| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Paus Benediktus XVI, Komentar Hari Ini - Angelus, 13 Februari 2013: Minggu Prapaskah Pertama


 Minggu Prapaskah Pertama

 
“Bertobat” adalah ajakan yang sering kita dengar pada masa Prapaskah, artinya mengikuti Yesus sedemikian rupa sehingga Injil-Nya menjadi pedoman praktis dalam hidup; itu berarti membiarkan Tuhan mengubah kita, untuk berhenti berpikir bahwa kitalah satu-satunya yang membangun hidup kita. Hal ini berarti menyadari bahwa kita adalah makhluk ciptaan, bahwa kita bergantung pada Tuhan, pada kasih-Nya, dan bahwa hanya dengan “kehilangan” hidup kita di dalam Dia, kita dapat memperolehnya. 
 
Hal ini menuntut kita untuk membuat keputusan berdasarkan Firman Tuhan. Saat ini tidak mungkin lagi menjadi Kristen karena sekedar konsekuensi hidup dalam masyarakat yang berakar Kristen: bahkan mereka yang dilahirkan dalam keluarga Kristen dan mendapat pendidikan agama harus setiap hari memperbaharui keputusannya untuk menjadi Kristen, yaitu, untuk mengutamakan Tuhan dalam menghadapi godaan-godaan yang terus-menerus ditimbulkan oleh budaya sekuler dan dalam menghadapi pendapat kritis dari banyak orang di zaman mereka.
 
Cobaan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, umat Kristiani memang banyak sekali dan mempengaruhi kehidupan pribadi dan sosial mereka. Tidaklah mudah untuk setia pada perkawinan Kristen, menerapkan belas kasihan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan ruang untuk berdoa dan keheningan batin; bukanlah hal yang mudah untuk menentang secara terbuka keputusan-keputusan yang dianggap remeh oleh banyak orang, seperti aborsi jika terjadi kehamilan yang tidak diinginkan, euthanasia jika terjadi penyakit serius, dan seleksi embrio untuk mencegah penyakit keturunan. Godaan untuk mengesampingkan iman selalu hadir dan pertobatan menjadi respon terhadap Tuhan yang harus dikuatkan beberapa kali dalam hidup.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy