| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 01 Desember 2022 Peringatan Wajib Beato Dionisius dan Redemptus, Martir Indonesia

Kamis, 01 Desember 2022
Peringatan Wajib Beato Dionisius dan Redemptus, Martir Indonesia

“Berbahagialah penjara, yang mengantar para hamba Allah menuju surga.” (St. Siprianus)

Antifon Pembuka (Luk 4:18)

Roh Tuhan menyertai aku. Aku diurapi-Nya dan diutus mewartakan kabar gembira kepada kaum fakir miskin dan menghibur orang yang remuk redam.

Doa Pagi

Ya Allah, Engkau telah menguatkan Gereja-Mu dengan pelayanan yang mengagumkan melalui kesaksian para martir yang kudus, Dionisius dan Redemptus. Semoga umat-Mu, yang setia kepada perutusan yang telah dipercayakan kepada Gereja-Mu itu, memperoleh kebebasan beragama yang lebih besar dan memberi kesaksian tentang kebenaran di hadapan dunia. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.  

Bacaan dari Kitab Yesaya (26:1-6)
  
"Bangsa yang benar dan tetap setia biarlah masuk."
   
Pada masa itu nyanyian ini akan dinyanyikan di tanah Yehuda, “Kita mempunyai kota yang kuat! Tuhan telah memasang tembok dan benteng untuk keselamatan kita. Bukalah pintu-pintu gerbangnya, agar masuklah bangsa yang benar dan yang tetap setia. Engkau menjaga orang yang teguh hatinya dengan damai sejahtera, sebab ia percaya kepada-Mu. Percayalah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan Allah adalah gunung batu yang kekal. Kota-kota di atas gunung telah ditaklukkan-Nya; benteng-benteng yang kuat telah dirobohkan-Nya, diratakan-Nya dengan tanah dan dicampakkan-Nya menjadi debu. Kaki orang-orang sengsara dan telapak orang-orang lemah akan menginjak-injaknya.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan.
Atau. Alleluya
Ayat. (Mzm 118:1.8-9.19-21.25-27a)
1. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Kekal abadi kasih setia-Nya. Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada manusia! Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada para bangsawan!
2. Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada Tuhan. Inilah pintu gerbang Tuhan, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya. Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.
3. Ya Tuhan, berilah kiranya keselamatan! Ya Tuhan, berilah kiranya kemujuran! Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan! Kami memberkati kamu dari dalam rumah Tuhan. Tuhanlah Allah, Dia menerangi kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali pada tanduk-tanduk mezbah.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Yes 55:6)
Carilah Tuhan, selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya, selama Ia dekat.  
  
Inilah Injil Suci menurut Matius (7:21.24-27)
 
"Barangsiapa melakukan kehendak Bapa akan masuk Kerajaan Allah."
  
Pada suatu ketika Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku, ‘Tuhan! Tuhan!’ akan masuk Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga. Semua orang yang mendengar perkataan-Ku dan melakukannya, ia sama dengan orang bijaksana yang membangun rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu. Tetapi rumah itu tidak roboh sebab dibangun di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang bodoh, yang membangun rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu. Maka robohlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)
Karya: Kara Gebhardt /istock.com
(lisensi berbayar harap tidak asal gunakan di web lain)



Renungan

 Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini ketika kita memasuki masa Adven dan memulai bulan Desember ini, kita semua dipanggil untuk mundur dari jadwal sibuk kita yang biasa, dan memikirkan bagaimana kita dapat memanfaatkan masa ini dengan sebaik-baiknya. Masa Adven adalah waktu untuk rekonsiliasi dengan Tuhan, waktu untuk mengarahkan kembali dan reorientasi hidup kita. Saat kita memasuki masa Adven ini, kita semua dipanggil untuk menemukan lebih banyak waktu bagi Tuhan, dan untuk mempersiapkan diri kita bagi kedatangan-Nya.

Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa esensi Adven sendiri berasal dari nama, 'Adventus' yang berarti datang dan muncul, dengan konotasi mengharapkan datangnya sesuatu, dan dalam hal ini, apa yang kebanyakan dari kita mungkin tahu adalah bahwa Advent adalah masa harapan untuk datangnya Natal. Namun, Adven sendiri juga memiliki konotasi lain sebagai pengingat bagi kita masing-masing, bahwa harapan akan kedatangan Tuhan ini bukan hanya salah satu peringatan kita akan kelahiran-Nya yang lalu di Betlehem di Yudea, tetapi yang lebih penting, bahwa kita juga menunggu kedatangan-Nya, kedatangan kedua di masa depan.

Tuhan telah mengungkapkan semua ini kepada kita melalui murid-murid-Nya, Dia, 'Akar Isai' seperti yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya, sebagai keturunan dan pewaris Raja Daud, putra Isai, untuk menjadi Satu untuk memerintah atas bangsa Israel dan umat Allah selama-lamanya. Dan Allah menyatakan bahwa rencana-rencana dan janji-janji-Nya akan digenapi melalui Kristus, Yang lahir di Betlehem di Yudea, di kota Daud dua ribu tahun yang lalu, Anak Maria, dan Anak Allah Yang Mahatinggi.

Tetapi apa yang telah kita baca dalam perikop dari bacaan pertama kita hari ini sebenarnya adalah sebuah nubuatan bukan tentang apa yang telah terjadi dua ribu tahun yang lalu, tetapi itu adalah sebuah nubuat yang belum sepenuhnya digenapi, dan yang akan digenapi pada waktu Tuhan yang datang kedua kalinya, yang akan terjadi pada waktu yang telah ditentukan dan ditentukan oleh Tuhan. Seperti yang telah kita baca dari Kitab Wahyu, sebagian dari apa yang akan terjadi telah diungkapkan kepada kita dalam penglihatan akhir zaman itu.

Beberapa di antara orang-orang Yahudi menolak untuk percaya kepada Yesus sebagai Mesias, karena bagi banyak dari mereka, Mesias seperti yang dinubuatkan dan dinubuatkan oleh para nabi seperti Yesaya seperti Raja yang berkuasa dan menaklukkan yang akan membebaskan umat Allah dan memulihkan perdamaian dan harmoni ke seluruh negeri, dan memang, ke seluruh dunia. Ini tidak terjadi ketika Tuhan Yesus dikhianati, ditangkap dan dihukum mati di tangan orang Romawi, diserahkan untuk disalibkan.

Namun, kenyataan dan kebenarannya adalah bahwa, Tuhan akan menyelesaikan segala sesuatu dan semua yang telah dinubuatkan ketika Dia datang kembali, untuk mengumpulkan semua umat-Nya yang setia dan menghakimi semua yang hidup dan yang mati, semua ciptaan pada Penghakiman Terakhir. Dia akan datang sebagai Raja yang menang dan menang, mengalahkan Iblis dan semua musuh Allah dan orang-orang setia-Nya dalam satu kemenangan terakhir. Dan inilah yang masing-masing dari kita nantikan dalam hidup kita.

Dengan kedatangan-Nya di masa lalu yang bersejarah, Tuhan telah membawa keselamatan-Nya ke dunia ini, dan mengungkapkan kebenaran dan kasih-Nya, memulihkan harapan kepada kita semua yang telah hidup dalam kegelapan selama ini, dengan demikian, menunjukkan kepada kita semua jalan keluar dari kegelapan dan menuju terang. Dan dengan janji-Nya akan kedatangan-Nya kembali, dan Perjanjian Baru yang telah Dia buat bersama kita melalui pengorbanan-Nya yang paling utama dan penuh kasih di kayu Salib, Dia menunjukkan kepada kita semua jalan pasti menuju kehidupan kekal dan sukacita sejati bersama-Nya.

Inilah yang benar-benar kita rayakan, harapan yang kita miliki di dalam Tuhan kita Yesus Kristus, Juruselamat seluruh dunia dan seluruh umat manusia. Natal bukan tentang kebahagiaan dan keinginan egois kita sendiri, atau tentang ego dan kebanggaan kita, seperti yang sering kita lihat bagaimana orang-orang bertengkar tentang perayaan Natal dan berusaha saling mengalahkan dalam membuat perayaan yang lebih megah. Siapa yang kita rayakan? Itu adalah Kristus, dan Terang Harapan yang telah Dia bawa ke tengah-tengah kita.

Di masa Adven ini, kita dipanggil untuk menyucikan diri kita dan untuk mengarahkan kembali hidup kita, pikiran dan tindakan kita, sehingga kita dapat merayakan Natal dengan benar, dengan iman dan pengabdian, dan menghargai sepenuhnya betapa pentingnya Natal bagi kita, karena melalui Natal, Allah sendiri telah tinggal di antara kita, Imanuel, seperti yang telah Dia nyatakan kepada kita melalui para nabi-Nya. Dan marilah kita semua menjadikan diri kita benar-benar layak bagi-Nya, demi kasih-Nya bagi kita masing-masing. Marilah kita menjadi orang Katolik yang sejati dalam setiap tindakan dan perbuatan kita, setiap saat.

Semoga Tuhan membantu kita untuk melakukan perjalanan dengan setia melalui masa Adven yang diberkati ini, dan semoga Dia memperkuat iman dan keyakinan kita untuk menjalani hidup kita dengan komitmen yang semakin besar untuk melayani Dia dan memuliakan Dia melalui hidup kita. Semoga masa Adven kita berbuah dan semoga kita semua menjadi sumber harapan dan inspirasi satu sama lain, melalui pengamatan setia kita terhadap waktu dan masa yang diberkati ini. Amin.
 
  Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk bapak/ibu/saudara/i yang telah mendukung pelayanan kami baik melalui dukungan doa maupun donasi.  
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini  
 
 

Antifon Komuni (Yoh 12:24-25)
 
Biji gandum yang tidak ditanam dan mati, akan tetap tinggal sebiji. Tetapi jika mati, akan berbuah banyak sekali. 
 
Doa Malam 
 
Allah yang Maharahim, ajarilah aku supaya dalam hidup ini selalu mampu melakukan apa yang Engkau kehendaki dan Roh Kebijaksanaan menyertai langkah hidupku hari demi hari. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.  
 

 
 
 RENUNGAN PAGI

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy