| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu, 18 November 2023 Peringatan Pemberkatan Basilika St. Petrus dan Basilika St. Paulus

 

Public Domain
 
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja merayakan Peringatan Pemberkatan tidak hanya satu tetapi dua Basilika Utama Kepausan yang besar di Roma, yaitu Basilika Santo Petrus dan Basilika Santo Paulus di luar tembok Vatikan. Kedua Basilika ini adalah dua dari empat Basilika Utama Kepausan, yang berada tepat dibawah Basilika terpenting dan Bunda semua Gereja, yaitu Basilika Agung St. Yohanes Lateran, atau Basilika Lateran, yang Dedikasinya baru saja kita rayakan awal pekan lalu. Meskipun Basilika Lateran pertama-tama didedikasikan kepada Tuhan Sendiri, Juruselamat Yang Mahakudus, kedua Basilika agung ini didedikasikan setelah dua pelindung besar Gereja khususnya di Roma, yaitu Santo Petrus Rasul, dan St. Paulus.

Oleh karena itu, pada hari ini, adalah tepat bagi kita untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang dua Rasul yang dengannya kedua Basilika agung itu, Rumah Tuhan dinamai. Santo Petrus dan Santo Paulus keduanya adalah Santo pelindung Roma dan karenanya Gereja Katolik, dan peran mereka dalam pendirian Gereja di Roma, jantung Kekaisaran Romawi saat itu dan kemudian sebagai jantung seluruh kekristenan benar-benar penting, karena merekalah yang meletakkan dasar-dasar Gereja yang kokoh di sana, melalui kerja keras dan  dan dengan menumpahkan darah mereka sendiri dan kemartiran yang mereka tanggung demi Tuhan dan untuk umat-Nya. Kita menghormati dua abdi Allah yang agung ini, panutan penting kita, saat kita mengingat dan memperingati ulang tahun Penahbisan dua Basilika yang dinamai dan didedikasikan untuk menghormati mereka. Basilika-basilika tersebut sebagaimana disebutkan, selanjutnya dihormati hanya setelah Katedral Kepausan, Basilika Agung St. Yohanes Lateran, yang pemberkatannya kita peringati seminggu yang lalu. 

Hari ini, saat kita mengingat memori pemberkatan Basilika Kepausan St. Petrus di Vatikan dan Basilika Kepausan St. Paulus, kita diingatkan bahwa kita masing-masing juga adalah bagian dan anggota Gereja yang hidup. Tuhan, sebagai batu-batu hidup yang membentuk satu Tubuh dari semua umat beriman kristiani ini. Karena kedua Basilika itu ditahbiskan dan dipersembahkan kepada Tuhan, dikuduskan, disucikan dan diberkati, sebagai tempat yang layak untuk penyembahan kepada Tuhan, oleh karena itu kita masing-masing harus berusaha untuk menjadi layak dan suci juga bagi Tuhan, sama seperti para Rasul dan murid-murid Allah lainnya, khususnya St. Petrus dan St. Paulus. Dan mengapa demikian? Itu karena kita semua, menurut St. Paulus, tidak kurang dari Bait Suci Allah sendiri, tempat kediaman-Nya sendiri, sebagaimana Dia telah datang kepada kita dalam Tubuh dan Darah-Nya yang Nyata dan Berharga dalam Ekaristi, dan Roh Kudus-Nya telah tinggal di dalam kita juga. 
 
Saudara-saudari dalam Kristus, marilah kita semua merenungkan dan mengingat kehidupan dan karya Rasul Agung Santo Petrus dan Santo Paulus, dan sembari kita bersukacita dalam kenangan akan Dedikasi Basilika Agung yang didedikasikan untuk nama dan kenangan mereka di Roma, marilah kita semua juga menyerahkan diri kita kembali kepada Tuhan dalam iman. Marilah kita semua berusaha untuk menjadi baik, suci dan layak dalam segala perkataan dan perbuatan kita, sehingga kita benar-benar layak di hadapan Tuhan, yang diam di dalam kita dan di tengah-tengah kita. Semoga Tuhan terus membantu dan menguatkan kita, serta menguatkan kita dengan kekuatan dan kemauan untuk menjalani hidup kita secara layak sebagai umat Kristiani, setiap saat. Semoga Dia memberkati kita semua dan mendorong setiap usaha dan perbuatan baik kita, demi kemuliaan-Nya yang lebih besar. Amin.

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy