Orang Kudus hari ini: 04 November 2022 St. Karolus Borromeus

  Hari ini, kita memperingati St. Karolus Borromeus, Uskup Agung Milan, dan seorang Kardinal Gereja Roma. Dan hari ini saat kita bersukacita dalam ingatan orang kudus yang agung ini, semoga kita dapat terinspirasi oleh banyak teladan baik yang diberikan oleh hamba Tuhan yang agung ini, dan meniru teladannya dalam bagaimana dia menjalankan pelayanan yang besar atas apa pun yang Tuhan miliki, dipercayakan di bawah asuhannya, dalam semua misi dan pekerjaan yang telah dia lakukan sepanjang hidupnya.

  St Karolus Borromeus adalah seorang bangsawan muda brilian yang menyelesaikan studinya dan akhirnya diangkat sebagai Kardinal Gereja oleh pamannya, yang terpilih sebagai Paus. Dalam kapasitasnya sebagai Kardinal, ia membantu Paus dalam banyak bidang pemerintahan Gereja. Dia membantu reformasi Gereja, membasmi ekses duniawi dan korupsi dari kalangan klerus dan anggota Gereja.

  Dia juga kemudian diangkat menjadi Uskup Agung Milan, yang setelah Roma mungkin adalah Takhta Episkopal yang paling berpengaruh dan penting. Sebagai Uskup Agung Milan, St. Karolus Borromeus meluncurkan kampanye reformasi besar-besaran dalam membasmi korupsi dan kondisi yang tidak bermoral di mana para klerus dan kaum awam Takhta Milan telah berakhir setelah beberapa dekade tanpa kepemimpinan yang tepat karena uskup agung sebelumnya tidak tinggal di Milan sama sekali. St Karolus Borromeus membasmi semua kebusukan dan keduniawian yang masih ada yang telah menyusup ke dalam hati Gereja, memimpin umat beriman di jalan menuju pembaruan dan peremajaan iman mereka. Dia terus berjuang meskipun ada tantangan dan cobaan yang harus dia hadapi di sepanjang jalan, dan dia tidak menyerah pada perjuangan dan kerja kerasnya sampai akhir. 

  Dan sebagai Uskup Agung dan Kardinal, dia tetap rendah hati dan sederhana dalam gaya hidupnya, bertentangan dengan banyak orang lain di kelas dan jabatannya. Dia mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mengunjungi orang miskin dan merawat orang sakit, mendirikan institusi, rumah sakit dan sekolah untuk kemajuan umatnya. Dia menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk merawat orang sakit dan sekarat ketika wabah melanda Milan dan daerah sekitarnya bahkan ketika penguasa dan gubernur lokal semuanya melarikan diri dari daerah itu, meninggalkan orang sakit dan orang miskin untuk berjuang sendiri. St Karolus Borromeus mendedikasikan hidupnya demi mereka yang telah dipercayakan kepadanya seperti yang telah kita dengar, dan inilah yang harus kita lakukan masing-masing, sepanjang hidup kita. 

 

José Salomé Pina | Public Domain