| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 02 Maret 2023 Hari Biasa Pekan I Prapaskah

 


Kamis, 02 Maret 2023
Hari Biasa Pekan I Prapaskah

“Apabila kamu ingin hidup menurut peraturan yang ditentukan oleh Allah, kamu harus mengikuti teladan-Nya, karena menurut citra-Nya kamu diciptakan.” – St. Asterius dari Amasea

Antifon Pembuka (Bdk. Mzm 5:2-3)

Tuhan, Rajaku dan Allahku, kabulkanlah doaku, indahkanlah keluh-kesahku, dengarkanlah suara permohonanku.

To my words give ear, O Lord; give heed to my sighs. Attend to the sound of my cry, my King and my God.

Doa Pagi

Allah Bapa, asal segala kebaikan, semoga dengan bantuan rahmat-Mu kami selalu memikirkan dan melakukan yang baik. Sebab kami tidak dapat hidup tanpa Engkau.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                         
         
Bacaan dari Kitab Ester (4:10a.10c-12.17-19)
   
"Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, ya Tuhan."
     
Di kala bahaya maut menyerang, Ratu Ester pun berlindung pada Tuhan. Ia mohon kepada Tuhan, Allah Israel, katanya, “Ya Tuhan, Raja kami, Engkaulah yang tunggal. Tolonglah aku yang seorang diri ini. Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, sebab bahaya maut mendekati diriku. Sejak masa kecilku telah kudengar dalam keluarga bapaku, bahwa Engkau, ya Tuhan, telah memilih Israel dari antara sekalian bangsa, dan nenek moyang kami telah Kaupilih dari antara sekalian leluhurnya, supaya mereka menjadi milik abadi bagi-Mu; dan telah Kaulaksanakan bagi mereka apa yang telah Kaujanjikan. Ingatlah, ya Tuhan, dan sudilah menampakkan diri-Mu di waktu kesesakan kami. Berikanlah kepadaku keberanian, ya Raja para allah dan Penguasa sekalian kuasa! Taruhlah perkataan sedap di dalam mulutku terhadap singa itu, dan ubahlah hatinya sehingga menjadi benci kepada orang-orang yang memerangi kami, supaya orang itu serta semua yang sehaluan dengannya menemui ajalnya. Tetapi selamatkanlah kami ini dengan tangan-Mu, dan tolonglah aku yang seorang diri ini, yang tidak mempunyai seorang pun selain Engkau, ya Tuhan.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan.
Ayat. (Mzm 138:1-2a,2bc-3,7c-8; R:3a)
1. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu. Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus.
2. Aku memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu, sebab Kaubuat nama-Mu, dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.
3. Tuhan, tangan kanan-Mu menyelamatkan daku, Engkau akan menyelesaikan segalanya bagiku! Ya Tuhan, kasih setia-Mu kekal abadi, janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu!

Bait Pengantar Injil, do = es, 4/4, PS 966
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Sang Raja kemuliaan kekal.
Ayat. (Mzm 51:12a,14a)
Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu.
      
  

Inilah Injil Suci menurut Matius (7:7-12)
 
 "Setiap orang yang meminta akan menerima."
    
Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu akan dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan 
 
 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, melalu bacaan-bacaan Kitab Suci hari ini, kita semua diingatkan untuk berpaling kepada Tuhan Allah kita setiap kali kita berada dalam kesulitan dan membutuhkan pertolongan dan penghiburan. Masing-masing dari kita diingatkan bahwa Tuhan selalu setia pada Perjanjian yang telah Dia buat dengan kita, dan Dia selalu penuh kasih dan perhatian terhadap kita, selalu menunjukkan kepada kita kasih-Nya yang sabar dan baik meskipun keras kepala dan sikap memberontak. yang telah kami tunjukkan kepada-Nya. Tuhan adalah benar-benar Bapa dan Pencipta kita yang pengasih, Yang telah menciptakan kita karena cinta dan karenanya, terus mengawasi kita dan menunjukkan kebaikan kasih-Nya kepada kita setiap saat, tetapi ada saat-saat ketika kita, sebagai anak-anak-Nya, perlu meminta pertolongan-Nya.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita mendengar dari Kitab Ester kisah tentang Ratu Persia, Ester, yang berasal dari bangsa Yahudi, yaitu keturunan bangsa Israel dan Yehuda, dan karena itu, termasuk di antara yang pertama dipanggil Tuhan. dan orang-orang pilihan. Saat itu, sisa-sisa Israel telah dibebaskan oleh Raja Raja Persia pertama, Cyrus Agung, yang mengizinkan mereka untuk kembali ke tanah air mereka dan membangun kembali Kuil mereka yang hancur di Yerusalem. Mereka telah mengalami penganiayaan dan tantangan selama beberapa dekade, sejak mereka diusir dari tanah air mereka, dipaksa menanggung penghinaan menjadi tunawisma dan diasingkan, karena ketidaktaatan dan dosa yang telah mereka dan nenek moyang mereka lakukan karena menolak untuk mendengarkan Tuhan atau menuruti kehendak-Nya.

Saat itulah musuh Tuhan dan umat-Nya mencoba untuk bangkit dan bersekongkol melawan umat Allah, seperti yang disoroti dalam Kitab Ester sebagai peran Haman orang Agag tertentu, keturunan Raja Amalek, Agag, yang dihancurkan dan dibunuh oleh hamba Tuhan, Samuel, selama perang antara Israel dan Amalek beberapa abad sebelumnya, di masa awal kerajaan Israel. Konflik tersebut kemudian menyebabkan perseteruan lama antara orang Israel dan keturunan mereka dengan keturunan Amalek. Selama masa Ester, ini mencapai puncak yang besar dalam upaya Haman untuk menghancurkan seluruh umat Allah dengan menggunakan posisi dan otoritasnya sebagai tangan kanan Raja dan bupati atas seluruh wilayah Persia.

Haman berhasil membuat Raja memerintahkan pemusnahan seluruh orang Yahudi, semua keturunan umat Tuhan, dan di sanalah Ratu Ester terjebak dalam kebingungan besar, karena dia ingin membantu bangsanya, tetapi hukum negara kerajaan menyatakan bahwa dia tidak boleh datang dan mendekati Raja kecuali dia meminta atau memanggilnya untuk muncul, dan melakukan sebaliknya kemungkinan besar akan menyebabkan dia digulingkan, karena persis seperti pendahulunya sebagai Ratu Persia, Vashti, dia kehilangan posisinya dan diasingkan. Lebih buruk lagi, dia juga bisa menderita bahkan kematian karena usahanya membantu rakyatnya. Namun, didorong oleh pamannya, Mordechai, yang berjuang dengan caranya sendiri melawan Haman dan kejahatannya, dan selalu memiliki iman yang kuat kepada Tuhan, Ratu Ester mempercayakan hidupnya dan segalanya di tangan Tuhan.

Dan itulah yang telah kita dengar dalam bacaan pertama kita hari ini, ketika Ratu Ester berdoa kepada Tuhan, mencari bimbingan, bantuan dan kekuatan-Nya, dalam memimpin dia melalui apa pun yang akan dia lakukan demi umat Allah sendiri, yang adalah akan menghadapi kehancuran dan kutukan. Dia mempercayakan segalanya kepada Tuhan, mengetahui bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan orang-orang yang Dia kasihi, dan dia meminta kepada-Nya keberanian dan kekuatan untuk menghadapi Raja dan semua kekuatan yang berusaha menghancurkan orang Israel, sehingga Tuhan benar-benar dapat memimpin mereka keluar dari kegelapan, dan menyelamatkan mereka pada saat mereka sangat membutuhkan. Memang, Tuhan campur tangan dan membantu, dan tidak hanya umat Tuhan diselamatkan, oleh tindakan Ratu Ester, tetapi Haman sendiri, musuh besar, menghadapi konsekuensi yang adil dari kejahatannya.

Dalam perikop Injil kita hari ini, Tuhan benar-benar membantu hanya mereka yang mampu dan mau membantu diri mereka sendiri terlebih dahulu, memperkuat dan membimbing mereka dengan cara bagaimana Dia telah membantu, memberkati, melindungi dan membimbing Ester dalam upayanya untuk menyelamatkan bangsanya sendiri dari kehancuran dan pemusnahan total. Oleh karena itu, kita semua juga diingatkan dengan cara yang sama bahwa kita harus selalu memusatkan perhatian kita pada Tuhan, dan melakukan apapun yang kita bisa untuk melayani Dia dengan setia, mengikuti dan menaati hukum dan perintah-Nya.

Masa Prapaskah ini adalah waktu yang sangat baik dan tepat untuk kita untuk datang dan mencari Tuhan dengan semangat dan usaha yang diperbarui, terutama jika kita telah dipisahkan dari-Nya karena banyaknya dosa dan kejahatan kita. Jika kita telah terasing dari Tuhan karena kita tidak benar-benar mengenal Dia dan tidak meluangkan cukup waktu untuk Dia, atau dalam upaya untuk mencari tahu dan mengetahui lebih banyak tentang Dia, maka inilah saatnya bagi kita untuk bertobat dari banyak dosa kita, berhentilah tidak menaati Tuhan, tolaklah banyak godaan di sekitar kita dan rangkullah sekali lagi kemurahan hati, kasih sayang, kebaikan, dan cinta Tuhan yang murah hati. Setiap dari kita memang harus menyadari betapa beruntungnya kita memiliki Tuhan dan Bapa yang begitu pengasih, yang selalu menjaga dan melindungi kita, dan yang selalu memanggil kita untuk kembali kepada-Nya, hanya untuk dihadapkan pada penolakan keras kepala dari kita.

Semoga Tuhan, Bapa dan Pencipta kita yang pengasih, terus memberkati kita dan mencintai kita di setiap saat, dan semoga kita semua semakin dekat dengan-Nya, memperdalam hubungan kita dan pemahaman kita akan kasih-Nya, melalui praktik Prapaskah kita, melalui doa yang tulus dan khusyuk, menghabiskan waktu yang lebih berharga dan berkualitas bersama-Nya, berkomunikasi dengan-Nya dan berjalan semakin dekat di jalan dan rahmat-Nya, dan juga dengan menahan godaan dan kejahatan kita melalui puasa dan pantang, dan dengan praktik kita menunjukkan cinta dan kasih yang sama. kebaikan yang telah ditunjukkan Tuhan kepada kita, dengan sedekah kita yang murah hati dan kepedulian kita kepada semua orang yang membutuhkan. Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing untuk menjadi murid-murid-Nya yang semakin setia, dan teladan yang baik serta inspirasi satu sama lain. Amin.

Antifon Komuni (Mat 7:8)

Mintalah, kamu akan menerima. Carilah, kamu akan menemukan. Ketuklah, pintu akan dibukakan bagimu.

Everyone who asks, receives; and the one who seeks, finds; and to the one who knocks, the door will be opened. 

 
Doa Malam

Ya Bapa, kami bersyukur sebab Putra-Mu telah mengajar kami perihal iman dan harapan yang teguh serta sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama. Kami mohon, tambahkanlah semangat kasih kami kepada-Mu dan kepada sesama serta limpahkanlah kerahiman-Mu bagi kami. Doa ini kami unjukkan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini

Pengumuman: Kami melakukan modifikasi tampilan web renunganpagi.id versi web dengan menampilkan pratinjau renungan terlebih dahulu, untuk detail renungan silakan klik tautan bagian judul atau baca selengkapnya. Dengan tampilan sekarang kami dapat memaksimalkan entri renungan dari 3 atau 4 renungan di halaman utama menjadi 7 renungan di halaman utama.  Kemudian tampilan format website tidak terganggu atau terbatas pada hari-hari seperti Minggu Palma, Jumat Agung, Vigili Paskah, demikian pula pada hari Natal yang membutuhkan tempat lebih banyak.

RENUNGAN PAGI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy