| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 17 Maret 2023 St. Patrisius

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Patrisius. St. Patrisius adalah seorang misionaris iman yang terkenal, yang lahir di wilayah Inggris pada abad kelima, dan diceritakan bahwa dia ditangkap dan diperbudak oleh bajak laut Irlandia di masa mudanya, sebelum dia berhasil melarikan diri dan akhirnya kembali ke tanah airnya, di mana dia belajar untuk menjadi misionaris dan imam. Dia pergi ke daratan Eropa dan kemudian diangkat sebagai imam dan misionaris, dikirim ke wilayah Irlandia, dan menjadi uskup pertama di negeri itu, di mana masih ada populasi pagan di seluruh pulau. 

 

Nheyob | CC BY SA 4.0

 

Ketika St. Patrisius kembali ke Irlandia setelah ditahbiskan sebagai uskup, dia tidak tiba sendirian. Faktanya, St Patrisius memulai perjalanan misionarisnya dengan beberapa keponakannya yang dibesarkan oleh saudara perempuannya yang suci, Darerca.

Salah satu keponakannya bernama Mel (Mael) dan dia melakukan perjalanan dengan Patrisius ke seluruh pedesaan Irlandia, mengkhotbahkan Injil Yesus Kristus kepada siapa saja yang mau mendengarkan. Ketika St. Patrisius mendirikan sebuah gereja di Ardagh, dia menahbiskan Mel sebagai uskup setempat.

 
Ada banyak kisah luar biasa tentang St. Patrisius dan lonceng yang biasa digunakannya untuk memanggil orang-orang Irlandia untuk berdoa. Menurut berbagai kisah hidupnya, St. Patrisius sering menggunakan bel tangan ke mana pun dia pergi dan “setiap kali St. Patrisius mendirikan komunitas atau paroki baru di suatu tempat di Irlandia, dia akan memilih salah satu muridnya untuk memimpinnya setelah dia pergi., dan berikan kepada mereka lonceng untuk memanggil umat untuk berdoa, dan untuk digunakan selama upacara keagamaan.”

Selain melayani fungsi praktis, lonceng St. Patrisius juga digunakan sebagai alat pertempuran spiritual. Dalam buku abad ke-19 tentang kehidupan St. Patrisius, penulis menjelaskan bagaimana St. Patrisius menggunakan lonceng untuk melawan roh jahat yang menyiksanya di gunung Croagh.

     Kemudian dia membunyikan lonceng, lonceng yang tampaknya selalu dibawanya ke mana-mana dan pasti diberkati secara khusus. "Untuk mengusir semua setan dari udara atas." Kemudian dia melemparkan lonceng itu di antara [roh-roh jahat] dengan amarah suci, sehingga ada bagian yang patah.

Gereja Katolik telah mempertahankan kemampuan lonceng untuk mengusir setan dalam Pemberkatan Lonceng Ritual Romawi, di mana imam berdoa, "Dengan bunyinya biarlah semua roh jahat diusir jauh."

Ada beberapa legenda yang mengatakan bahwa St. Patrisius mengusir semua ular dari Irlandia dengan menggunakan loncengnya, yang mungkin mengacu pada roh jahat, atau ular yang tidak lagi menghuni Emerald Isle. Lonceng St. Patrisius saat ini dipajang di Museum Nasional di Dublin, Irlandia.

St Patrisius melayani dengan setia dan sabar kepada orang-orang Irlandia, menghabiskan bertahun-tahun menjangkau mereka, kepada raja, bangsawan dan rakyat jelata, dan berhasil menyentuh banyak hati dan banyak nyawa, meyakinkan cukup banyak orang untuk berbalik. jauh dari dosa dan berhala lama mereka, dan menjadi pengikut Kristus.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy