| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Siapakah Naaman? Seorang panglima yang bisa membantu iman kita


Naaman, komandan tentara Suriah kuno dan subjek bacaan pertama hari Senin, Hari Biasa Pekan III Prapaskah (2Raja-raja 5:1-15), hampir tidak dikenal di kalangan umat Katolik. Namun, kita harus mengenalnya, karena dia memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada kita tentang iman dan momok keraguan yang dapat membebani orang beriman yang paling saleh sekalipun.

Naaman didorong oleh seorang budak Israel untuk mencari Raja Yerusalem untuk menyembuhkan penyakit kustanya. Setelah berita kedatangan Naaman, nabi Elisa memanggilnya. Ketika Naaman tiba di rumah Elisa, nabi mengiriminya pesan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir." (2Raj 5:10) Naaman menjadi sangat marah mendengar berita itu, dan berteriak, "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku! (2Raj 5:11).

Elisa menolak pemberian Naaman, oleh Pieter de Grebber (1630). Public Domain



Reaksi Naaman bukanlah hal yang aneh bagi orang beriman di berbagai titik kehidupan kita. Keraguan tentang kasih atau keberadaan Tuhan dapat muncul ketika Dia tidak bertindak sesuai dengan harapan kita. Terkadang keraguan seperti itu bisa muncul ketika harapan kita sendiri tentang bagaimana seharusnya hidup kita tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Di lain waktu, keraguan mungkin muncul ketika Tuhan tidak menjawab permohonan, seperti ketika doa untuk kesembuhan anggota keluarga yang sakit parah tampaknya diabaikan.

Keraguan seperti itu biasa terjadi, serius, dan mencoba, dan itu dapat menguji inti dari hubungan iman kita dengan Tuhan. Terkadang keraguan ini bahkan bisa mengeras menjadi kebencian dan kepahitan terhadap Tuhan, terutama setelah mengalami trauma atau kejahatan yang serius. Kita meragukan keberadaan-Nya atau perhatian-Nya bagi kita. Keraguan ini kemudian menggoda kita untuk berhenti menghadiri Misa dan berhenti berdoa.

Bagaimana kita menanggapi pengalaman keraguan yang, pada kenyataannya, dihasilkan oleh harapan kita sendiri yang tinggi? Seperti yang diajarkan oleh kesimpulan dari kisah Naaman kepada kita, cara terbaik untuk menanggapi keraguan adalah dengan melakukan tindakan iman timbal balik.

Menanggapi kemarahan Naaman yang tidak percaya, para pelayannya berkata,  "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir." (2Raj 5:13)

Para pelayan Naaman mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh menundukkan kehendak Tuhan sesuai harapan kita. Faktanya, Tuhan menjelaskan kepada nabi Yesaya masalah memaksa Dia untuk bertindak sesuai dengan keinginan manusia: “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” (Yes 55:8-9). 
 
Kita tidak dapat berpura-pura memahami seluruh rencana Allah bagi dunia dan hidup kita, terutama ketika hidup tidak berjalan sesuai keinginan kita. Kita adalah pencari penjelasan yang setia, tetapi penjelasan tidak selalu tersedia. Selain itu, sifat kejatuhan kita membuat kita memercayai diri sendiri sebelum orang lain, terutama mereka yang memiliki otoritas atas kita. Terlalu mudah, ketika menghadapi situasi yang sulit, untuk menolak Tuhan karena kita tahu bahwa Dia mungkin tidak menginginkan apa yang kita inginkan untuk diri kita sendiri. Iman menuntut kita untuk melawan kecenderungan ini dan mempercayakan diri kita kepada Allah—untuk meletakkan kekhawatiran kita, pengharapan kita, ketakutan kita, dan keraguan kita ke dalam tangan-Nya.  

Sebagai seorang panglima tentara, Naaman sudah terbiasa keinginannya dilaksanakan oleh orang lain. Dalam hal hubungan kita dengan Tuhan, kita semua memiliki sedikit dorongan Naaman dalam diri kita. Tetapi dalam pertempuran iman, kita harus meminta kepada Allah kerendahan hati untuk tidak memerintah, tetapi untuk berserah, sehingga doa kita dapat menjadi “jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di surga.”
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy