| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Orang Kudus hari ini: 24 November 2023 St. Andreas Dung-Lac, dkk, Imam dan Martir

  
Nheyob / CC BY-NC 2.0

Saudara-saudari terkasih yang dicintai oleh Tuhan, hari ini, Gereja memperingati St. Andreas Dung-Lac dan banyak rekan-rekannya dalam kemartiran, para Martir Suci Vietnam, yang terdiri dari para misionaris Kristen yang datang ke Vietnam untuk mewartakan Kabar Baik Tuhan dan para petobat dan komunitas Kristen setempat. Melalui upaya misionaris dari berbagai komunitas agama, dimulai pada abad keenam belas dan berlanjut hingga tahun 1866, masyarakat Vietnam mendengar pesan Injil dan mungkin memeluk Iman meskipun ada penganiayaan berat dan kematian. Seperti di masa-masa awal Gereja, orang Vietnam saat itu pemerintah dan pihak berwenang menganiaya orang-orang Kristen dan Gereja karena mereka sangat curiga terhadap mereka karena para misionaris datang dari negara asing yang mungkin terlihat saat itu mencoba menabur perbedaan pendapat dan bertindak sebagai agen kekuatan asing yang saat itu mulai ikut campur dalam pembentukan politik dan sosial Vietnam dan tetangganya.



Untuk itu, pihak berwenang menganiaya orang-orang Kristen di seluruh Vietnam, seperti orang-orang seperti St. Andreas Dung-Lac, yang merupakan salah satu orang Vietnam lokal pertama yang ditahbiskan menjadi imam, serta para misionaris asing, para pemimpin Gereja lainnya dan banyak lagi. populasi Kristen umum, dikumpulkan, ditangkap dan akhirnya dihukum mati. Namun, terlepas dari tantangan besar yang harus mereka tanggung, sebagian besar dari umat Kristen itu tetap teguh dalam iman mereka dan memilih untuk menderita dan mati daripada mengkhianati Tuhan. Pada tahun 1988, 117 orang yang menjadi martir pada abad kedelapan belas dikanonisasi. Di antara mereka yang dihormati adalah para uskup, imam Eropa dan Vietnam, serta umat awam dari berbagai lapisan masyarakat. Termasuk dalam kelompok ini adalah imam Vietnam, Andreas Dung-Lac, yang merupakan salah satu dari kelompok martir yang dibunuh pada tahun 1839.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua karena itu mencari Tuhan dengan semangat dan keyakinan yang diperbarui, dengan kekuatan, keberanian dan semangat untuk mendedikasikan diri kita, setiap tindakan dan perbuatan kita, setiap energi kita demi Tuhan, untuk Gereja-Nya dan untuk umat-Nya. Semoga Tuhan terus membimbing kita semua melalui perjalanan iman ini, dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk semakin kuat dalam iman dan untuk semakin dekat dengan rahmat dan kasih-Nya, seperti St. Andreas Dung-Lac dan para sahabatnya di kemartiran, para Martir Suci Vietnam, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy