| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa "Minggu Gaudete" penting untuk menghidupkan kembali rasa gembira kita

 



Philip Kosloski/aleteia.org - diterbitkan pada 12/13/20
 




Paus Benediktus XVI menjelaskan bahwa kegembiraan masih dimungkinkan di dunia dengan begitu banyak penderitaan.

Hari Minggu ketiga Adven dikenal sebagai "Minggu Gaudete", dari kata Latin untuk "bersukacita." Disebut demikian, dari kata-kata pertama dari bacaan kedua, karena Natal sudah dekat dan Gereja mengangkat suasana pertobatan Adven untuk mengarahkan hati kita pada kegembiraan yang akan datang.

Paus Benediktus XVI merenungkan tema ini dalam Angelus Minggu tahun 2007, dan menyebutkan pertanyaan yang sering diajukan sehubungan dengan penderitaan besar yang masih ada di dunia. Dia berkata, "Beberapa orang bertanya: tetapi apakah kegembiraan ini masih mungkin dilakukan hari ini?"

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting untuk dijawab, karena sulit untuk melihat bagaimana kita dapat bersukacita ketika begitu banyak dari kita menderita.

Benediktus XVI menunjuk kepada orang-orang kudus sebagai kunci untuk membuka sukacita Kristiani.

   Pria dan wanita dari segala usia dan kondisi sosial, dengan senang hati mendedikasikan keberadaan mereka untuk orang lain, beri kami jawaban dengan hidup mereka! Bukankah [St.] Bunda Teresa dari Kalkuta merupakan saksi tak terlupakan dari sukacita Injil sejati di zaman kita? Dia hidup berhubungan setiap hari dengan kesengsaraan, degradasi manusia dan kematian. Jiwanya mengetahui cobaan dari malam yang gelap iman, namun dia memberikan senyum Tuhan kepada semua orang. Dalam salah satu tulisannya, kita membaca: “Dengan tidak sabar kita menunggu surga, di mana Tuhan berada, tetapi berada dalam kekuatan kita untuk berada di surga bahkan di bumi ini dan mulai saat ini. Menjadi bahagia dengan Tuhan berarti mencintai seperti dia, membantu seperti dia, memberi seperti dia, melayani seperti dia ”(The Joy of Giving to Others, 1987, hlm. 143). Ya, sukacita memasuki hati orang-orang yang mengabdikan diri untuk melayani orang kecil dan miskin. Tuhan tinggal di dalam mereka yang mencintai seperti ini dan jiwa mereka bersukacita.

 
   Kunci kegembiraan adalah melayani orang lain. Ini adalah sesuatu yang tidak selalu kita pahami, karena kita sering mencoba untuk "membuat" kebahagiaan.

    Jika, sebaliknya, orang menjadikan kebahagiaan sebagai berhala, mereka tersesat dan sangat sulit bagi mereka untuk menemukan sukacita yang Yesus bicarakan. Sayangnya, inilah yang dikemukakan oleh budaya yang menggantikan Tuhan dengan kebahagiaan individu, pola pikir yang menemukan efek lambangnya dalam mencari kesenangan dengan segala cara, dalam menyebarkan penggunaan narkoba sebagai pelarian, perlindungan di surga buatan yang kemudian terbukti sepenuhnya menipu.

  Di atas segalanya, kita perlu ingat bahwa sukacita abadi tidak dapat ditemukan dalam pengejaran kita sendiri, tetapi hanya di dalam Tuhan. Dia sendiri yang bisa memberi kita kegembiraan yang kita cari.

    Saudara-saudari yang terkasih, seseorang dapat tersesat bahkan pada hari Natal, seseorang dapat menukar perayaan yang sebenarnya dengan perayaan yang tidak membuka hati pada sukacita Kristus. Semoga Perawan Maria membantu semua orang Kristen dan orang-orang yang mencari Tuhan untuk mencapai Betlehem, untuk bertemu dengan Anak yang lahir untuk kita, untuk keselamatan dan untuk kebahagiaan seluruh umat manusia.

 

Sumber: Aleteia 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy