| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

5 Orang Kudus yang menyaksikan Sengsara Yesus

 Sementara banyak yang hadir pada penyaliban Yesus adalah bagian dari kerumunan yang membunuh-nya, ada beberapa laki-laki dan perempuan yang secara fundamental berubah setelah bertemu dengan Kristus yang menderita.

Beberapa disebutkan namanya dalam Alkitab, tetapi yang lain disebutkan hanya merujuk pada apa yang mereka lakukan atau katakan pada hari itu. Dari jumlah tersebut, berbagai tradisi melanjutkan ceritanya dan menjelaskan bagaimana mereka menjalani kehidupan suci dan sekarang dihormati sebagai "orang kudus".

Berikut adalah lima karakter familiar dari Kisah Sengsara yang menjadi murid Kristus setelah menyaksikan sengsara-Nya.

St Veronica

Wikipedia | CC
 
Menurut tradisi, dia dikenal sebagai wanita yang menyeka wajah Yesus saat dia dibawa ke Kalvari. Berbagai legenda menjelaskan kemana dia pergi setelah itu, yang semuanya menganggapnya sebagai wanita suci. Ada juga peninggalan yang mengklaim sebagai kerudung Veronica, dengan gambar ajaib Kristus di atasnya. (Nama Veronica berasal dari frase bahasa Latin/Yunani vera icon, “gambar yang benar.”) Salah satu relikwi ini disimpan di Basilika Santo Petrus di Roma dan sering dipajang pada hari Minggu Prapaskah ke-5. Ia diperingati setiap tanggal 12 Juli.
 

Kamis, 30 Maret 2023 Hari Biasa Pekan V Prapaskah

 

Kamis, 30 Maret 2023
Hari Biasa Pekan V Prapaskah

“Jangan pernah lengah menunjukkan rasa syukur kepada para penderma” (St. Theresia dari Avila)
 

Antifon Pembuka (Ibr 9:15)

Kristus Pengantara Perjanjian Baru. Berkat wafat-Nya, para pilihan memperoleh warisan abadi yang dijanjikan-Nya.

Christ is mediator of a New Covenant, so that by means of his death, those who are called may receive the promise of an eternal inheritance.


Doa Pagi


Allah yang Mahasetia, hadirlah pada umat yang berseru kepada-Mu. Lindungilah kami yang mendambakan belas kasih-Mu. Semoga kami bersih dari segala noda dosa, tetap bertekun dalam cara hidup yang saleh dan akhirnya pantas mewarisi janji-Mu.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.            
    
 Bacaan dari Kitab Kejadian (17:3-9)
   
"Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa."
       
Pada waktu itu, ketika Allah menampakkan diri, maka Abram bersujud. Dan Allah berfirman kepadanya, “Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kini kaudiami sebagai orang asing; seluruh tanah Kanaan ini akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.” Lagi firman Allah kepada Abraham, “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati