Orang Kudus hari ini: 24 November 2022 St. Andreas Dung-Lac, dkk, Imam dan Martir


Saudara-saudari terkasih yang dicintai oleh Tuhan, hari ini, Gereja memperingati St. Andreas Dung-Lac dan banyak rekan-rekannya dalam kemartiran, para Martir Suci Vietnam, yang terdiri dari para misionaris Kristen yang datang ke Vietnam untuk mewartakan Kabar Baik Tuhan dan para petobat dan komunitas Kristen setempat. dari yang setia. Seperti di masa-masa awal Gereja, orang Vietnam saat itu pemerintah dan pihak berwenang menganiaya orang-orang Kristen dan Gereja karena mereka sangat curiga terhadap mereka karena para misionaris datang dari negara asing yang mungkin terlihat saat itu mencoba menabur perbedaan pendapat dan bertindak sebagai agen kekuatan asing yang saat itu mulai ikut campur dalam pembentukan politik dan sosial Vietnam dan tetangganya.

Untuk itu, pihak berwenang menganiaya orang-orang Kristen di seluruh Vietnam, seperti orang-orang seperti St. Andreas Dung-Lac, yang merupakan salah satu orang Vietnam lokal pertama yang ditahbiskan menjadi imam, serta para misionaris asing, para pemimpin Gereja lainnya dan banyak lagi. populasi Kristen umum, dikumpulkan, ditangkap dan akhirnya dihukum mati. Namun, terlepas dari tantangan besar yang harus mereka tanggung, sebagian besar dari umat Kristen itu tetap teguh dalam iman mereka dan memilih untuk menderita dan mati daripada mengkhianati Tuhan dan Tuan mereka. Keberanian dan ketakwaan mereka, dedikasi mereka yang besar kepada Tuhan menjadi inspirasi bagi begitu banyak orang lain yang didorong untuk tetap teguh setia kepada Tuhan meskipun tantangan dan cobaan menghadang mereka. Oleh karena itu, kita juga harus terinspirasi dan didorong dengan cara yang sama juga.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua karena itu mencari Tuhan dengan semangat dan keyakinan yang diperbarui, dengan kekuatan, keberanian dan semangat untuk mendedikasikan diri kita, setiap tindakan dan perbuatan kita, setiap energi kita demi Tuhan, untuk Gereja-Nya dan untuk umat-Nya. Semoga Tuhan terus membimbing kita semua melalui perjalanan iman ini, dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk semakin kuat dalam iman dan untuk semakin dekat dengan rahmat dan kasih-Nya, seperti St. Andreas Dung-Lac dan para sahabatnya di kemartiran, para Martir Suci Vietnam, sekarang dan selamanya. Amin.

Nheyob / CC BY-NC 2.0