| Halaman Depan | Bacaan Harian | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Lumen Christi | Support Renungan Pagi|

Orang Kudus hari ini: 18 Maret 2023 St. Sirilus dari Yerusalem, Uskup dan Pengaku Iman

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja Katolik memperingati St Sirilus dari Yerusalem yang menjadi seorang imam pada tahun 345 dan kemudian menjadi uskup Yerusalem pada abad ke-4. Ia dikenang karena dedikasinya kepada Tuhan dan kawanannya, serta atas upaya dan pekerjaannya yang berani dalam mempertahankan iman yang benar dan ortodoks melawan mereka yang mendukung ajaran palsu dan sesat, terutama yang dari ajaran sesat Arian. Saat itu, banyak di antara bidat menikmati perlindungan istana Kekaisaran dan dukungan dari anggota komunitas yang kuat, dan diombang-ambingkan oleh keserakahan dan kemuliaan duniawi, bidat itu terus bekerja dalam memecah belah Gereja dan membawa kejatuhan banyak orang ke dalam jalan yang salah. St. Sirilus dari Yerusalem dalam tiga kesempatan, diusir dari kursi uskupnya oleh kaum Arian yang memperdebatkan keilahian penuh Kristus. Dia hidup selama tujuh belas tahun di pengasingan. Pada tahun 378, dia akhirnya kembali secara definitif ke Yerusalem yang tercabik-cabik oleh perpecahan. Dia tanpa lelah akan berkhotbah. 
 
 
 
Public Domain

 


 
St Sirilus dari Yerusalem mendedikasikan dirinya untuk melawan upaya para bidah jahat itu dan mengabdikan hidup dan pelayanannya untuk merawat kesejahteraan spiritual kawanannya dan Gereja Universal yang lebih luas, menghabiskan banyak waktu menulis berbagai risalah tentang iman, serta hal-hal teologis lainnya, dan menolak berbagai upaya para guru dan pembimbing palsu dalam menyesatkan umat Allah ke jalan yang salah. Dia menghadapi banyak kesulitan dan cobaan selama pelayanannya, digulingkan dan diasingkan beberapa kali karena intrik dan perlawanan dari para uskup Arian dan para bidat lainnya, tetapi semua ini tidak menyurutkan semangat dan dedikasi St Sirilus dari Yerusalem, yang terus mengabdikan dirinya dengan sepenuh hati untuk pekerjaan yang dimaksudkan untuk keselamatan jiwa-jiwa dan untuk kemuliaan Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua terinspirasi oleh teladan baik yang diberikan oleh St Sirilus dari Yerusalem, dan melakukan apa pun yang kita bisa sehingga kita dapat lebih sepenuh hati berkomitmen pada jalan yang telah Tuhan tetapkan di hadapan kita. Marilah kita semua mencari Dia dengan hati yang rendah hati dan menyesal, mengasihi Tuhan dengan segenap hati kita dan memusatkan perhatian kita kepada-Nya. Marilah kita semua berpaling dari dosa dan dari segala kejahatan, dan marilah kita melawan godaan yang mengelilingi kita sehingga kita dapat benar-benar layak bagi Allah dalam segala hal yang kita lakukan, dan katakan. Tuhan memberkati.

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2023 -

Privacy Policy