| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Berusaha hidup kudus dalam Tuhan

© José Luiz Bernardes Ribeiro / CC BY-SA 4.0

 Pesta Semua Orang Kudus hendaknya mengilhami dalam diri kita hasrat membara untuk menjadi kudus. Manusia mendambakan banyak hal di dunia ini, seringkali hal-hal yang sia-sia bahkan berdosa. Mereka menginginkan kekayaan, kesenangan, kehormatan, kesuksesan dan kenyamanan materi. Hal-hal tersebut boleh saja halal, namun tidak dapat memuaskan hati manusia yang diciptakan untuk Tuhan. Setiap kali kita mencapai ambisi kita di dunia ini, apakah kita benar-benar bahagia atau bahkan puas? Kenyataannya adalah kita tidak demikian, karena jiwa lebih besar daripada benda-benda di sekitar kita. Hanya Tuhan yang mampu mengisi dan memuaskannya.

Kekudusan harus menjadi hasrat utama kita. Kita hendaknya rindu untuk semakin bersatu dengan Tuhan sehingga Keilahian-Nya dapat tercermin dalam pikiran dan tindakan kita. Jika kita menikmati persahabatan dengan Tuhan, kita akan menjadi lebih serupa dengan Tuhan dan akan terangkat dari pertimbangan-pertimbangan duniawi yang remeh. Mungkin kita meragukan kemampuan kita untuk mencapai tingkat spiritual setinggi itu? Meski begitu, kita tetap harus berkeinginan untuk mencapainya, dan tidak hanya dengan cara yang sepintas lalu dan acuh tak acuh, namun terus-menerus dan aktif. Kita harus menjaga keinginan kita tetap hidup dengan mengulanginya pada diri kita sendiri dan terus berdoa memohon rahmat Tuhan untuk mewujudkannya. “Aku berniat menjadi suci,” kata Dominico Savio kecil, dan dia menepati janjinya kepada Tuhan. Banyak orang telah membentuk resolusi yang sama, baik para pertapa gurun maupun profesor Universitas, baik pekerja rendahan maupun penguasa suatu bangsa. Karena kita seharusnya memiliki niat yang sama, apa yang menghalangi kita? Mari kita membuat resolusi ini sekarang dan menerapkannya dengan bantuan Tuhan.

Tuhan menyampaikan perintah yang sama kepada kita semua. “Haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus.” (Imamat 11:44; Petrus 1:16) “Kamu harus menjadi sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga juga sempurna.” (Mat. 5:48)

Kita semua berkewajiban untuk berusaha menjadi kudus, bekerja keras untuk mencapai tujuan ini, dan memohon rahmat untuk menopang upaya kita. Kita tidak boleh mengatakan bahwa kekudusan itu mustahil bagi kita, karena segala sesuatu mungkin terjadi dengan pertolongan Tuhan. Mari kita bayangkan bahwa kita berada di Surga dan dapat menyaksikan paduan suara Terberkati yang tak terhitung jumlahnya menikmati kebahagiaan yang tak terbatas dan tak berkesudahan dalam kebersamaan dengan Tuhan. Meskipun demikian, mereka dulunya adalah orang-orang seperti kita, dengan hasrat, kegagalan, dan godaan yang sama. Mereka bertempur dengan gagah berani, didukung oleh kasih karunia Tuhan; mereka menaklukkan dan dianugerahi telapak tangan kemenangan. Kini mereka menikmati kebahagiaan abadi. Marilah kita mengingat kata-kata St. Agustinus: “Jika orang lain, mengapa saya tidak?” Jika mereka berhasil menjadi suci, mengapa saya tidak bisa melakukan hal yang sama?

Di masa kini, ketika Gereja sangat ingin memupuk devosi kepada para Kudus, marilah kita sungguh-sungguh memohon perlindungan mereka. Mereka adalah saudara-saudara kita dan mereka dengan penuh kasih mengulurkan tangan untuk membantu kita, karena mereka ingin kita ikut ambil bagian dalam kemuliaan mereka.

Sebagaimana kita ketahui, Gereja ada tiga. Ada Gereja yang militan, di mana kita adalah anggotanya; ada Gereja yang menderita, yang terdiri dari jiwa-jiwa di Api Penyucian; dan ada Gereja yang jaya, yang terdiri dari yang Terberkati di Surga. Ikatan kasih menyatukan ketiga divisi tersebut. Kita yang masih di bumi mempunyai saudara-saudari dalam kemuliaan kekal yang mengasihi kita dan menjadi perantara bagi kita. Marilah kita berdoa kepada mereka dengan sungguh-sungguh dan terus-menerus. Yang terpenting, marilah kita berusaha meniru kesucian yang telah membuat mereka begitu mulia.—
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy