| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 07 Maret 2023 Hari Biasa Pekan II Prapaskah

 

Selasa, 07 Maret 2023
Hari Biasa Pekan II Prapaskah
 
“Orang yang lemah-lembut ialah orang yang tahu bagaimana bersabar terhadap sesama dan terhadap dirinya sendiri.” (St. Yohanes dari Salib)
 

Antifon Pembuka (bdk. Mzm 13 (12):4-5)

Terangilah mataku, agar aku jangan tertidur dalam maut; jangan sampai musuhku berkata: Dia telah kukalahkan!
  
Give light to my eyes lest I fall asleep in death, lest my enemy say: I have overcome him.


Doa Pagi


Allah Bapa Mahamulia, kami mohon lindungilah Gereja-Mu senantiasa. Tanpa Engkau segala usaha manusia akan gagal. Luputkanlah kami dari segala yang jahat dan bantulah kami mencapai kebahagiaan abadi.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin. 
          
Bacaan dari Kitab Yesaya (1:10.16-20)
  
 
"Belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan."
  
Dengarlah firman Tuhan, hai para pemimpin, manusia Sodom! Perhatikanlah pengajaran Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora! “Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik. Usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuanganlah perkara janda-janda! Lalu kemarilah, dan baiklah kita berperkara! Firman Tuhan. Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil yang baik dari negeri ini. Tetapi jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang.” Sungguh, Tuhan sendirilah yang mengucapkan ini.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.
Ayat. (Mzm 50:8-9.16bc-17.21.23)
1. Bukan karena kurban sembelihan engkau Kuhukum, sebab kurban bakaranmu senantiasa ada di hadapan-Ku! Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu, atau kambing jantan dari kandangmu.
2. Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu, padahal engkau membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
3. Itulah yang engkau lakukan, apakah Aku akan diam saja? Apakah kaukira Aku ini sederajat dengan engkau? Aku menggugat engkau dan ingin beperkara denganmu.
4. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai kurban, ia memuliakan Daku; dan siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan dari Allah.
 
           
Bait Pengantar Injil, do = bes, 4/4, PS. 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Ayat. (Yeh 18:31)
Buanglah daripadamu segala durhaka yang kamu buat terhadap-Ku, dan perbaharuilah hati serta rohmu.  
   
Inilah Injil Suci menurut Matius (23:1-12)
   
"Mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukan."
    
Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada orang banyak dan murid-murid-Nya, “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang. Mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kamu, janganlah suka disebut rabi; karena hanya satulah Rabimu, dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satulah Bapamu, yaitu Dia yang di surga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu pemimpinmu, yaitu Kristus. Siapapun yang terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan
   
Siapa yang tidak menginginkan pujian dan rasa hormat dari orang lain? Kita ingin orang lain melihat kita dalam keadaan terbaik kita dengan semua kekuatan dan prestasi kita - bukan dalam keadaan terburuk kita dengan semua kesalahan dan kekurangan kita. Tuhan melihat kita sebagaimana adanya - pendosa dan pengemis yang selalu membutuhkan belas kasihan, pertolongan, dan bimbingan-Nya.

Nabi Yesaya memperingatkan baik para penguasa maupun penduduk Sodom dan Gomora untuk dengan rendah hati mendengarkan dan tunduk pada ajaran Tuhan sehingga mereka dapat belajar berbuat baik dan berhenti dari kejahatan (Yesaya 110,17). Yesus memperingatkan para ahli Taurat dan orang Farisi, para guru dan penguasa Israel, untuk mengajar dan melayani orang-orang mereka dengan kerendahan hati dan ketulusan daripada dengan kesombongan dan promosi diri. Mereka berusaha keras untuk menarik perhatian pada status dan praktik keagamaan mereka. Di satu sisi mereka ingin menjadi model yang baik dari orang Yahudi yang taat. Dalam semangat agama mereka yang salah arah, mereka mencari pengakuan dan kehormatan untuk diri mereka sendiri daripada untuk Tuhan. Mereka menjadikan praktik iman mereka sebagai beban daripada kegembiraan bagi orang-orang yang seharusnya mereka layani.

Rasa hormat yang sejati kepada Tuhan mendorong kita untuk merendahkan diri dan tunduk pada hikmat dan bimbingan-Nya. Kita tidak dapat diajar oleh Tuhan kecuali kita pertama-tama belajar untuk mendengarkan firman-Nya dan kemudian mematuhi perintah-Nya.
   
Hukum Musa dalam Kitab Suci secara khusus menginstruksikan semua ayah untuk menjadi guru dan pengajar bagi anak-anaknya untuk membantu mereka memahami dan menaati perintah Tuhan (Ulangan 6:7)? Mengapa Yesus menegur para ahli Taurat dan orang Farisi, otoritas agama orang Yahudi, di hadapan murid-murid-Nya? Yesus ingin memperingatkan murid-murid-Nya sendiri dan para pemimpin agama tentang godaan untuk mencari kehormatan dan gelar yang menarik perhatian kita sebagai pengganti Allah dan firman-Nya. Kebanggaan menggoda kita untuk mengutamakan diri sendiri di atas orang lain.

Kitab Suci memberikan banyak peringatan tentang bahaya dari kesombongan yang mementingkan diri sendiri:  Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.  (Amsal 16:18). Tuhan menentang orang yang sombong, tetapi memberi kasih karunia kepada orang yang rendah hati (Yakobus 4:6; Amsal 3:24). 
 
Menghormati Allah dan jalan-jalan-Nya mencondongkan kita pada kerendahan hati dan kesederhanaan hati - kesiapan yang rela untuk mencari satu-satunya kebaikan sejati yang adalah Allah sendiri. Apa sifat dari kerendahan hati yang sejati dan mengapa kita harus menerimanya sebagai hal yang penting bagi kehidupan kita? Kita dapat dengan mudah salah mengartikan kerendahan hati sebagai sesuatu yang merendahkan atau merusak rasa sejahtera kita dan merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Kerendahan hati yang sejati bukanlah merasa buruk tentang diri Anda sendiri, atau memiliki pendapat yang rendah tentang diri Anda, atau menganggap diri Anda lebih rendah dari orang lain. Kerendahan hati yang sejati membebaskan kita dari keasyikan dengan diri kita sendiri, sedangkan opini diri yang rendah cenderung memusatkan perhatian kita pada diri kita sendiri. Kerendahan hati adalah kebenaran dalam pemahaman diri dan kebenaran dalam tindakan. Memandang diri sendiri secara jujur, dengan penilaian yang bijaksana, berarti melihat diri sendiri seperti cara Tuhan memandang kita (Mazmur 139:1-4).

Orang yang rendah hati membuat penilaian yang realistis tentang diri sendiri tanpa ilusi atau berpura-pura menjadi sesuatu yang bukan dirinya. Orang yang benar-benar rendah hati menganggap dirinya tidak lebih kecil atau lebih besar dari yang sebenarnya. Kerendahan hati yang sejati membebaskan kita untuk menjadi diri kita sendiri sebagaimana Allah memandang kita dan menghindari jatuh ke dalam keputusasaan dan kesombongan. Orang yang rendah hati tidak mau memakai topeng agar terlihat baik di mata orang lain. Orang seperti itu tidak terpengaruh oleh hal-hal yang kebetulan, seperti ketenaran, reputasi, kesuksesan, atau kegagalan.

Kerendahan hati adalah dasar dari semua kebajikan lainnya karena memungkinkan kita untuk melihat dan menilai dengan benar, cara Tuhan melihat. Kerendahan hati membantu kita untuk dapat diajar sehingga kita dapat memperoleh pengetahuan yang benar, hikmat, dan pandangan yang jujur tentang realitas. Itu mengarahkan energi, semangat, dan kemauan kita untuk memberikan diri kita pada sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Kerendahan hati membebaskan kita untuk mencintai dan melayani orang lain dengan sukarela dan tanpa pamrih, demi mereka sendiri, bukan demi diri kita sendiri. Rasul Paulus memberi kita contoh dan model kerendahan hati terbesar dalam pribadi Yesus Kristus, yang mengosongkan dirinya, mengambil rupa seorang hamba, dan... yang merendahkan diri dan taat sampai mati, bahkan mati di kayu salib (Filipi 2:7-8).
(RENUNGAN PAGI)  
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
 
Credit:ThamKC/istock.com

Antifon Komuni (Mzm 9:2-3)

Aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib; aku mau bersukacita dan bersukaria karena Engkau, bermazmur bagi nama-Mu, ya Mahatinggi,

I will recount all your wonders. I will rejoice in you and be glad, and sing psalms to your name, O Most High.

Doa Malam

Allah Bapa yang Mahaagung, semoga hati kami selalu terbuka terhadap segala yang tertulis tentang Dikau. Berilah kami semangat, bukan untuk mendengarkan saja, melainkan untuk benar-benar menghayati Sabda-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy