| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Langkah lebih lanjut menuju kesempurnaan


 Setiap hari dalam hidup kita harus menjadi langkah lebih lanjut menuju kesempurnaan. Kekudusan harus menjadi tujuan hidup kita. Jika kita menetapkan target khayalan apa pun yang ingin kita bidik, kita melakukan kesalahan serius dan pada akhirnya akan mempunyai alasan untuk menghargai kebenaran peringatan nabi: “Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit” (Hag 1:6) Selain itu, Yesus Kristus telah memberi kita perintah ini, ”Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” (Mat. 5:48)

Cita-citanya tinggi tentu dan mustahil bagi sumber daya manusia, namun Yesus meyakinkan kita bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. (Bdk. Luk 18:27) Kita tidak dapat melakukan apa pun tanpa pertolongan Tuhan, namun dengan kasih karunia-Nya kita dapat melakukan segalanya. “Segala perkara dapat kulakukan di dalam Dia yang menguatkan aku.” (Flp. 4:13)

Tentu saja, kita tidak bisa berharap untuk mencapai semuanya dalam satu hari. Kita harus berkeinginan untuk mencapai tingkat kesempurnaan tertinggi dan tidak boleh berkecil hati dengan banyaknya kesulitan yang pasti akan kita temui dalam perjalanan. Namun, mengharapkan kesempurnaan dalam sekejap adalah hal yang lancang.

Jalan menuju kekudusan itu panjang dan sulit. Penting untuk menempuh jalan ini dengan tegas dan penuh keyakinan kepada Tuhan. Kita harus maju dengan antusias, tidak bergantung pada sumber daya kita yang terbatas, namun pada anugerah Ilahi.

Ini adalah persoalan hidup dan mati, dan di sini kita berbicara tentang kehidupan kekal. Jika kita berhenti maju dan jatuh ke dalam kelambanan, Tuhan akan meninggalkan kita sendirian dan kita akan tersesat. Seseorang yang tidak mengalami kemajuan dalam kehidupan rohani cepat atau lambat akan kehilangan pijakannya, karena dia tidak menaati perintah Yesus Kristus.

Ada dua cara di mana kita harus membuat kemajuan yang konstan setiap hari. Yang pertama adalah penghapusan cacat dan ketidaksempurnaan kita. Seperti yang ditegaskan dalam “Mengikuti Jejak Kristus”, kita akan segera menjadi kudus jika kita ingin menaklukkan setidaknya satu dosa setiap tahunnya. Pada tahap ini adalah saat yang tepat untuk bertanya pada diri sendiri berapa tahun yang telah kita habiskan di bumi. Selama tahun-tahun ini, berapa banyak kekurangan pribadi yang dapat kita klaim telah diperbaiki? Mungkin ada saatnya kita lebih baik dari sekarang. Jika kita telah menyia-nyiakan waktu dan menyalahgunakan karunia dan nikmat Pencipta kita, kita harus merendahkan diri dan melakukan penebusan dosa di hadapan Tuhan.

Yang terakhir, kita harus bertekad melakukan yang terbaik untuk memperbaiki setidaknya satu cacat setiap hari. Pertama-tama kita harus memilih ketidaksempurnaan apa pun yang kita tahu paling berbahaya. Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit dan bahkan heroik, tetapi ini sangat diperlukan. Kita harus menggarap karakter kita sendiri seperti pematung yang mengerjakan balok marmer, memalu, memotong, dan memahat dengan sabar dan tekun. Dengan pertolongan Tuhan kita akan berhasil. Sama seperti para Orang Kudus yang berhasil, kita juga akan berhasil jika kita bergantung pada rahmat Tuhan dan melakukan pengorbanan yang diperlukan.

Cara kedua untuk mencapai kemajuan spiritual setiap hari adalah dengan menghiasi jiwa kita dengan kebajikan. Ketika kita telah membersihkan jiwa kita dari bekas luka dosa, masih ada tugas positif untuk menghiasi jiwa kita dengan kebajikan Kristiani. Kita harus mulai dengan memperoleh kebajikan kerendahan hati, yang merupakan landasan seluruh kehidupan spiritual. Seseorang tidak akan pernah bisa terlalu rendah hati. Sulit untuk menjadi rendah hati dan ini melibatkan penolakan dan pengorbanan seumur hidup.

Namun begitu kita memperoleh kebajikan ini, sinar matahari dan embun rahmat ilahi menyebabkan orang lain bermunculan di sampingnya. Maka akan lebih mudah untuk maju hari demi hari mendekati kesempurnaan. —
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy