| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Lima Pengadilan

 



1. Kita dapat membedakan lima pengadilan, yang masing-masing menjatuhkan hukuman kepada kita. (1) Yang pertama adalah pengadilan opini publik, yang sangat ditakuti oleh sebagian orang. (2) Lalu ada hati nurani kita sendiri, yang menunjukkan siapa diri kita dan apa yang seharusnya kita lakukan. (3) Yang ketiga adalah pengadilan Tobat dan (4) yang keempat adalah pengadilan perdata. (5) Yang terakhir, ada takhta penghakiman Tuhan yang di hadapannya kita harus menghadap suatu hari nanti dengan segala dosa dan sedikit kebaikan kita.

Opini publik bisa ditipu dengan akal-akalan dan kemunafikan. Hati nurani dapat diabaikan, atau dapat menjadi menyimpang atau mati. Pengadilan Tobat bisa disalahgunakan, dan kita bisa tetap tegar dalam dosa-dosa kita. Otoritas sipil terkadang bisa dihindari; namun juga terbuka terhadap penipuan dan korupsi. Namun pengadilan Tuhan berbeda. Kita akan sendirian di hadapan-Nya – penipuan-penipuan tidak akan ada gunanya. Tidak akan ada alasan, tidak ada pembelaan. Segalanya akan menjadi jelas, dan penghakiman-Nya akan adil dan tidak dapat diubah. Mari kita renungkan hal ini selagi kita punya waktu. Mari kita mengambil solusi yang diperlukan, karena tidak akan ada waktu lagi dalam waktu dekat.

2. Pengadilan Tuhan adalah pengadilan yang harus kita persiapkan secara khusus, karena kebahagiaan atau ketidakbahagiaan abadi kita bergantung padanya. Meski demikian, kita tidak boleh mengabaikan keberadaan orang lain. Kita harus mempertimbangkan opini publik. Bukan berarti kita harus bersusah payah untuk tampil baik di hadapannya, tapi kita harus berusaha memberikan contoh yang baik kepada tetangga kita daripada menjadi penyebab skandal. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”. (Mat. 5:16)

Hati nurani adalah pengadilan yang harus lebih kita perhatikan. Inilah cara yang sering digunakan Tuhan ketika Dia menasihati kita untuk mengubah hidup kita atau berjuang menuju kesempurnaan. Pengadilan Tobat adalah satu-satunya cara yang pasti bagi orang berdosa untuk kembali ke persahabatan dengan Allah, meskipun jika diperlukan, ia dapat memperoleh pengampunan melalui tindakan penyesalan yang sempurna. Terakhir, kita harus menghormati otoritas sipil. Semua otoritas berasal dari Tuhan, dan oleh karena itu kita harus menaati hukum sipil sebagaimana layaknya warga negara yang baik.

3. Namun dalam kaitannya dengan otoritas sipil, ada satu hal yang perlu diperjelas. Kita hanya diwajibkan untuk menaatinya jika tidak melanggar hak-hak Tuhan atau Gereja. Jika hal ini bertentangan dengan hal ini, kita harus menjawab dalam kata-kata Santo Petrus dan para Rasul lainnya ketika mereka dipanggil ke hadapan Sanhedrin: “Kita harus lebih menaati Allah daripada menaati manusia.” (Kisah 5:29)

Jika kita harus menderita karena alasan Tuhan dan Gereja, kita harus menganggapnya sebagai keberuntungan kita. Seperti para Rasul, kita hendaknya dapat bersukacita karena kita dianggap layak untuk menderita penghinaan dan penganiayaan demi nama Yesus. (Kisah 5:41)—Antonio Cardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.

   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy