Orang Kudus hari ini: 11 November 2022 St. Martinus dari Tours

Abmg | CC BY-SA 3.0


 Saudara dan saudari dalam Kristus, pada hari ini marilah kita memperhatikan teladan baik yang diberikan oleh para pendahulu kita yang suci dan saleh, yang kita peringati pada hari ini St. Martinus dari Tours. Ia pernah menjadi perwira Romawi atau kapten tentara, yang adalah seorang prajurit terkenal dan yang juga seorang Kristen yang taat selama masa ketika agama Kristen sudah tersebar luas dan tidak lagi dianiaya di Kekaisaran Romawi. St Martinus dari Tours juga terkenal dikenal dalam satu kesempatan tertentu ketika ia bertemu Tuhan menyamar sebagai orang tua miskin di tengah musim dingin, tanpa apa pun untuk menutupi atau melindungi dirinya dari dingin. Dalam kesempatan itu, St Martinus tidak ragu-ragu dan mengambil pedangnya untuk memotong jubah perwiranya menjadi dua dan memberikan setengahnya kepada pria malang itu untuk melindungi dirinya sendiri.

Malam itu juga, dalam sebuah penglihatan, St. Martinus melihat Tuhan menyatakan diri-Nya di hadapannya, sebagai orang tua yang memegang jubah yang telah dia potong dari jubahnya sendiri sebelumnya. Pernah diingatkan akan penampakan Tuhan di antara yang miskin dan yang lemah, yang kurang beruntung dan yang tua, St Martinus sangat terpengaruh dan tersentuh, dan akhirnya, dia meninggalkan tentara, dan juga dipilih oleh aklamasi dan dukungan rakyat sebagai Uskup Tours di wilayah selatan yang sekarang disebut Prancis. St Martinus dari Tours mendedikasikan dirinya dengan sepenuh hati sebagai gembala bagi kawanannya di Tours dan merawat mereka dengan sangat lembut dan murah hati, menunjukkan kepada kita semua apa artinya bagi kita untuk mencintai sebagai orang Katolik sejati dan menunjukkan kasih Tuhan melalui tindakan dan perbuatan kita, dalam semua interaksi kita. Dia juga menentang orang-orang yang mencoba membawa kepalsuan bidat untuk membingungkan orang, dan dia sangat aktif menentang upaya bidat dalam menyebarkan kebohongan mereka.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua mengikuti teladan baik yang diberikan oleh St. Martinus dari Tours, dalam mengasihi satu sama lain, terutama mereka yang tidak dikasihi, yang miskin dan lemah, mereka yang sakit dan sekarat, dan mereka yang dikucilkan. dan tanpa ada yang merawat mereka. Karena itu marilah kita semua berjalan dengan lebih setia di jalan yang telah Allah tetapkan di hadapan kita, selalu mengingat kasih-Nya bagi kita, dan melakukan hal yang sama mulai sekarang kepada-Nya dan kepada sesama saudari kita, dalam ketaatan kepada hukum dan kehendak-Nya.  .