| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 28 November 2022 Hari Biasa Pekan I Adven

Senin, 28 November 2022
Hari Biasa Pekan I Adven
  
Gereja selalu merayakan Masa Adven secara khusus dan khidmat (St. Karolus Borromeus)
  

Antifon Pembuka (bdk. Yer 31:10; Yes 35:4)

Dengarkanlah sabda Tuhan, hai bangsa-bangsa, dan wartakanlah sampai ke batas bumi: Janganlah takut! Lihatlah, Penebus kita akan datang.
    

Doa Pagi

Allah Bapa, sumber pengharapan, bantulah kami merindukan kedatangan Kristus, Putra-Mu. Bila Ia tiba dan mengetuk, semoga kami didapati-Nya berjaga dalam doa dan menyambut-Nya dengan gembira. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa
yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.  Amin.      
  
Bacaan dari Kitab Yesaya (2:1-5)     
 
"Tuhan menghimpun semua bangsa dalam kerajaan damai abadi Allah."
       
Inilah firman yang dinyatakan kepada Yesaya, putera Amos, tentang Yehuda dan Yerusalem, “Pada hari-hari yang terakhir akan terjadilah hal-hal ini: Gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri tegak di atas gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit. Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata, ‘Mari kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuh jalan itu. Sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan dari Yerusalem akan keluar sabda Tuhan. ‘Tuhan akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa. Maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas. Bangsa yang satu tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa yang lain, dan mereka tidak akan lagi berlatih perang. Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang Tuhan!”
  
Atau

     
   
Bacaan dari Kitab Yesaya (4:2-6)
 
Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan Tuhan akan menjadi permai dan mulia, dan hasil bumi akan menjadi kebanggaan serta kehormatan bagi orang-orang Israel yang selamat. Dan semua orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus. Mereka itu ialah setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup, apabila Tuhan telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar. Maka Tuhan akan menjadikan di atas seluruh wilayah Gunung Sion dan di atas semua pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam. Sebab di atas semuanya itu akan nampak kemuliaan Tuhan sebagai tudung dan pondok tempat bernaung terhadap panas terik pada waktu siang dan sebagai perlindungan serta persembunyian terhadap angin ribut serta hujan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 844
Ref. 'Ku menuju ke altar Allah dengan sukacita.
Ayat. (Mzm 122:1-2.3-4a. (4b-5.6-7). 8-9)
1. Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan.” Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
2. Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat, kepadamu suku-suku berziarah yakni suku-suku Tuhan.
3. Untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel. Sebab di Yerusalemlah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.
4. Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: “Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat kesentosaan. Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan kesentosaan di dalam purimu!”
5. Oleh karena saudara-saudara dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: Semoga kesejahteraan ada di dalammu!” Oleh karena rumah Tuhan, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu.
    
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Mzm 80:8)
Ya Allah, pulihkanlah kami buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.          
    
Inilah Injil Suci menurut Matius (8:5-11)
   
"Banyak orang akan datang dari timur dan barat masuk Kerajaan Surga."
    
Pada waktu itu Yesus masuk ke kota Kapernaum. Maka datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan mohon kepada-Nya, “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh, dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya, “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi perwira itu menjawab, “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku. Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu, ‘Pergi!’ maka ia pergi; dan kepada seorang lagi, ‘Datang!’ maka ia datang; ataupun kepada hambaku, ‘Kerjakanlah ini!’ maka ia mengerjakannya.” Mendengar hal itu heranlah Yesus. Maka Ia berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Kujumpai pada seorang pun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu, banyak orang akan datang dari timur dan barat, dan duduk makan bersama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Surga.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 

Renungan
       
 Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, saat kita memasuki masa Adven ini, masa persiapan untuk Natal, melalui sabda Kitab Suci yang kita baca hari ini, kita semua diingatkan bahwa akan ada saatnya Tuhan datang lagi dalam kemuliaan-Nya, untuk mengumpulkan kita semua, umat-Nya yang terkasih dan semua umat-Nya yang setia, agar kita semua dapat menemukan ketenangan dan kebahagiaan sejati di dalam Dia. Dan kita juga diingatkan bahwa kita harus memiliki iman kepada Tuhan dan pemeliharaan-Nya, dan bahwa di dalam Dia kita akan memiliki harapan yang pasti akan hidup yang kekal dan keselamatan, dan kita harus percaya kepada-Nya dengan sepenuh hati dan tulus, mengabdikan diri, waktu, usaha dan perhatian untuk melayani Dia di setiap saat dalam hidup kita. Terutama juga selama masa Adven ini, kita semua dipanggil untuk menemukan kembali hubungan kita dan memperkuat hubungan kita dengan Tuhan, yang datang merayakan Natal yang akan datang ini.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita mendengar dari Kitab nabi Yesaya tentang janji-janji yang Tuhan bawa kepada umat-Nya tentang datangnya waktu kemuliaan, sukacita dan pembebasan bagi mereka semua, karena Dia akan melepaskan mereka dari musuh mereka. Tuhan tidak pernah melupakan semuanya dan selalu menaruhnya dalam pikiran-Nya. Tuhan mewartakan kedatangan masa depan kekuasaan-Nya yang kekal dan benar atas semua, ketika Dia akan memerintah atas semua orang dan bangsa-bangsa di dunia, dan di mana kejahatan lama, kejahatan dan kekotoran dunia ini akan disapu dan diganti. dengan kebenaran dan keadilan Allah. Mereka semua akan hidup di hadirat Tuhan, menikmati kepenuhan kasih dan anugerah-Nya, dan mereka tidak akan menderita atau membutuhkan lagi, karena mereka akan menemukan kesempurnaan dengan dan melalui Tuhan.

Dan itulah yang kita nantikan saat kita melakukan perjalanan melalui masa Adven ini, dalam mempersiapkan diri kita untuk perayaan Natal yang penuh sukacita dan agung yang akan segera datang. Kita semua tahu bahwa Adven adalah waktu untuk persiapan bagi kita agar kita dapat merayakan Natal dengan layak, tetapi berapa banyak dari kita yang benar-benar tahu apa yang sebenarnya kita rayakan di Natal dan signifikansinya bagi kita? Natal menandai hari kelahiran Tuhan dan Juruselamat kita, Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus, yang telah tinggal di dalam rahim ibu-Nya selama sembilan bulan, dan kemudian menampakkan diri kepada kita dalam daging, sebagaimana Dia dilahirkan ke dunia ini, bahwa Juru Selamat dunia ini akhirnya muncul dan menjadi nyata dan dapat didekati oleh kita semua. Di dalam Kristus ada kulminasi dan penyempurnaan dari semua yang telah diwartakan dan diyakinkan oleh Allah kepada umat-Nya, semua janji keselamatan dan kasih karunia.

Dalam perikop Injil kita hari ini, kita mendengar cerita yang tampaknya berbeda, yaitu tentang seorang kapten tentara atau perwira yang pelayannya yang tercinta sakit parah sampai mati. Perwira tentara ini, yang menurut kebiasaan pada waktu itu pasti bukan seorang Yahudi, dan kemungkinan besar adalah seorang Romawi, seorang penyembah berhala dan orang luar menurut standar orang-orang yang tinggal di tanah Yudea dan Galilea saat itu, datang kepada Tuhan dengan iman yang besar, yang dipuji oleh Tuhan sendiri di hadapan semua orang. Untuk perwira tentara ini, meskipun seorang berpangkat tinggi dan oleh karena itu diharapkan untuk meminta bantuan dari Tuhan, malah merendahkan dirinya di hadapan semua orang yang mungkin telah menyaksikan pertemuan antara dia dan Tuhan, dan dia memiliki begitu banyak iman kepada Tuhan sehingga dia pergi sendiri kepada-Nya, meminta bantuan-Nya secara pribadi demi hamba-Nya.

Secara khusus, kita mungkin juga memperhatikan bahwa kapten tentara juga berkata kepada Tuhan bahwa Dia tidak boleh datang ke rumahnya ketika Tuhan sedang bergerak ke sana, karena dia tidak layak untuk membiarkan Dia masuk di bawah atapnya. Ini adalah ungkapan yang sama yang disebutkan setiap kali imam dalam Misa Kudus mengangkat Ekaristi Mahakudus, Tubuh dan Darah Paling Berharga Tuhan kita di hadapan kita setelah Agnus Dei atau Anak Domba Allah, dengan mengatakan, 'Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia, berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba', dan kita menanggapi dengan kata-kata yang sama persis seperti yang diucapkan perwira tentara itu. Ini adalah pengakuan iman kita dan juga kerendahan hati kita, menyadari betapa tidak layaknya kita sebenarnya bagi Tuhan untuk datang ke tengah-tengah kita, namun itulah yang telah Dia lakukan demi kita.

Saat itu, apa yang dilakukan perwira tentara juga sangat cerdik dan benar, karena dianggap tabu dan salah bagi seorang Yahudi untuk memasuki rumah seorang pagan. Menurut ketaatan yang ketat terhadap Hukum oleh orang-orang Farisi dan para tua-tua, itu akan membuat Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya najis hanya dengan masuk ke rumah perwira tentara. Oleh karena itu, perwira tentara mungkin ingin mencegah keadaan yang tidak menguntungkan itu, yang akan menimbulkan lebih banyak alasan bagi musuh-musuh Tuhan untuk menyerang dan menganiaya Dia lebih jauh lagi. Namun demikian, yang penting adalah bahwa perwira tentara itu memiliki iman yang begitu besar kepada Tuhan sehingga pada dasarnya dia tidak harus menyaksikan Tuhan benar-benar melakukan mukjizat-Nya di depan matanya sendiri agar dia percaya kepada-Nya.

Bandingkan ini dengan sikap orang-orang Farisi, ahli Taurat dan semua tua-tua yang terus meragukan dan mempertanyakan Tuhan, menolak untuk percaya kepada-Nya dan kebenaran-Nya, dan bahkan menuduh-Nya menghujat dan bersekongkol dengan setan-setan ketika mereka sendiri telah melakukannya melihat banyak mukjizat dan keajaiban yang dilakukan di depan mata mereka sendiri, dan mendengar semua kebijaksanaan dan hal-hal baik yang telah Tuhan katakan di hadapan mereka, dan yang telah menggenapi nubuat dan ramalan yang dibuat oleh para nabi, sebuah fakta yang pasti mereka semua kenal. Lalu apa alasan kontradiksi? Itu karena bagi semua orang itu, mereka tidak memiliki iman kepada mereka, dan dalam kesombongan, ego dan pembenaran diri mereka, mereka telah menutup pintu hati dan pikiran mereka terhadap Tuhan.

Oleh karena itu, hari ini saat kita melanjutkan perjalanan kita melalui masa Adven yang diberkati ini, marilah kita semua merenungkan sikap kita dalam hidup, dalam cara hidup kita dan bagaimana kita masing-masing menanggapi panggilan Tuhan dalam hidup kita. Khususnya dalam persiapan Natal kita, sudahkah kita menyadari dan memahami arti dan pentingnya Natal yang sebenarnya bagi kita? Atau apakah kita telah membiarkan komersialisasi dan sekularisasi Natal yang ekstrim mempengaruhi dan mempengaruhi kita? Tidaklah salah jika kita merayakan Natal dengan cara yang biasa kita lakukan, tetapi kita tidak boleh membiarkan hal itu mengalihkan kita dari menghargai dan merayakan makna dan pentingnya Natal yang sebenarnya. Kita harus melakukan yang terbaik untuk merayakan Natal dengan semangat dan pemahaman yang benar tentang apa yang kita rayakan, dan kita harus mempertahankan fokus kita pada terang kebenaran dan keselamatan yang telah dibawa Kristus ke tengah-tengah kita.

Semoga Tuhan, Allah dan Juruselamat kita, yang lahir ke dunia ini dan menjelma dalam daging, dinyatakan kepada kita dan melalui Dia kita telah dijadikan bagian dalam kasih dan warisan Allah yang paling murah hati, terus membimbing kita dalam perjalanan iman kita sepanjang hidup, dan semoga Dia menguatkan kita masing-masing dalam tekad kita sehingga kita dapat selalu siap untuk mengikuti-Nya dan berjalan di jalan-Nya setiap saat. Semoga Tuhan memberkati kita dan setiap niat dan usaha kita yang baik, semuanya untuk kemuliaan nama-Nya yang lebih besar, dan semoga Dia membantu kita mempersiapkan diri dengan baik sehingga kita benar-benar dapat menyambut masa Natal dengan layak dengan iman dan sukacita sejati, di dalam Kristus, Dia yang di dalamnya kita benar-benar harus merayakan dan bersukacita. Amin.
 
 
YUK, Follow/ikuti kami di facebook https://www.facebook.com/renunganpagi.id untuk diketahui konten di facebook, web renunganpagi.id, lumenchristi.id =/= tidak selalu sama. Terlebih untuk lumenchristi.id. Ada beberapa konten spesial di FB kami. Demikian pula di instagram @veritatis.splendor.id  =/= dengan kanal yang lain.

⚠️Kami tidak hadir di whatsapp/telegram/line/tiktok/sosmed lain selain yang disebutkan disini⚠️

Sosial media resmi: 
Twitter: Katolik_Roma 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 



 
Antifon Komuni (Mzm 106:4-5; Yes 38:3)
 
Datanglah, ya Tuhan, kunjungilah kami dengan damai, agar kami sebulat hati bersukacita di hadapan-Mu.  
 
 
RENUNGAN PAGI

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy