| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 05 Maret 2023 Hari Minggu Prapaskah II

 

Minggu, 05 Maret 2023
Hari Minggu Prapaskah II
   
Apabila kita tetap tabah mengakui dan mencintai Tuhan, kita mendapat kemenangan yang Ia peroleh, dan menerima ganjaran yang Ia janjikan. (St. Leo Agung)
  
Antifon Pembuka (Mzm 27:8-9)

Kepada-Mu, ya Tuhan, hatiku berkata, "Kucari wajah-Mu." Wajah-Mu kucari, ya Tuhan, janganlah memalingkan muka daripadaku.
 
Tibi dixit cor meum, quæsivi vultum tuum, vultum tuum Domine requiram: ne avertas faciem tuam a me.

(Antifon ini dapat diulangi sesudah tiap ayat dari Mazmur 84)

         
Doa Pagi
 
Ya Allah, Engkau menghendaki agar kami mendengarkan Putra-Mu yang terkasih. Semoga Engkau berkenan menggerakkan hati kami dengan Sabda-Mu dan memurnikan mata batin kami agar dapat memandang kemuliaan-Mu dengan sukacita. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.  
   
Bacaan dari Kitab Kejadian (12:1-4a)
    
"Panggilan Abraham, bapa Umat Allah."
   
Di negeri Haran Tuhan bersabda kepada Abram, “Tinggalkanlah negerimu, sanak saudaramu dan rumah bapamu ini, dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu. Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan akan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau. Dan segala kaum di muka bumi akan menerima berkat karena engkau.” Maka berangkatlah Abram sesuai dengan sabda Tuhan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.  
 
     
 
Mazmur Tanggapan, do = c, 4/4, PS 812
Ref. Kasih setia-Mu kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.
Atau Kasihanilah, ya Tuhan, Kaulah pengampun yang rahim, dan belas kasih-Mu tak terhingga.
Ayat. (Mzm 33:4-5.18-19.20.22; Ul: 22)
1. Firman itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan. Ia senang pada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia-Nya.
2. Sungguh, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang bertakwa kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya. Ia hendak melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.
3. Jiwa kita menanti-nantikan Tuhan, Dialah penolong dan perisai kita, kasih setia-Mu ya Tuhan, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius (2Tim 1:8b-10)
 
"Allah memanggil kita dan mendatangkan hidup."
      
Saudaraku terkasih, berkat kekuatan Allah, ikutlah menderita bagi Injil Yesus! Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri. Semua ini telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman, dan semua itu sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus. Dengan Injil-Nya Kristus telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
  

Bait Pengantar Injil, do = bes, 4/4, PS 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Ayat. (Mrk 9:6)
Dari awan terdengarlah suara Bapa, "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia."

Inilah Injil Suci menurut Matius (17:1-9)
  
"Wajah-Nya bercahaya seperti matahari."
 
Sekali peristiwa Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka: Wajah-Nya bercahaya seperti matahari, dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Yesus. Kata Petrus kepada Yesus, “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Sementara Petrus berkata begitu, tiba-tiba turunlah awan yang terang menaungi mereka, dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata, “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia!” Mendengar itu tersungkurlah murid-murid Yesus dan mereka sangat ketakutan. Lalu Yesus datang kepada mereka. Ia menyentuh mereka sambil berkata, “Berdirilah, jangan takut!” Dan ketika mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorang pun kecuali Yesus seorang diri. Pada waktu mereka turun dari gunung, Yesus berpesan kepada mereka, “Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorang pun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati.” 
Verbum Domini
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe
(U. Terpujilah Kristus)
 

 
 
Renungan



Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari Minggu Prapaskah kedua ini, kita semua dipanggil untuk mendengarkan kehendak Tuhan dan mengindahkan panggilan-Nya. Memang, bacaan Kitab Suci hari ini terfokus pada satu aspek penting dari iman dan hidup kita, yaitu menanggapi dan menjawab panggilan Tuhan dalam hidup kita. Tuhan telah memanggil kita semua umat-Nya untuk mengikuti-Nya sama seperti Dia telah memanggil banyak pendahulu kita di masa lalu, dan bagi mereka yang mengikuti Dia dan berjalan di jalan-Nya, Tuhan akan memberkati mereka dan membimbing mereka menuju kebenaran.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita mendengar tentang panggilan Tuhan akan seorang pria bernama Abram dari tanah Ur di bagian selatan Mesopotamia yang sekarang disebut Irak selatan. Pria ini sepertinya muncul entah dari mana, tiba-tiba muncul di Kitab Suci di Kitab Kejadian. Tetapi inilah orang yang telah Tuhan panggil dan pilih, karena Tuhan yang mengetahui hati dan pikiran dapat melihat bahwa Abram beriman kepada-Nya dan adalah orang yang benar dan taat.

Dan Tuhan memanggil Abram untuk mengikuti-Nya dengan janji bahwa Dia bersumpah di hadapannya, bahwa Dia akan membuat Abram menjadi bangsa yang besar, diberkati dan dipersembahkan oleh kasih karunia Tuhan. Tuhan berjanji bahwa nama Abram akan diberkati dan agung, dan Dia akan memberkati semua orang yang memberkatinya dan mengutuk semua orang yang mengutuknya. Demikianlah janji-janji yang Tuhan berikan kepada Abram, dan Abram percaya kepada Tuhan sepenuhnya dan sepenuhnya, meninggalkan keluarga dan tanah leluhurnya, dan berjalan bersama Tuhan ke tanah Kanaan.

Tuhan memanggil Abram ke padang gurun yang tidak diketahui dan ketidakpastian. Abram memiliki banyak properti, koneksi luar biasa, dan hal-hal yang pasti dia nikmati di tanah air leluhurnya di Ur. Tetapi Abram memilih percaya kepada Tuhan dan meninggalkan masa lalunya, dan berjalan bersama-Nya ke tanah yang Tuhan janjikan akan diberikan-Nya kepadanya dan keturunannya. Abram memercayai dan memiliki iman kepada Tuhan, menyerahkan dirinya dan keturunannya pada suatu Perjanjian yang akan dibuat dan dimeteraikan oleh Tuhan bersamanya.

Perjanjian yang Tuhan buat dengan Abram, yang kemudian dikenal sebagai Abraham, telah diperbarui berulang kali, dan Abraham menjadi bapa dari banyak bangsa seperti yang dijanjikan Tuhan. Melalui putra-putranya Ishak dan Ismail, banyak bangsa termasuk bangsa Israel menyebut Abraham sebagai bapa dan nenek moyang mereka, dan pada akhirnya, melalui pembaharuan Perjanjian yang terakhir tidak lain oleh Kristus sendiri, kita semua yang percaya kepada Kristus, juga menyebut Abraham sebagai bapa kita, sebagai bapa kita dalam iman. Karena seperti kita yang menjawab panggilan Tuhan, Abraham adalah yang pertama menanggapi panggilan itu, dan kita mengikuti jejaknya.

Dalam bacaan kedua kita hari ini, kita mendengar dari Surat Rasul Paulus kepada Timotius yang kembali mengingatkan kita sebagai umat Kristiani tentang panggilan Kristiani kita. Allah telah memanggil kita semua melalui Kristus untuk melayani Dia dan menjadi saksi kebenaran-Nya dan Injil-Nya. Kita semua dipanggil ke dalam kekudusan untuk melayani Tuhan melalui kepatuhan pada hukum-Nya dan pada kehendak dan perintah-Nya, dan untuk mendengarkan apa yang telah Dia panggil dan ajarkan untuk kita lakukan, seperti yang kita dengar dalam perikop Injil kita hari ini tentang Transfigurasi dari Tuhan kita.

