| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Bagaimana merayakan Adven dalam kesederhanaan yang menggembirakan?

 Adven adalah masa yang indah, dirancang untuk menjadi waktu khusus persiapan sederhana untuk pesta besar Natal.

Kadang-kadang kita dapat memperumit banyak hal, terutama dalam hal persiapan kita untuk Natal. Mungkin tergoda untuk melampaui, yang dapat membuat kita merasa lelah dari semua yang kita coba lakukan.

Lebih jauh lagi, budaya konsumerisme dan sekularisme kita sering kali dapat mendorong melupakan masa Adven atau bahkan tidak ada ruang untuk refleksi.

Gereja mendesak kita untuk menggunakan Adven sebagai waktu untuk “kesederhanaan yang menggembirakan.” Tema spiritual ini dirinci dalam Direktorium Tentang Kesalehan Umat Dan Liturgi 

 (PPCE 97-104). Lingkaran Adven dengan penyalaan lilinnya sebagai simbol aneka tahap sejarah keselamatan mendahului kedatangan Kristus, dilaksanakan pada awal perayaan liturgi (unsur dari Ritus Pembuka). Atau prosesi Adven dengan bintang kejora sebagai ungkapan harapan yang hampir terpenuhi dalam kedatangan Tuhan yang sudah sangat dekat. Novena Maria Dikandung Tanpa Noda mengungkapkan sikap Maria yang sungguh menyiapkan dirinya untuk menerima kedatangan-kelahiran Tuhan. Novena Natal adalah contoh penyerasian kesalehan umat dengan liturgi (Ibadat Sore). Membuat kandang Natal sebagai persiapan menerima kelahiran Tuhan juga merupakan satu bentuk kesalehan umat sebelum, selama, dan sesudah perayaan liturgi.


    Kesalehan populer, karena pemahaman intuitifnya tentang misteri Kristen, dapat berkontribusi secara efektif pada pelestarian banyak nilai Adven, yang tidak jarang terancam   oleh komersialisasi Natal.    

Kesalehan populer merasakan bahwa tidak mungkin merayakan kelahiran Tuhan kecuali dalam suasana ketenangan dan kesederhanaan yang menggembirakan dan kepedulian terhadap orang miskin dan [terpinggirkan]. Pengharapan akan kelahiran Tuhan membuat kita peka terhadap nilai kehidupan dan kewajiban untuk menghormati dan mempertahankannya sejak pembuahan. Kesalehan populer secara intuitif memahami bahwa tidak mungkin secara koheren merayakan kelahiran dia "yang menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka" tanpa upaya untuk mengatasi dosa dalam kehidupan seseorang, sambil menunggu dengan waspada Dia yang akan kembali pada akhir zaman.

Gereja mengakui ancaman komersialisasi dan "kesibukan" umum selama masa Adven. Ini bukan lagi waktu untuk berharap dengan tenang, tetapi saat membeli hadiah di menit-menit terakhir.

Jika Anda melakukan sesuatu di masa Adven ini, tundalah memasang dekorasi Natal dan coba ingatkan diri Anda akan kesederhanaan masa Adven ini. Pesan tempat khusus untuk karangan Adven dan mempersiapkan kandang Natal. Selain barang-barang tersebut, coba batasi aktivitas Anda di masa Adven dan luangkan lebih banyak waktu untuk berdoa dan bermeditasi.

Di atas segalanya, pelan-pelan! Adven adalah masa yang menggembirakan jika kita dapat meluangkan waktu untuk mengamatinya dalam semangat kesederhanaan.

 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy