Sabtu, 15 Oktober 2022 Peringatan Wajib St. Teresia dari Yesus, Perawan dan Pujangga Gereja

Sabtu, 15 Oktober 2022
Peringatan Wajib St. Teresia dari Yesus, Perawan dan Pujangga Gereja 
    
Ketika Petrus mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, Putra Allah yang hidup, berkatalah Yesus kepadanya: "Bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang ada di surga" (Mat 16:17) Bdk. Gal 1:15; Mat 11:25.. Iman adalah satu anugerah Allah, satu kebajikan adikodrati yang dicurahkan oleh-Nya. "Supaya orang dapat percaya seperti itu, diperlukan rahmat Allah yang mendahului serta menolong, pun juga bantuan batin Roh Kudus, yang menggerakkan hati dan membalikkannya kepada Allah, membuka mata budi, dan menimbulkan 'pada semua orang rasa manis dalam menyetujui dan mempercayai kebenaran'" (DV 5). ~ Katekismus Gereja Katolik, 153


Antifon Pembuka (Mzm 8:2)

Ya Tuhan, Allah kami, betapa mulia nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu luhur mengatasi langit.

Doa Pagi 
 
Allah Bapa yang bersemayam di istana mulia, atas dorongan Roh Kudus, Santa Teresia telah menunjukkan kepada umat-Mu jalan menuju kesempurnaan. Semoga budi kami selalu dibimbing oleh ajarannya dan hati kami dikobarkan oleh keinginan akan kesucian.  Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.      
    
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Efesus (1:15-23)

"Allah mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya dalam surga."

Saudara-saudara, aku telah mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu kepada semua orang kudus. Maka aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kalian, dan dalam doaku kalian selalu kukenangkan. Kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mahamulia, aku mohon supaya kalian diberi-Nya Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar; supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kalian mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya, yaitu betapa kaya kemuliaan yang dijanjikan akan diwarisi oleh orang-orang kudus dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya. Kekuatan itu sesuai dengan daya kuasa Allah yang berkarya dalam Kristus, yakni kuasa yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati serta menempatkan Dia di sisi kanan Allah dalam surga. Di situ Kristus jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa, kekuasaan dan kerajaan serta tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan saja di dunia ini, melainkan juga di dunia yang akan datang. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan Allah kepada Jemaat sebagai kepala dari segala yang ada. Jemaat itulah tubuh-Nya, yakni kepenuhan diri-Nya, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = d, 2/4, PS 832.
Ref. Betapa megah nama-Mu, Tuhan, di seluruh bumi.
Ayat. (Mzm 8:4-5.6-7.8-9; R: 2a)
1. Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kau pasang. Apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
2. Kauciptakan dia hampir setara dengan Allah, Kau mahkotai dengan kemuliaan dan semarak. Kauberi dia kuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kautundukkan dibawah kakinya.
3. Domba, sapi, dan ternak semuanya, hewan di padang dan margasatwa, burung di udara dan ikan di laut, dari semua yang melintasi arus lautan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 15:26b.27a) 
Roh Kebenaran akan memberi kesaksian tentang Aku, dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.
     
Inilah Injil Suci menurut Lukas (12:8-12)

"Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kamu katakan."

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan


Apa dosa yang tak terampuni yang Yesus peringatkan agar kita hindari? Yesus tahu bahwa murid-murid-Nya akan diuji dan Dia meyakinkan mereka bahwa Roh Kudus akan memberi mereka apa yang mereka butuhkan pada saat mereka mengalami kesulitan dan pencobaan. Dia memperingatkan mereka, bagaimanapun, bahwa adalah mungkin untuk menolak kasih karunia Allah, berkat, dan bantuan-Nnya - dan jatuh ke dalam kemurtadan - menolak menyerahkan iman dan kesetiaan kita kepada Yesus Kristus karena takut (menjadi pengecut), kesombongan, atau ketidakpercayaan (menolak untuk percaya kepada Tuhan Yesus). Ungkapan alkitabiah untuk menyangkal seseorang berarti mengingkari - tidak ada hubungannya dengan mereka lagi.   
 
Yesus juga berbicara menentang penghujatan Roh Kudus. Apa itu penghujatan dan mengapa itu tercela (sangat buruk dan pantas ditegur keras)? Penghujatan terdiri dari mengucapkan kata-kata yang menentang Tuhan, di dalam atau di luar, kata-kata kebencian, celaan, atau pembangkangan. Itu bertentangan dengan kehormatan dan rasa hormat kita kepada Allah (yang adalah Bapa, Pencipta, dan Juruselamat kita) dan nama-Nya yang kudus. Yesus berbicara tentang menghujat Roh Kudus sebagai dosa yang tak terampuni. Yesus berbicara tentang dosa ini segera setelah ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi menghubungkan mukjizat-mukjizat-Nya dengan pekerjaan iblis dan bukannya Tuhan.
   
 Jika seseorang berulang kali menutup hatinya kepada Tuhan dan menutup telinganya terhadap suara-Nya, mereka sampai pada titik di mana mereka tidak dapat lagi mengenali Tuhan bahkan ketika Tuhan membuat firman dan kehadiran-Nya diketahui oleh mereka. Orang seperti itu akhirnya menganggap kejahatan sebagai kebaikan dan kebaikan sebagai kejahatan (Yesaya 5:20). Akan tetapi, takut akan dosa seperti itu, menandakan bahwa seseorang tidak mati bagi Tuhan dan sadar akan kebutuhan akan pertolongan dan kekuatan Tuhan yang penuh belas kasihan.

Tidak ada batasan untuk belas kasihan Tuhan, tetapi kita dapat menolak belas kasihan-Nya dengan menolak untuk meminta pengampunan Tuhan atas kesalahan kita dan dengan menolak untuk menerima bantuan yang Dia berikan kepada kita untuk berpaling dari dosa dan dari apa pun yang menghalangi kita melakukan kehendak-Nya. Tuhan memberikan rahmat yang cukup (kebaikan dan rahmat-Nya terhadap kita) dan Dia memberikan bantuan yang cukup (kebijaksanaan dan kekuatan-Nya) kepada semua orang yang dengan rendah hati memanggil-Nya. Tuhan tidak pernah menutup telinga bagi mereka yang mencari bantuan dan mendengarkan suara-Nya.
 
Apa dasar dari harapan dan keyakinan kita kepada Tuhan? Itu adalah pemberian cuma-cuma dari Putra-Nya yang terkasih, Tuhan Yesus Kristus, yang memberikan nyawa-Nya demi kita dan yang sekarang menjadi Pengantara bagi kita di sebelah kanan takhta belas kasihan Allah (Ibrani 4:14-15). Yohanes Penginjil memberi tahu kita bahwa "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16).

Kematian Yesus di kayu salib memenangkan bagi kita kehidupan baru dan kebebasan untuk hidup sebagai pria dan wanita beriman, harapan, dan cinta. Itulah sebabnya Yesus menawarkan kepada kita karunia dan kuasa Roh Kudus (Lukas 11:13) yang memampukan kita untuk hidup setiap hari sebagai anak-anak terkasih Allah - putra dan putri-Nya. Kasih dan belas kasihan Yesus Kristus, pengampunan dosa, dan karunia Roh Kudus diberikan secara cuma-cuma kepada semua orang yang mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka. Apakah harapan Anda ditempatkan dengan aman di dalam Tuhan Yesus dan kemenangan-Nya di kayu salib?

    Tuhan Yesus, Engkau adalah harapan dan keselamatanku. Semoga aku tidak pernah goyah dalam harapan dan kepercayaanku pada bantuan dan kekuatan penuh belas kasihan-Mu. Biarlah api Roh Kudus-Mu membara di hatiku dan memenuhiku dengan cinta yang membara untuk-Mu. Amin.  
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
 
Antifon Komuni (Mzm 88:2)
 
Kasih-Mu, ya Tuhan, hendak kunyanyikan selamanya. Kesetiaan-Mu, ya Allah, hendak kuwartakan turun-menurun. 
 
Doa Malam

Ya Yesus, hindarkanlah kami dai segala sesuatu yang dapat menyesatkan dan menjauhkan kami dari pada-Mu. Sebab hanya dengan bersatu dalam Dikau, maka kami menemukan kebahagiaan sejati. Terpujilah Engkau, Tuhan dan Allah kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

RENUNGAN PAGI