Melalui peristiwa Transfigurasi di Gunung Tabor yang disebutkan dalam perikop Injil kita hari ini, saat Tuhan Yesus dimuliakan dan menampakkan diri di hadapan tiga murid-Nya, St. Petrus, St. Yakobus dan St. Yohanes dalam kepenuhan kemuliaan dan keilahian-Nya, bersama-sama dengan Musa dan Elia, pada dasarnya Tuhan telah mengungkapkan melalui mereka kepada kita, bahwa dengan mengutus Yesus Kristus, Putra terkasih Tuhan ke dunia ini, Dia telah memanggil kita semua sekali lagi, untuk mengikuti Dia dan untuk menempa Perjanjian yang baru dan abadi dengan kita. .

Terungkap pada saat Transfigurasi bahwa Kristus bukan hanya seorang Manusia biasa, tetapi juga Anak Allah. Dalam pribadi Yesus Kristus, Juruselamat dunia atau Mesias, adalah dua kodrat Manusia dan Ilahi yang berbeda namun tak terpisahkan, yang melaluinya Kristus kemudian akan menyegel dan membuat Perjanjian baru dengan kita semua yang akan bertahan selamanya. Ini mengacu pada Perjanjian yang Dia buat melalui Sengsara-Nya, penderitaan-Nya dan kematian-Nya di kayu Salib. Melalui Perjanjian ini, kita semua dijadikan putra dan putri Allah, dan kita menjadi bagian dari warisan dan kemuliaan Allah.

Lalu apa yang terjadi pada Transfigurasi dan apa maknanya bagi kita, saudara dan saudari dalam Kristus? Di sinilah kemudian kita perlu memperhatikan bagaimana Transfigurasi Tuhan mengungkapkan kepada kita apa yang harus kita lakukan sebagai orang Kristiani, bagaimana kita seharusnya menjalani hidup kita dan iman kita mulai sekarang. Pada kesempatan itu, kita mendengar bagaimana Santo Petrus menyarankan kepada Tuhan Yesus bahwa mereka harus membangun tiga tenda untuk-Nya, untuk Musa dan Elia, alasannya adalah begitu indah dan mulia berada di atas gunung itu di depan mata dan hadirat kemuliaan Tuhan.

Tentu saja, Tuhan tergoda oleh tawaran itu, karena Dia dengan jelas mengetahui apa yang akan Dia lakukan untuk menetapkan Perjanjian Baru dengan kita semua. Dia tahu dengan jelas bahwa Dia harus sangat menderita, menanggung beban dosa kita di kayu Salib-Nya, ditolak dan diperlakukan dengan kejam dan dihina, akhirnya menderita dan akhirnya mengalami kematian yang paling menyakitkan sebagai penjahat yang dihukum dan dihina di kayu Salib untuk dilihat semua orang. Siapa yang tidak ingin menghindari nasib seperti itu?

Tetapi Tuhan menolak pencobaan itu, sama seperti Dia telah menolak tiga pencobaan Iblis yang disebutkan dalam perikop Injil kita dari bacaan hari Minggu lalu. Dan Tuhan kemudian mendatangi ketiga murid itu, mengingatkan mereka untuk mendengarkan Dia yang telah Dia utus ke dunia ini untuk menjadi Juruselamatnya. Intinya, melalui ini, Tuhan telah memanggil umat-Nya lagi untuk percaya kepada-Nya dan mengikuti-Nya di jalan yang telah Dia tunjukkan kepada kita dan yang Dia sendiri telah jalani.  
 
Saudara-saudari terkasih, pada masa Prapaskah ini, kita semua dipanggil untuk memeriksa kembali hidup kita, bagaimana kita telah menjalaninya sejauh ini dan berpikir serta memahami bagaimana kita akan melangkah maju dalam hidup. Apakah kita dapat membedakan dengan hati-hati apa yang akan kita lakukan dengan hidup kita mulai sekarang? Tuhan telah memanggil kita untuk mengikuti-Nya, tetapi apakah kita bersedia berusaha untuk mengikuti-Nya dan menaruh kepercayaan kita kepada-Nya, ke arah mana Dia akan membawa kita?

Karena itu marilah kita semua memanfaatkan masa Prapaskah ini dengan baik, untuk melepaskan diri kita dari keterikatan yang berlebihan yang kita miliki pada banyak kenyamanan dalam hidup, dan untuk menahan diri dari menyerah pada banyak keinginan, nafsu, keserakahan, ambisi kita di antara hal-hal lain yang mencegahnya. kita dari benar-benar menjalani hidup kita sebagai orang Kristen yang benar dan setia. Marilah kita semua menghabiskan lebih banyak waktu dengan Tuhan, melalui doa dan melalui puasa dan pantang, agar kita dapat mengalihkan perhatian dan fokus kita kembali kepada-Nya dan menjauh dari godaan dunia ini.

Marilah kita juga lebih murah hati dan penuh kasih dalam interaksi kita dengan sesama saudara dan saudari kita, terutama kepada semua orang yang terpinggirkan, ditolak oleh orang lain, lemah dan miskin, sakit dan sekarat. Marilah kita semua menjadi lebih dermawan dan penuh kasih, mengikuti teladan yang Tuhan sendiri tunjukkan dan ajarkan kepada kita. Dengan melakukan itu, kita melakukan apa yang dikatakan St. Paulus kepada kita dalam Surat bacaan kedua hari ini, untuk menjalani hidup kita dengan kekudusan dan menanggapi panggilan Tuhan dengan iman. Karena dengan menunjukkan kasih satu sama lain, setiap orang dapat mengetahui bahwa kita adalah umat yang dikasihi Tuhan.

Saudara-saudara dalam Kristus, maukah kita mengikut Tuhan lebih dekat lagi di masa Prapaskah ini ke depan? Mampukah kita membuat komitmen untuk mengubah cara hidup kita agar mulai saat ini kita menjadi lebih setia, lebih percaya kepada Tuhan, lebih taat pada kehendak-Nya dan lebih mengasihi dalam segala tindakan kita dalam hidup, terutama terhadap Tuhan dan lalu terhadap sesama saudara dan saudari kita, khususnya mereka yang membutuhkan pertolongan dan kasih sayang kita, kepedulian dan perhatian kita?

Semoga Tuhan, Bapa dan Pencipta kita yang pengasih, yang telah menunjukkan kepada kita kasih-Nya yang kekal dan tak terbatas melalui anugerah Putra-Nya, Tuhan kita Yesus Kristus untuk menjadi Juruselamat kita, selalu bersama kita melalui pencobaan dan saat-saat sulit dalam hidup kita yang kita semoga selalu setia kepada-Nya di sepanjang perjalanan iman kita, dan agar kita semakin setia dan mencintai-Nya di setiap saat yang berlalu dalam hidup kita. Semoga Tuhan memberkati kita selalu, sekarang dan selamanya. Amin.
(RENUNGAN PAGI)
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
 
 
 
Antifon Komuni (Mat 17:5)

Inilah Putra-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan; dengarkanlah Dia.

Visionem quam vidistis, nemini dixeritis, donec a mortuis resurgat Filius hominis.

(Antifon ini dapat diulangi sesudah tiap ayat dari Mzm 45:2ab,3,4,5,6,7,8,18ab atau Mzm 97:1,2,3,4,5,6,11,12)

“Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya di hadapan saksi-saksi yang dipilih-Nya; dan Ia membuat tubuh, yang Ia miliki bersama dengan manusia lainnya. Ia bersinar dengan cahaya cemerlang, hingga wajah-Nya menjadi terang seperti matahari, dan pakaian-Nya menjadi putih seperti kapas. Dengan mengubah rupa-Nya seperti ini, Tuhan khususnya ingin menghindarkan, agar para murid jangan sampai mendapatkan sandungan dalam hatinya, salib.” (Paus Leo Agung) 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy