Orang Kudus hari ini: 23 November 2022 St. Klemens I, Paus dan St. Kolumbanus

 Hari ini, Gereja merayakan pesta dua orang kudus besar yang hidupnya harus menginspirasi kita semua tentang bagaimana kita harus menjalani hidup kita dengan iman, yaitu Paus St. Klemens I, salah satu Paus dan Wakil Kristus paling awal, martir iman, dan juga St. Kolumbanus, seorang kepala biara yang terkenal dan suci, keduanya mengabdikan diri kepada Tuhan dengan cara mereka sendiri yang unik, dan yang kehidupan dan tindakannya menunjukkan banyak iman dan komitmen kepada Tuhan. Keduanya dapat menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi orang Katolik yang sesungguhnya, menjalani hidup kita dengan layak di hadapan-Nya dalam semua perkataan, tindakan, dan perbuatan kita, sehingga kita memang bisa semakin dekat dengan Tuhan dan menemukan jalan kita kepada-Nya, kepada jalan-Nya, kasih karunia, cinta, keselamatan dan akhirnya, hidup kekal bersama-Nya dalam kebahagiaan dan sukacita sejati.

Paus St. Klemens I adalah penerus St Petrus melalui St Linus dan St Anacletus, sebagai Paus keempat, Wakil Kristus, Uskup Roma dan karena itu pemimpin Gereja Katolik. Dia memimpin Gereja melalui tahun-tahun penganiayaan dan kesulitan yang sulit, terutama selama era penganiayaan yang sangat pahit di bawah Kaisar Romawi Domitianus. Orang-orang Kristen di seluruh Kekaisaran Romawi dianiaya karena iman mereka, dan banyak yang tewas sebagai martir karena menolak untuk mematuhi dan menyembah Kaisar Romawi sebagai dewa dan mengkhianati satu-satunya Tuhan mereka yang benar, Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat mereka. Di tengah semua tantangan itu, Paus St. Klemens I memimpin Gereja, yang tumbuh secara bertahap terlepas dari kesulitan dan kemartiran, dan dia terkenal karena banyak surat atau Suratnya, membantu memperkuat Gereja dan menjaga semua umat beriman bersama dan bersatu dalam Kristus. Akhirnya, abdi Allah yang suci ini sendiri binasa dalam penganiayaan, tetapi ia tetap setia sampai akhir.

 

CC



Sementara St Kolumbanus hidup di era yang berbeda ketika orang-orang Kristen sudah bebas menjalankan iman mereka dan agama Kristen sebenarnya sudah menjadi iman yang dominan di seluruh wilayah. Namun, banyak penyimpangan dan praktik korupsi di dalam Gereja di berbagai tempat, dimana St. Kolumbanus dalam karya dan usahanya sebagai misionaris dan kemudian sebagai Kepala Biara, berusaha keras untuk membantu mereformasi Gereja dan membuang ekses-ekses dari keterikatan duniawi dan ketidakmurnian dari iman Kristen, Gereja dan umat Allah yang setia. Dia harus melawan orang-orang kuat, bahkan para pemimpin Gereja di wilayah Gaul, sekarang Prancis, tempat dia bekerja dan melayani. Namun, terlepas dari semua tentangan dan kesulitan, St. Kolumbanus tetap berkomitmen pada misinya untuk sangat akhir, dan banyak yang bertobat melalui usahanya.

Saudara dan saudari di dalam Kristus, seperti yang dapat kita lihat dari teladan yang diberikan oleh kedua orang kudus itu, marilah kita semua memperbarui komitmen kita sendiri untuk menjalani hidup kita dengan benar-benar layak sebagai orang Katolik, dalam mendedikasikan pekerjaan, upaya, setiap kata, tindakan, dan perbuatan kita. untuk membawa kemuliaan bagi Tuhan. Semoga Tuhan memberkati kita sekarang dan selama-lamanya. Amin.