| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

5 Orang Kudus yang menyaksikan Sengsara Yesus

 Sementara banyak yang hadir pada penyaliban Yesus adalah bagian dari kerumunan yang membunuh-nya, ada beberapa laki-laki dan perempuan yang secara fundamental berubah setelah bertemu dengan Kristus yang menderita.

Beberapa disebutkan namanya dalam Alkitab, tetapi yang lain disebutkan hanya merujuk pada apa yang mereka lakukan atau katakan pada hari itu. Dari jumlah tersebut, berbagai tradisi melanjutkan ceritanya dan menjelaskan bagaimana mereka menjalani kehidupan suci dan sekarang dihormati sebagai "orang kudus".

Berikut adalah lima karakter familiar dari Kisah Sengsara yang menjadi murid Kristus setelah menyaksikan sengsara-Nya.

St Veronica

Wikipedia | CC
 
Menurut tradisi, dia dikenal sebagai wanita yang menyeka wajah Yesus saat dia dibawa ke Kalvari. Berbagai legenda menjelaskan kemana dia pergi setelah itu, yang semuanya menganggapnya sebagai wanita suci. Ada juga peninggalan yang mengklaim sebagai kerudung Veronica, dengan gambar ajaib Kristus di atasnya. (Nama Veronica berasal dari frase bahasa Latin/Yunani vera icon, “gambar yang benar.”) Salah satu relikwi ini disimpan di Basilika Santo Petrus di Roma dan sering dipajang pada hari Minggu Prapaskah ke-5. Ia diperingati setiap tanggal 12 Juli.
 


St Simon dari Kirene  

Dennis Jarvis /flickr (CC BY-SA 2.0) 


Dipercayai bahwa Simon, yang pada awalnya hanya seorang pengamat yang enggan ketika dia dipaksa untuk membantu Yesus memikul bebannya, menjadi orang yang berubah setelah memikul kayu salib dan menatap mata Yesus yang menderita. Sedikit yang diketahui tentang apa yang terjadi pada Simon setelah penyaliban, tetapi tradisi mengatakan bahwa dia dan putra-putranya menjadi murid yang setia. Hal ini disimpulkan dari fakta bahwa Markus menyebutkan nama anak laki-laki, Alexander dan Rufus (Markus 15:21), yang tampaknya menunjukkan bahwa mereka adalah tokoh yang dikenal di Gereja perdana. Ia diperingati setiap tanggal 1 Desember.

St Dismas


Hanya disebutkan dalam Injil Lukas, "penjahat yang baik" membela Yesus di kayu salib dari ejekan penjahat lainnya. Yesus melihat iman dan pertobatan penjahat itu dan dengan berani menyatakan, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Lukas 23:43). Berdasarkan pernyataan Yesus ini, Gereja perdana mengakui dia ada di surga dan karenanya, seorang suci. Tidak disebutkan namanya dalam Injil, dia diberi nama Dismas dalam catatan apokrif. Ia diperingati setiap tanggal 25 Maret, yang dianggap sebagai tanggal tradisional penyaliban.

St Longinus
 
Simon de Vos (1603–1676), “Christus am Kreuz” (photo: Public Domain / Public Domain)

Setelah Yesus wafat di kayu salib, seorang perwira menusuk lambung Yesus dan darah serta air mengalir keluar. Tidak banyak informasi yang diberikan di dalam Alkitab tentang Longinus, tetapi diyakini bahwa dia sama dengan perwira yang disebutkan dalam Injil lain yang terpesona pada saat kematian Yesus. Saat sinar matahari siang menjadi gelap dan bumi bergetar, Longinus menghadap Yesus dan tiba-tiba mengetahui kebenaran: Pria lembut yang dipaku di kayu salib, sekarang sudah mati, tidak diragukan lagi adalah Anak Allah yang tidak bersalah. Diyakini bahwa pada saat itu ia menjadi seorang Kristen yang setia. Dia dicatat dalam Markus mengatakan, "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!" (Markus 15:39) Namanya tidak disebutkan dalam Kitab Suci, tetapi dia diberi nama Longinus di catatan selanjutnya. Berbagai legenda mengelilingi hidupnya dan beberapa percaya dia menjadi martir atas perintah Pontius Pilatus. Meskipun banyak legenda yang membuat kita penasaran tentang Longinus membuat sulit untuk memverifikasi kebenaran yang sebenarnya, kita bisa yakin akan satu fakta penting. Kita dapat merayakan dengan pasti bahwa hati seorang prajurit telah diubah. Longinus secara terbuka memuliakan Tuhan di hadapan rekan-rekannya yang merendahkan martabatnya dengan pernyataan keyakinan yang mendalam dan pertobatan lahiriah. Ia diperingati setiap tanggal 15 Maret.

St Yusuf dari Arimatea
    Cleveland Museum of Art (CC0 1.0)

Seorang pria Israel yang kaya, dia menyediakan kuburnya sendiri yang telah disiapkan untuk tubuh Yesus. Makam itu menjadi tempat kebangkitan Yesus. Tercatat dalam Yohanes bahwa dia adalah, “Sesudah itu Yusuf dari Arimatea – ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi – meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus. Dan Pilatus meluluskan permintaannya itu. Lalu datanglah ia dan menurunkan mayat itu.” (Yohanes 19:38). Beberapa tradisi mengklaim dia melakukan perjalanan ke Inggris dengan Cawan Suci dan mendirikan sebuah biara di Glastonbury. Ia diperingati setiap tanggal 17 Maret.


Terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id,  Anda dapat membantu kami untuk pengeluaran rutin (internet, perpanjangan domain). 
Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS berikut: 
 

Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy