| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Ketamakan dan Ambisi

 
James Tissot | Brooklyn Museum | Public Domain


1. Pengusaha yang tidak bermoral dan karieris memiliki sikap hidup yang buruk. Yang pertama hanya berkaitan dengan mengamankan keuntungan setinggi mungkin dengan cara apa pun, baik yang sah maupun yang terlarang. Penumpukan uang dan kekayaan bagaikan demam yang menyiksa pikiran dan hati. Hal ini memadamkan semua perasaan mulia manusia; apalagi menghancurkan agama.

Karirisme adalah jenis kejahatan yang serupa. Penganut karier didorong oleh keinginan gila untuk mengukir karier bagi dirinya sendiri dengan cara apa pun, bahkan jika ia harus memanfaatkan kebohongan, sanjungan, dan penyuapan dalam mengejar ambisinya. Ambisinya adalah memenangkan kejayaan dan penghargaan serta menduduki posisi tertinggi dan terhormat, yang tentu saja juga menghasilkan gaji terbaik.

Injil memberikan peringatan yang keras kepada dua kelompok orang ini. “Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia, tetapi kehilangan nyawanya sendiri?” (Mat. 16:25) “Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.” (Mat. 6:33; Luk. 12:31)

2. Meskipun Injil sangat menekankan perlunya menjauhkan diri dari hal-hal duniawi dan berjuang mengejar hal-hal yang bersifat Surga, adalah fakta yang menyedihkan bahwa sejak masa awal Gereja hingga saat ini, keserakahan akan uang dan hasrat akan kehormatan selalu ada untuk menimbulkan kerugian besar bagi umat beriman. Dalam suratnya yang pertama, Santo Petrus menasihati para imam untuk membimbing dan menjaga kawanan domba mereka “bukan demi keuntungan rendahan, tetapi dengan penuh semangat; belum lagi menjadi tuan atas lingkunganmu, tetapi dengan sepenuh hati menjadi teladan bagi kawanan domba.” (I Petrus 5:3) Ia selanjutnya mendesak umat beriman untuk rendah hati, taat dan tidak terikat pada keinginan dunia. Dia menyuruh mereka untuk mempercayakan kekhawatiran mereka kepada Tuhan, pelindung mereka. Mari kita periksa seberapa baik kita mengikuti nasihat ini dan memutuskan untuk memperbaiki kekurangan apa pun dalam perilaku kita.

3. Bagaimana sikap kita terhadap hal ini? Tentu saja, kita tidak dilarang mengurus urusan dan pekerjaan kita sendiri. Faktanya, adalah tugas kita untuk melakukan hal tersebut sejauh apa pun yang diminta oleh keadaan di mana kita hidup. Demikian pula, tidak dilarang untuk mencoba memperbaiki posisi sosial kita. Namun semua ini harus dilakukan dengan proporsional dan dengan cara yang tepat. Perhatian pertama dalam hidup kita hendaknya adalah pelayanan kepada Tuhan. Untuk itulah kita diciptakan; inilah yang harus kita lakukan dengan sepenuh hati. Hanya dengan cara inilah kita dapat memperoleh ketenangan pikiran dan memperoleh keselamatan abadi. Segala sesuatu yang lain harus menjadi nomor dua dari tujuan akhir hidup kita. Kalau tidak, posisi Tuhan akan lebih rendah daripada diri kita sendiri, dan ini sama saja dengan merampas kehormatan dan kemuliaan yang menjadi hak Pencipta dan Penebus kita. Pikirkanlah kebenaran ini dengan sungguh-sungguh.—Antonio Kardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.

   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy