| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Orang Kudus hari ini: 08 Februari 2024 St. Hieronimus Emilianus dan St. Yosefina Bakhita


 
 
 Saudara-saudari terkasih, pada hari ini Gereja memperingati St. Josephine Bakhita, yang kehidupan dan kisahnya benar-benar sesuai dengan narasi dan tema kita hari ini tentang perbudakan umat manusia pada dosa dan perlunya pembebasan. St Josephine Bakhita sendiri adalah seorang budak lama pada tahun-tahun awal hidupnya, tinggal di daerah yang sekarang dikenal sebagai Sudan. Sejak usia muda, dia telah mengalami perbudakan secara langsung, diculik oleh para pedagang budak, dijual sebagai budak kepada penawar tertinggi di pasar budak.

St Josephine Bakhita berpindah dari tuan ke tuan, dan dia menderita penghinaan besar selama tahun-tahun perbudakannya, penderitaan dan kesakitan adalah cawannya sehari-hari. Akhirnya, dia berada di bawah perlindungan seorang Italia, yang membawanya pergi dari tanah penderitaannya ke Italia, di mana dia akhirnya berhasil memperoleh kebebasannya dan dia juga menerima iman Katolik melalui pengajaran yang setia, dan akhirnya menjadi seorang biarawati religius yang terkenal karena iman dan kesalehannya yang besar.

St Josephine Bakhita dan kisahnya yang menakjubkan tentang pertobatan dan pembebasan, tidak hanya dari perbudakan fisik atas tubuh namun juga perbudakan rohani dan mental karena dosa sungguh merupakan contoh yang sangat nyata dan relevan bagi kita, ketika kita merenungkan apa yang telah kita dengar dalam bacaan Kitab Suci hari ini. Pengalamannya, bersama dengan pengalaman santo lain yang kita rayakan hari ini, St. Hieronimus Emiliani, santo pelindung anak yatim piatu yang terkenal karena komitmennya untuk meringankan penderitaan orang miskin dan anak yatim piatu, menjadi pengingat bagi kita umat Kristiani.

Kita semua pertama-tama harus berusaha untuk terbebas dari perbudakan dosa, dengan secara aktif mengamalkan iman kita dan menjauhi segala hal yang jahat dari kehidupan kita masing-masing. Dan kemudian, kita juga harus saling membantu, terutama ketika kita melihat bahwa beberapa di antara kita berada dalam bahaya terjatuh dan tergelincir ke dalam dosa, bahwa kita harus mendorong satu sama lain untuk hidup setia dan mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita harus melawan kepalsuan dan kebohongan dilakukan setan untuk menjebak kita. Marilah kita semua menjauhi dosa dan kejahatan, dan marilah kita semua berusaha untuk menjadi baik, layak dan murni dalam segala hal seperti yang telah dilakukan oleh St. Hieronimus Emiliani dan St. Josephine Bakhita. Biarkan hidup kita menjadi contoh yang baik bagi orang lain, dan biarkan kita semua menjadi inspirasi bagi mereka, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy