| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Orang Kudus hari ini: 23 November 2023 St. Klemens I, Paus dan Martir; dan St. Kolumbanus

 
 
 Hari ini, Gereja memperingati Paus St. Klemens I dan St. Kolumbanus, keduanya adalah abdi Allah yang agung, yang mengabdikan diri mereka pada kehidupan yang penuh dedikasi kepada Allah, berkomitmen untuk melakukan kehendak Allah dan menaati-Nya di tengah banyak tantangan., gangguan dan pertentangan di dunia ini. Paus St Klemens I adalah salah satu penerus awal Santo Petrus sebagai Paus dan Wakil Kristus, sebagai pemimpin umat Allah yang setia, dalam upaya dan karyanya, memimpin umat Allah melalui masa-masa sulit dan penuh gejolak, di tengah penganiayaan dan tantangan yang mereka hadapi saat itu. Dia banyak menulis kepada berbagai bagian dan komunitas Gereja, beberapa di antaranya surat dan kutipannya bertahan hingga hari ini dalam berbagai bentuk. Dia mengabdikan dirinya kepada kawanan yang dipercayakan Tuhan kepadanya, dan meninggal sebagai martir di tengah pelayanannya, dalam mewartakan Injil Tuhan dan tetap teguh dan setia kepada-Nya.

Sementara itu, St. Kolumbanus adalah seorang kepala biara dan misionaris yang dikenang karena dedikasinya yang besar terhadap karya dan pelayanannya, dan atas pendirian banyak biara di beberapa wilayah Kristen. Ia menemui beberapa kesulitan dari tokoh-tokoh lokal bahkan beberapa hierarki dan anggota Gereja lokal di tengah karyanya, namun hal ini tidak membuat St. Kolumbanus menyerah pada karya dan usahanya. Sebaliknya, hal itu membuatnya semakin berkomitmen pada pekerjaan dan upayanya, sambil terus melakukan yang terbaik dalam memuliakan Tuhan melalui hidupnya setiap saat. Dia terus bekerja untuk umat Tuhan, dan banyak yang terinspirasi untuk mengikuti teladannya dan bergabung dengan biara-biara yang dia dirikan selama pelayanannya.

Saudara-saudara seiman dalam Kristus, biarlah teladan dan inspirasi baik dari Paus St. Klemens I dan St. Kolumbanus menjadi sumber kekuatan dan inspirasi bagi kita masing-masing sehingga dalam segala hal yang kita katakan dan lakukan, dalam segala hal dalam hidup kita, kita mungkin selalu bercita-cita untuk berkomitmen sepenuhnya kepada Tuhan, terlepas dari tantangan dan cobaan apa pun yang mungkin harus kita hadapi dalam hidup. Semoga Tuhan terus membimbing dan memberkati kita dalam kehidupan iman kita, dan memberkati banyak perbuatan baik dan upaya kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy