Orang Kudus hari ini: 24 Oktober 2022 St. Antonius Maria Claret

 Hari ini Gereja memperingati St. Antonius Maria Claret yang dapat membantu kita menemukan jalan kita dalam menghidupi iman kita dengan lebih layak lagi di hadapan Tuhan. St Antonius Maria Claret, pendiri ordo keagamaan Claretian, adalah seorang Uskup Agung Spanyol dan misionaris, yang mendedikasikan dirinya untuk kehidupan pelayanan kepada Tuhan, pertama berkhotbah di antara orang Catalan di wilayah yang telah digoyahkan oleh perang, dan dikenang untuk cintanya yang besar kepada kawanannya, dengan dedikasinya dalam berpindah dari satu komunitas ke komunitas lain bahkan dengan berjalan kaki. Dia pergi ke beberapa daerah yang jauh seperti Kepulauan Canary, memberitakan firman Tuhan di sana, dan memanggil banyak orang untuk kembali ke Gereja Tuhan.

Sebagai Uskup Agung Santiago, di wilayah Dunia Baru Kuba, Gereja mempercayakan St. Antonius Maria Claret misi untuk menginjili kawanannya, dalam merawat kebutuhan komunitasnya, menunjukkan kepada mereka kasih Allah seperti yang ditunjukkan oleh komitmennya mendirikan banyak rumah sakit dan sekolah untuk rakyat jelata, antara lain reorganisasi seminari keuskupan. Melalui upaya dan tulisan misionarisnya, dia menginspirasi banyak orang lain untuk mengikuti teladan baiknya, dan itu membantu meletakkan dasar dari banyak perbuatan baik. Dia menghabiskan banyak waktu untuk memperhatikan kebutuhan orang miskin, membantu mereka dan memenuhi kebutuhan mereka, dan mukjizat berlimpah dalam karya dan kehadirannya, membuat lebih banyak orang berpaling kepada Tuhan. Dia terus melakukan banyak pekerjaan baik bahkan di tahun-tahun terakhirnya, mendedikasikan hidupnya untuk misinya bahkan ketika dia menghadapi banyak tantangan dan kesulitan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua merenungkan semua ini, dan melihat contoh-contoh baik yang diberikan oleh Tuhan sendiri, dan oleh para pendahulu kita yang setia dan kudus, dan martir, terutama St. Antonius Maria Claret yang kita peringati hari ini. Marilah kita semua berusaha untuk melakukan kehendak Allah dengan cara yang telah dilakukan oleh para putra dan putri setia Tuhan dan Gereja-Nya. Dan semoga Tuhan selalu menyertai kita dalam perjalanan iman kita, sehingga dalam setiap perkataan, tindakan dan perbuatan kita, kita akan selalu dipenuhi dengan kebenaran dan kebajikan Tuhan, dan berusaha untuk memuliakan Tuhan dan tidak mencari kemuliaan kita sendiri dalam kehidupan. Semoga Tuhan selalu memberkati kita dalam segala hal, dan memberkati setiap niat dan usaha kita. Amin.

 

St. Antonius Maria Claret