiskan banyak energi untuk menjangkau kepada banyak orang, baik penguasa maupun rakyat jelata, dalam memperkenalkan Tuhan dan kebenaran-Nya kepada mereka semua. Tuhan benar-benar telah melakukan banyak pekerjaan-Nya yang besar dan luar biasa di antara umat-Nya melalui St Sirilus dan St Methodius. Dia telah memimpin mereka semua untuk melakukan perbuatan besar-Nya, dan Dia telah memperkuat kita semua melalui inspirasi dan tindakan mereka yang luar biasa sebagai panutan kita. Bisakah kita semua mengikuti Tuhan dengan setia seperti yang telah dilakukan St Sirilus dan St Methodius?

Karena itu marilah kita semua mendekatkan diri kepada Tuhan, dan biarlah kita terus mendedikasikan waktu, hidup, tindakan dan upaya kita untuk memuliakan Tuhan melalui hidup kita, melalui setiap perkataan, tindakan dan pekerjaan kita di setiap waktu dan setiap kesempatan yang disediakan. untuk kita. Marilah kita semua terus mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati, menjauhkan diri kita dari dosa dan dari godaan untuk berbuat dosa dan tidak menaati Tuhan, mengingatkan diri kita sendiri dan satu sama lain setiap saat, untuk terus berjalan di jalan kebenaran dan kasih Tuhan, setiap saat. Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia memberkati kita dalam setiap perbuatan baik dan usaha kita. Amin.
 
© Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy