| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 08 Maret 2023 St. Yohanes a Deo

 Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, Gereja Katolik merayakan kehidupan luar biasa St. Yohanes a Deo pada tanggal 8 Maret. Orang kudus ini hidup selama puluhan tahun dalam dosa dan penderitaan sebelum pertobatan mendalam yang membawanya ke kemiskinan, kerendahan hati dan amal. St. Yohanes a Deo lahir di Portugis pada tahun 1495 dari orang tua kelas menengah. Tragisnya, pada usia 8 tahun, dia diculik oleh orang asing dan kemudian ditinggalkan menjadi tunawisma di bagian terpencil Spanyol.  Dia bekerja sebagai gembala sampai usia 22 tahun, ketika kesempatan datang baginya untuk bergabung dengan pasukan Kaisar Romawi Suci Charles V. Namun, keberuntungan yang nyata ini pada akhirnya akan membawa St. Yohanes a Deo ke dalam kesengsaraan yang lebih besar. 
 
Selama 18 tahun berikutnya, St. Yohanes a Deo hidup dan bertempur di antara kaki prajurit kaisar, pertama melawan Prancis dan kemudian Turki. Moralnya mulai menurun, karena dia benar-benar meninggalkan kesalehan masa mudanya yang paling awal untuk cara hidup yang serakah dan brutal. 
 
Hati nurani St. Yohanes a Deo terkadang terganggu, terutama oleh kenangan tahun-tahun awalnya sebelum dia diambil dari orang tuanya. Dan meskipun jatuh ke dalam gaya hidup kekerasan dan penjarahan, dia memiliki kelemahan tertentu bagi mereka yang miskin atau sangat tertekan, dan akan memberikan sedekah kepada mereka.
 
Dia nyaris diselamatkan dalam dua kesempatan dari apa yang tampak seperti kematian - sekali setelah secara naluriah mengucapkan doa kepada Perawan Maria setelah jatuh terluka di wilayah musuh; dan lagi, ketika dia salah dicurigai melakukan pencurian dan hampir dieksekusi tetapi karena campur tangan tentara lain.
 
Peristiwa seperti ini sangat membebani dirinya, dan ketika resimennya dibubarkan, dia memutuskan untuk mengubah hidupnya - dimulai dengan ziarah ke Katedral Santiago de Compostela Spanyol di sepanjang "Jalan St. Yakobus". Di sana, dia mengakui dosa-dosanya dan berkomitmen untuk hidup dalam pertobatan.

St Yohanes a Deo menghabiskan bertahun-tahun di jalan mencari makna hidup dan menghadapi banyak perjuangan selama tahun-tahun kesulitan dan perubahan. Namun, akhirnya dia bertemu dengan Tuhan dan mengalami pertobatan hati yang luar biasa, ketika dia mendengar khotbah orang suci besar lainnya, yaitu St. Yohanes dari Avila. Ini membawanya untuk memulai banyak karya amal dan penjangkauan kepada orang miskin dan penderitaan di sekitarnya. Dia melayani mereka dan menjadi pekerja kesehatan yang hebat dan terkenal, yang menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejaknya. Ini akhirnya menjadi dasar dari apa yang dikenal sebagai Ordo Persaudaraan Kesatria Balai Penyantunan Santo Yohanes Yerusalem (Latin: Ordo Fratrum Hospitalis Sancti Ioannis Hierosolymitani) setelah pelindung dan pendiri mereka. Sampai kematiannya dari dunia ini, dia terus bekerja untuk kebaikan umat Allah dan untuk merawat yang sakit dan yang menderita. Dia meninggal dalam doa, dengan wajah menempel pada sosok Kristus, pada malam tanggal 7 Maret 1550. St. Yohanes a Deo dikanonisasi pada tahun 1690, dan telah menjadi pelindung rumah sakit dan orang yang sekarat.

Saudara dan saudari dalam Kristus, teladan dan kehidupan St. Yohanes a Deo menunjukkan kepada kita bahwa menjadi murid dan pengikut sejati Tuhan kita bukanlah sesuatu yang mudah bagi kita. Kita mungkin menghadapi banyak kesulitan dan cobaan dalam perjalanan kita, tetapi Tuhan akan selalu ada di sisi kita, menguatkan dan mendukung kita sepanjang jalan. Kita juga harus terinspirasi untuk melakukan hal ini, dalam melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepada kita semua, untuk semakin mengasihi Dia dan sesama saudara dan saudari kita di setiap saat. Tuhan memberkati. 


Fr.Lawrence Lew,OP-CC


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy