Orang Kudus hari ini: 19 Oktober 2022 St. Yohanes de Brebeuf dan St. Isaac Jogues, St. Paulus dari Salib

Martir Kanada - Foto: Fr. Lawrence,OP (CC BY-NC-ND 2.0)

Hari ini Gereja memperingati Para Martir Suci Kanada, juga dikenal sebagai Martir Amerika Utara adalah para imam dan misionaris Jesuit yang telah memulai misi yang sangat sulit dan menantang di tempat yang sekarang menjadi bagian Kanada dan segmen utara Amerika Serikat. Beberapa dari mereka seperti St. Isaac Jogues dan St. Yohanes de Brebeuf, antara lain, dengan berani melewati kondisi yang sangat keras di wilayah itu, khususnya musim dingin Kanada yang parah, untuk memberitakan Kabar Baik dan keselamatan dalam Yesus Kristus kepada penduduk asli Amerika. Mereka sukses besar dan disambut oleh beberapa penduduk asli, tetapi juga menghadapi tantangan pahit dan keras dari penduduk asli lain yang menentang mereka dan menolak untuk mendengarkan mereka. Mereka tidak pernah menyerah perjuangan mereka, bahkan sampai menjadi martir di tangan para penganiaya mereka.

St Paulus dari Salib (Public Domain)

 
Sementara itu St. Paulus dari Salib adalah seorang imam besar dan pendiri Pasionis, sebuah ordo religius yang didedikasikan khusus untuk devosi kepada Hati Kudus Yesus, dan yang para anggotanya menghabiskan banyak usaha untuk perutusan umat beriman dan melayani kebutuhan rohani mereka. Santo Paulus dari Salib sendiri menjawab panggilan Tuhan untuk mengikuti Dia dan menjadi seorang imam, mendedikasikan waktu dan usahanya untuk selanjutnya melayani umat Tuhan, mendorong praktek-praktek yang setia seperti berdoa ibadat harian dan devosi lainnya yang dimaksudkan untuk membantu umat beriman untuk memusatkan perhatian mereka kepada Tuhan, dan membawa mereka semakin dekat kepada-Nya. Santo Paulus dari Salib tanpa lelah bekerja sepanjang hidup dan pelayanannya untuk menjangkau lebih banyak umat Allah, dan juga menulis banyak hal tentang iman.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita meniru teladan dan iman yang baik yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita yang kudus sebelum kita, para martir suci Kanada, St. Paulus dari Salib dan banyak orang kudus lainnya yang tak terhitung banyaknya. Semoga Tuhan Allah kita terus membantu dan membimbing kita dalam perjalanan iman kita sepanjang hidup, dan semoga Dia selalu menguatkan kita dan memberdayakan kita semua untuk hidup dengan cara yang Tuhan panggil untuk kita lakukan. Semoga kita semua menjadi contoh yang baik dan inspirasi bagi satu sama lain, sekarang dan selamanya. Amin.