| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 11 November 2023 St. Martinus dari Tours

Abmg | CC BY-SA 3.0
 
 Hari ini, Gereja memperingati St Martinus dari Tours adalah seorang prajurit yang menjadi abdi Tuhan, yang terkenal karena komitmen dan imannya kepada Tuhan, bahkan sebelum dia memberikan segalanya kepada Tuhan. St Martinus dari Tours pernah menjadi prajurit di tentara Romawi pada masa akhir Kekaisaran Romawi, dan diceritakan bahwa ia dipanggil oleh Tuhan selama menjadi prajurit, dan salah satu pengalaman unik itu adalah ketika ia bertemu dengan Tuhan. Dia menyamar sebagai orang tua di tengah badai salju.

Pada saat itu, menurut cerita, St. Martinus dari Tours sedang bepergian dengan menunggang kuda dengan mengenakan baju besi perwiranya, dan dia bertemu dengan seorang lelaki tua di tengah badai salju atau cuaca dingin, yang telanjang dan tidak memiliki apa pun untuk melindunginya dari badai dingin. Di sanalah St. Martinus dari Tours memotong separuh jubahnya dengan pedangnya sendiri, dan kemudian menggunakan separuh jubah itu untuk menutupi tubuh lelaki tua itu. Kemudian, saat dia sedang tidur, St. Martinus dari Tours mendapat penglihatan tentang Tuhan yang menampakkan diri kepadanya, dan mengungkapkan kepadanya bahwa orang tua itu adalah Tuhan sendiri yang menyamar. Melalui pengalaman ini dan pengalaman lainnya, St. Martinus dari Tours akhirnya meninggalkan kehidupannya sebagai seorang perwira tentara, dan setelah itu, ia mengabdikan dirinya kepada Tuhan, mengikuti ajaran dan teladan dari St. Hilarius dari Poitiers.

Akhirnya, ia menjadi seorang pertapa dan pengkhotbah, mengabdikan dirinya untuk memberitakan firman Tuhan dan menginjili orang-orang, yang mana banyak orang menjadi yakin dan menjadi percaya kepada Kristus. Kemudian, ia dipilih secara aklamasi oleh masyarakat untuk menjadi Uskup Tours, dalam kapasitasnya, St. Martinus terus melakukan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan kawanan yang dipercayakan kepadanya. Dia memperhatikan kebutuhan spiritual mereka dan melayani mereka dengan baik, serta membangun administrasi yang baik dan pekerjaan misionaris di Keuskupannya, sekaligus melindungi umatnya dari dampak berbagai ajaran sesat dan kepalsuan yang merajalela pada saat itu. Hingga akhir hayatnya, St. Martinus dari Tours mengabdikan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan dan kepada orang-orang yang telah dipercayakan kepada-Nya, sungguh teladan yang luar biasa bagi kita.

Semoga Tuhan terus menguatkan iman kita dan memberi kita ketabahan dan kekuatan untuk menanggung berbagai tantangan dan cobaan yang ada di sekitar kita, sehingga semoga kita terus hidup benar dan layak di jalan yang Tuhan tunjukkan dan ajarkan kepada kita. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy