Seri Liturgi CARA TERTINGGI


KATKIT (Katekese Sedikit) No. 235

Seri Liturgi
CARA TERTINGGI

Syalom aleikhem.
Pada zaman now, tiap gawai punya manual book yang berisi petunjuk bagaimana alat dioperasikan. Sebenarnya, Misa demikian juga. Ada semacam manual book untuk Misa, namanya Pedoman Umum Misale Romawi (PUMR). Mari pelajari, kita mulai dari nomor 16.

Secara jasmani, Perayaan Ekaristi (Misa) adalah tindakan manusia, namun sesungguhnya adalah tindakan Sang Kristus sendiri dengan melibatkan Umat Allah. Perayaan Ekaristi adalah puncak karya Allah menguduskan dunia. Sejak penciptaan, Allah menguduskan dunia dengan berbagai cara. Ekaristi adalah cara tertinggi yang digunakan Allah untuk tujuan itu. Pada saat yang sama, Ekaristi adalah puncak karya manusia memuliakan Allah. Cara memuliakan Allah itu beraneka macam; cara tertingginya adalah Perayaan Ekaristi.

Kita tahu sekarang bahwa Perayaan Ekaristi itu cara tertinggi yang dipakai Allah untuk menguduskan dunia dan cara tertinggi yang dipakai manusia untuk memuliakan Allah. Tiada cara yang lebih tinggi dan lebih baik lagi, sejak penciptaan hingga kiamat.

Umat manusia telah ditebus, seharusnya mati tapi tidak karena ada Kristus yang menggantikannya mati. Penebusan itu dikenangkan hari demi hari dalam Perayaan Ekaristi. Karena itu, segala ibadat lain dan pekerjaan sehari-hari bersumber dari Ekaristi dan tertuju pada Ekaristi. Mengapa? Karena tak cara yang lebih tinggi dan lebih baik lagi selain Perayaan Ekaristi. Demikian isi ringkas PUMR nomor 16.

Rev. D. Y. Istimoer Bayu Ajie
Katekis Daring