Orang Kudus hari ini: 10 November 2022 Paus St. Leo Agung, Pujangga Gereja

Hari ini, Gereja memperingati Paus St. Leo Agung, Pujangga Gereja, yang kehidupan, karya, dan inspirasinya dapat menjadi sumber inspirasi yang baik bagi diri kita sendiri tentang bagaimana kita harus menghayati iman kita dalam kehidupan sehari-hari agar kita menjadi bagian yang benar-benar layak dari Kerajaan Allah yang kekal dan mulia. Paus St. Leo Agung memimpin Gereja selama masa yang penuh gejolak baik di dunia sekuler dan juga di dalam Gereja, namun, ia berkomitmen untuk memimpin Gereja melalui saat-saat sulit itu, menunjukkan kepemimpinannya bagi umatnya melalui masa-masa yang paling menantang. . Paus St. Leo Agung terkenal karena pertikaiannya dengan Attila sang Hun yang kuat, raja Hun yang mengamuk yang kemudian menyerang Kekaisaran Romawi dan akan datang ke Roma. Paus St. Leo Agung berdiri di gerbang Roma dan berhasil meyakinkan raja Hun untuk berbalik dan kembali ke tanah airnya, menyelamatkan kawanannya dari banyak kehancuran dan kematian.

Tidak hanya itu, Paus St. Leo Agung juga secara aktif terlibat dalam karya misionaris di seluruh dunia Kristen, mengirimkan misionaris dan pemandu ke tempat-tempat yang jauh untuk menyebarkan Sabda Allah lebih jauh, dan mendirikan komunitas Gereja di lebih banyak tempat. Dia juga terlibat dalam memerangi ajaran sesat yang bermunculan di berbagai tempat atas ide dan topik yang berbeda, dan mempertahankan ajaran yang benar dan ortodoksi iman Katolik dan Tradisi Suci dan kebenarannya. Dia adalah peserta aktif dalam Konsili Ekumenis Kalsedon dan mengirim perwakilannya untuk mengambil bagian dalam proses Konsili Ekumenis, yang memperkuat kebenaran dan ortodoksi Gereja melawan ajaran sesat, menegaskan apa yang selalu dipegang Gereja sejak zaman dahulu. dan zaman para Rasul.

Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0

 
 
Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan yang diberikan oleh para pendahulu kita yang suci, Paus St. Leo Agung dan orang-orang kudus lainnya yang tak terhitung banyaknya agar kita benar-benar dapat mewujudkan Kerajaan Allah di Bumi, menunjukkan kepada semua umat Tuhan seperti apa Kerajaan Allah melalui kita semua dan Gereja.

Semoga Tuhan terus membimbing kita melalui perjalanan iman kita dalam hidup dan semoga Dia memberdayakan dan menguatkan kita masing-masing dengan tekad dan kekuatan, ketekunan dan komitmen untuk mengikuti Dia dengan lebih setia mulai sekarang. Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam setiap tindakan dan pekerjaan kita, sekarang dan selamanya. Amin.