| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 21 Februari 2023 St. Petrus Damianus

 Hari ini, Gereja memperingati Santo Petrus Damianus, seorang santo, yang kehidupan dan karya-karyanya dapat benar-benar mengilhami kita semua untuk setia kepada Tuhan dalam banyak hal, karena dia sendiri menjalani kehidupan yang baik dan saleh, penuh dengan iman dan pengabdian kepada Tuhan. Santo Petrus Damianus adalah seorang intelektual dan teolog hebat yang menyerahkan kehebatan kehidupan sekuler dan duniawi untuk menjadi seorang biarawan Benediktin. Dia terkenal karena kesalehan dan dedikasinya yang besar terhadap misi dan karya-karyanya, dalam upayanya mereformasi Gereja dan umat Kristiani, dimulai dengan komunitas Benediktinnya sendiri, dan kemudian bersamaan dengan upaya beberapa Paus pada masa itu, dimulai dengan Paus Gregorius VI dan hingga Paus St. Leo IX dan temannya, Paus St. Gregorius VII.  

Saat itu, korupsi kejahatan duniawi, keterikatan, ambisi dan dosa perlahan-lahan merayap ke dalam Gereja dan ke dalam berbagai komunitasnya, mempengaruhi baik pendeta maupun awam. Santo Petrus Damianus membantu mereformasi Gereja melalui visi dan keinginannya yang besar untuk membasmi dari Gereja korupsi dan kejahatan duniawi yang telah menyebabkan begitu banyak skandal dan bagi begitu banyak umat beriman jatuh ke dalam dosa dan jalan yang jahat. Dia membasmi praktik korupsi dan membantu meluruskan jalan banyak umat beriman, dalam berbagai kapasitasnya sebagai utusan dan wakil Kepausan, dan sebagai anggota Dewan Kardinal, perannya sebagai Kardinal dan karenanya orang kepercayaan dan penasihat dekat Kepausan penting dalam penegakan kembali ketertiban dan kebajikan dalam kehidupan Gereja pada masa itu. Dan terlepas dari jabatannya yang tinggi dan posisinya yang berpengaruh, St. Petrus Damianus tetap rendah hati dan sepenuhnya berkomitmen pada panggilannya, dan tidak terpengaruh oleh godaan duniawi akan kekuasaan dan kemuliaan.

Santo Petrus Damianus mengenali kehadiran kejahatan dan melakukan apa yang dia bisa untuk melepaskan cengkeramannya pada anggota imam tertentu. Saat menulis kepada seorang keponakan, Santo Petrus Damianus mengungkapkan kepadanya apa yang dia lihat sebagai senjata ampuh melawan iblis.

    

Jika saya boleh berbicara secara kiasan, usir binatang yang mengaum dari wilayah kamu; jangan berhenti melindungi dirimu setiap hari dengan menerima Tubuh dan Darah Tuhan. Biarkan musuh rahasia kamu melihat bibirmu memerah dengan Darah Kristus.


Dia merujuk pada penerimaan Komuni Kudus yang layak dalam Misa, senjata ampuh yang meremukkan kepala ular setiap saat. Pengusir setan setuju bahwa penerimaan Komuni Kudus yang sering adalah cara penting untuk mencegah iblis bekerja di dalam hati kita. Jika kita perlu membasmi dosa dan kehadiran iblis dalam hidup Anda, pergilah mengaku dosa dan terima Ekaristi secara teratur. Iblis tidak punya pilihan selain kembali ke "tempat peristirahatan yang gelap dan lembap".


Public Domain
 





terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy