| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Jumat, 10 Maret 2023 Hari Biasa Pekan II Prapaskah

 

Jumat, 10 Maret 2023
Hari Biasa Pekan II Prapaskah (Hari Pantang)

“Saudara-saudara, pandanglah Allah yang merendahkan diri-Nya, dan pasrahkan hatimu di hadapan-Nya! Rendahkanlah dirimu agar engkau diangkat-Nya! Jangan menyembunyikan apa pun dari dirimu demi dirimu sendiri supaya Dia yang memberikan diri-Nya secara total kepadamu boleh menerima engkau secara total.” — St. Fransiskus Assisi
  
Antifon Pembuka (Mzm 31(30):2.5)

Ya Tuhan, kepada-Mu aku berharap dan aku takkan dikecewakan. Luputkanlah aku dari jerat musuhku karena Engkaulah pelindungku.

In you, O Lord, I put my trust, let me never be put to shame; release me from the snare they have hidden for me, for you indeed are my refuge.

Doa Pagi

Allah Bapa Mahakuasa, semoga tapa suci ini membersihkan kami, agar dengan hati murni kami mencapai keselamatan kekal. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.  
   
Bacaan dari Kitab Kejadian (37:3-4.12.13a.17b-28)
 
"Lihat, tukang mimpi datang, marilah kita bunuh dia."
     
Israel lebih mengasihi Yusuf daripada semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itu anak yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia. Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya bahwa ayah mereka lebih mengasihi Yusuf daripada semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepada Yusuf, dan tidak mau menyapanya dengan ramah. Pada suatu hari pergilah saudara-saudara Yusuf menggembalakan kambing domba ayahnya dekat Sikhem. Lalu Israel berkata kepada Yusuf, “Bukankah saudara-saudaramu menggembalakan kambing domba dekat Sikhem? Marilah engkau kusuruh kepada mereka.” Maka Yusuf menyusul saudara-saudaranya itu, dan didapatinyalah mereka di Dotan. Dari jauh Yusuf telah kelihatan kepada mereka. Tetapi sebelum ia dekat pada mereka, mereka telah bermufakat mencari daya upaya untuk membunuhnya. Kata mereka seorang kepada yang lain, “Lihat, tukang mimpi kita itu datang! Sekarang,marilah kita bunuh dia, dan kita lemparkan ke dalam salah satu sumur ini, lalu kita katakan: seekor binatang buas telah menerkamnya. Dan kita akan lihat nanti, bagaimana jadinya dengan mimpinya itu!” Ketika Ruben mendengar hal ini, ia ingin melepaskan Yusuf dari tangan mereka. Sebab itu kata Ruben: “Janganlah kita bunuh dia!” Lagi kata Ruben kepada mereka, “Janganlah tumpahkan darah! Lemparkan saja dia ke dalam sumur yang ada di padang gurun ini, tetapi janganlah apa-apakan dia.” Maksud Ruben: ia hendak melepaskan Yusuf dari tangan mereka dan membawanya kembali kepada ayahnya. Baru saja Yusuf sampai pada saudara-saudaranya, mereka pun menanggalkan jubah Yusuf, jubah maha indah yang dipakainya itu. Lalu mereka membawa dia dan melemparkannya ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kemudian duduklah mereka untuk makan. Ketika mereka mengangkat muka, kelihatanlah kepada mereka suatu kafilah orang Ismael yang datang dari Gilead dengan untanya yang membawa damar, balsam dan damar ladam. Mereka sedang dalam perjalanan mengangkut barang-barang itu ke Mesir. Lalu kata Yehuda kepada saudara-saudaranya itu, “Apakah untungnya kita membunuh adik kita itu dan menyembunyikan darahnya? Marilah kita jual dia kepada orang Ismael ini, tetapi janganlah kita apa-apakan dia, karena ia saudara kita, darah daging kita.” Dan saudara-saudaranya pun mendengarkan perkataan itu. Ketika saudagar-saudagar Midian itu lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan Tuhan.
Ayat. (Mzm 105:16-17.18-19.20-21; Ul: 5a)
1. Ketika Tuhan mendatangkan kelaparan ke atas tanah Kanaan, dan menghancurkan seluruh persediaan makanan, diutus-Nyalah seorang mendahului mereka, yakni Yusuf yang dijual menjadi budak.
2. Kakinya diborgol dengan belenggu, lehernya dirantai dengan besi, sampai terpenuhilah nubuatnya, dan firman Tuhan membenarkan dia.
3. Raja menyuruh melepaskan dia, penguasa para bangsa membebaskannya. Dijadikannya dia tuan atas istananya, dan pengelola segala harta kepunyaannya.
 
Bait Pengantar Injil, do = bes, 4/4, PS. 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal
Ayat. (Yoh 3:16)
Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Inilah Injil Suci menurut Matius (21:33-43.45-46)
  
"Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia."
   
Sekali peristiwa Yesus berkata kepada imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi, “Dengarkanlah perumpamaan ini, seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lubang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap, lalu berangkat ke negeri lain. Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya. Tetapi para penggarap menangkap hamba-hamba itu: yang seorang mereka pukul, yang lain mereka bunuh, dan yang lain lagi mereka lempari dengan batu. Kemudian tuan itu menyuruh pula hamba-hamba yang lain, lebih banyak daripada yang semula. Tetapi mereka pun diperlakukan sama seperti kawan-kawan mereka. Akhirnya tuan itu menyuruh anaknya kepada mereka, pikirnya, ‘Anakku pasti mereka segani.’ Tetapi ketika para penggarap melihat anak itu, mereka berkata seorang kepada yang lain: Ia adalah ahli waris! Mari kita bunuh dia, supaya warisannya menjadi milik kita. Maka mereka menangkap dia, dan melemparkannya ke luar kebun anggur itu, lalu membunuhnya. Maka apabila tuan kebun anggur itu datang, apakah yang akan dilakukannya dengan penggarap-penggarap itu?” Kata imam-imam kepala dan tua-tua itu kepada Yesus, “Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu, dan kebun anggurnya akan disewakannya kepada penggarap-penggarap lain yang akan menyerahkan hasil kepadanya pada waktunya.” Kata Yesus kepada mereka, “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru? Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita. Sebab itu Aku berkata kepadamu, Kerajaan Allah akan diambil dari padamu, dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.” Mendengar perumpamaan Yesus itu, imam-imam kepala dan orang-orang Farisi mengerti bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya. Maka mereka berusaha menangkap Dia, tetapi mereka takut kepada orang banyak, karena orang banyak itu menganggap Yesus nabi.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan

 

 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini ketika kita merenungkan Sabda Tuhan hari ini, Tuhan mengingatkan kita semua di masa Prapaskah ini untuk tetap waspada terhadap banyak godaan di sekitar kita, terutama semua hal yang dapat membawa kita ke jalan dosa dan kejahatan. Kita semua diingatkan untuk menolak godaan-godaan itu dan untuk mencabut dari diri kita korupsi kesombongan, ego, kecemburuan, keinginan dan keterikatan duniawi, yang semuanya dapat membawa kita ke jalan dosa. Itulah sebabnya kita diingatkan berulang kali selamaa masa waktu ini, untuk lebih menyadari keadaan kita yang berdosa dan betapa seringnya kita membutuhkan pertolongan dan kesembuhan dari Tuhan, satu-satunya yang dapat menyembuhkan kita dari penderitaan dosa kita. Kita harus menggunakan waktu dan usaha kita untuk datang lebih dekat kepada Tuhan.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita merenungkan dari Kitab Kejadian kisah saat ketika putra-putra Yakub atau Israel terlibat dalam tindakan keji terhadap salah satu dari mereka, Yusuf, putra bungsu kedua dari Yakub. Yusuf dikasihi oleh Yakub terutama karena dia lahir dari istri tercinta Yakub, Rahel, dan bersama dengan Benyamin, anak bungsunya, hanya mereka berdua yang lahir dari Rahel dari kedua belas putranya. Oleh karena itu, Yakub memperlakukan Yusuf jauh lebih baik daripada yang lain, yang menyebabkan kemarahan kakak-kakaknya. Saat kita mendengar cerita itu, kita juga mendengar bagaimana hadiah mimpi Yusuf, yang dia terima dari Tuhan, semakin dibenci oleh saudara-saudaranya, ketika mereka mendengar bagaimana dia berbicara tentang mereka semua sujud di hadapannya. Ini sebenarnya firasat yang akan terjadi lama kemudian, ketika Yusuf diangkat menjadi pemimpin seluruh Mesir.

Berdasarkan dugaan sejarah dan Alkitab, Yusuf kemungkinan masih sangat muda saat itu, dan ketika dia menceritakan mimpinya kepada saudara-saudaranya, dia tidak benar-benar melakukannya dengan niat jahat atau kesombongan, tetapi hanya ingin membagikan apa yang dia lihat dalam mimpinya kepada saudara-saudaranya, orang-orang terdekatnya. Sayangnya, bagi saudara-saudara Yusuf, putra-putra Yakub lainnya, apa yang telah mereka dengar, bersama dengan perlakuan istimewa Yakub terhadap Yusuf membuat mereka semua dibutakan oleh kecemburuan dan ketakutan di dalam hati mereka. Kenapa begitu? Itu karena mereka kemungkinan besar takut bahwa Yusuf akan mengambil semua warisan mereka atau akan menguasai mereka semua meskipun dia adalah anak yang lebih muda. Kebencian, kecemburuan, dan ketakutan mereka akhirnya membuat mereka melakukan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan. Beberapa dari mereka ingin membunuh saudara mereka sendiri pada awalnya, tetapi salah satu dari mereka, Ruben, putra tertua, mencoba menyelamatkan Yusuf dengan menyarankan agar mereka tidak membunuhnya, saudara mereka sendiri.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk menjualnya kepada para pedagang Midian dalam perjalanan mereka ke Mesir, dan dengan cara itu, Yusuf berakhir di Mesir, yang dalam skema yang lebih besar, Tuhan mengubah kemalangan itu menjadi pemeliharaan-Nya, sebagaimana Dia tidak hanya melindungi dan menyelamatkan Yusuf di Mesir, tetapi menjadikannya kuat dan hebat di Mesir, sebagai pemimpin seluruh kerajaan dan orang kepercayaan Firaun Mesir. Akhirnya dia juga meletakkan dasar bangsa Israel di Mesir, dengan menafkahi saudara-saudaranya dan keluarganya, ketika mereka akhirnya bersatu selama kelaparan hebat selama tujuh tahun, yang akan memusnahkan keluarganya seandainya Yusuf tidak diutus lebih awal ke Mesir dengan pandangan jauh ke depan yang diberikan oleh Tuhan untuk perlindungan terhadap kelaparan. Lebih banyak orang akan binasa karena kelaparan juga.

Pada akhirnya, kita melihat bagaimana kecemburuan dan kejahatan di hati kita dapat membuat kita melakukan hal-hal yang tidak terbayangkan dan jahat seperti saudara-saudara Yusuf yang menjual saudaranya sendiri, bahkan ingin membunuhnya terlebih dahulu. Sikap yang sama ini juga disoroti dalam perikop Injil hari ini, di mana Tuhan Yesus berkata kepada murid-murid-Nya tentang perumpamaan tentang penggarap-penggarap yang jahat. Para penggarap yang jahat dengan rakus menolak untuk membayar hak mereka atas tanah yang telah disewakan kepada mereka, dan ketika pemilik tanah mengirim para pelayannya untuk meminta mereka membayar hak mereka, para penggarap yang jahat itu melawan, menganiaya dan bahkan membunuh para pelayan itu. Mereka bahkan berkomplot melawan dan membunuh putra pemilik tanah yang diutus kepada mereka, dengan keinginan di dalam hati mereka bahwa mereka dapat memperoleh semua yang mereka inginkan jika mereka membunuh putra dan pewaris kepemilikan kebun anggur itu.

Apa yang mendorong para penyewa jahat itu bersikap dan bertindak keji seperti itu? Itu adalah keserakahan dan ketakutan akan kehilangan, kecemburuan terhadap apa yang dimiliki orang lain, seperti yang terjadi pada saudara-saudara Yusuf. Inilah mengapa kita masing-masing diingatkan hari ini bahwa kita harus menjaga diri kita sendiri terhadap keinginan jahat itu dan segala sesuatu yang dapat menyebabkan kita berdosa dan tidak mematuhi hukum dan perintah Allah. Kita telah diingatkan tentang betapa mudahnya kita terseret oleh pencobaan dan emosi kita, dan semua hal yang dapat menghalangi kita untuk benar-benar mencapai kebenaran dan kasih karunia di dalam Tuhan. Oleh karena itu pada masa Prapaskah ini kita diingatkan untuk melawan godaan-godaan tersebut dan mendisiplinkan diri agar tidak jatuh ke dalam perangkap yang dapat menjerumuskan kita ke dalamnya. Pada masa Prapaskah ini kita juga diingatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama-Nya, berkomunikasi dengan-Nya melalui doa dan sarana lainnya.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua berkomitmen dengan kekuatan yang diperbarui untuk berbalik dari dosa, menghadap Tuhan dengan iman dan komitmen yang diperbarui, dan melakukan apa pun yang dapat kita lakukan untuk memuliakan Dia dengan hidup kita. Kita semua mampu melakukan banyak hal besar yang sesuai dengan Tuhan dan jalan-Nya. Pertanyaannya adalah apakah kita bersedia membuat komitmen untuk berjalan di jalan yang benar, atau apakah kita terus membiarkan diri kita disesatkan dan terseret di jalan dosa dan kejahatan seperti yang sering kita biarkan. Marilah kita semua menjadikan masa Prapaskah ini menjadi bermakna dan berbuah, melakukan apa pun yang kita bisa, untuk menjalani hidup kita secara lebih Kristiani, sebagaimana sepatutnya bagi kita semua yang mengaku percaya kepada Tuhan. Kita masing-masing tidak boleh munafik yang mengaku percaya pada sesuatu, namun menjalani hidup kita dan bertindak dengan cara yang bertentangan dengan iman kita.

Semoga Tuhan terus menolong dan membimbing kita dalam perjalanan kita terutama di masa Prapaskah ini, agar kita terus menjalani hidup yang lebih kudus dan layak bagi Tuhan dan rahmat-Nya. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan menyertai kita selalu, dan semoga Dia memberdayakan kita untuk menjadi lebih berani dan berkomitmen dalam hidup kita, untuk semakin setia dan mampu melawan banyak keinginan duniawi, keterikatan dan semua hal yang sering membuat kita jatuh ke dalam dosa. Semoga kita semua memiliki masa Prapaskah yang penuh berkat. Amin.   (RENUNGAN PAGI)

 
Antifon Komuni (1Yoh 4:10)

Allah mengasihi kita, dan mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

God loved us, and sent his Son as expiation for our sins.

Doa Malam

Allah Bapa Maha Penyayang, jaminan keselamatan abadi telah kami terima. Semoga keselamatan itu kami kejar dengan segala upaya hingga akhirnya kami rebut berkat bantuan rahmat-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.
 

 

Credit: kvkirillov/istock.com

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy