| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 22 November 2023 St. Sesilia, Perawan dan Martir

Saint Sesilia di jendela gereja St Mary The Virgin di Little Wymondley di Hertfordshire.

 
Hari ini, Gereja memperingati St. Sesilia, yang iman dan pengabdiannya kepada Tuhan, dan dedikasinya kepada-Nya, hingga menderita dan menanggung kesengsaraan yang berat demi Dia, harus menjadi inspirasi besar bagi umat Kristiani untuk diikuti. St Sesilia terkenal sebagai santa pelindung para musisi, namun ia juga seorang martir iman yang hebat, karena ia harus menanggung penderitaan yang besar demi Tuhan, dalam ketaatannya kepada-Nya dan dalam ketabahannya dalam menolak untuk meninggalkan imannya kepada-Nya. Dia dilahirkan dalam bangsawan Romawi dan meskipun dia bersumpah akan keperawanan di hadapan Tuhan, sebagai seorang Kristen, dia dipaksa oleh keluarganya untuk menikah dengan seorang bangsawan kafir bernama Valerian. St Sesilia menurut tradisi, memperingatkan Valerian bahwa Malaikat Tuhan mengawasinya dan jika dia mencoba melanggar keperawanan sucinya, dia akan dipukul.

Oleh karena itu, dengan cara itulah St. Sesilia berhasil meyakinkan suaminya untuk menjadi seorang Kristen, seperti ketika dia meminta untuk melihat Malaikat yang disebutkan oleh St. Sesilia, dia memang melihat Malaikat Tuhan setelah dia dibaptis oleh Paus pada saat itu. waktu, Paus St. Urbanus I. Pada saat itu, umat Kristiani di Roma dan di tempat lain di seluruh Kekaisaran Romawi dianiaya karena iman mereka, dan hal ini akhirnya menyebabkan kemartiran St. Sesilia dan suaminya, bersama dengan umat Kristiani lainnya yang telah menjadi martir, ditangkap dan dibuat menderita dan mati, ketika mereka menolak untuk mengkhianati Tuhan dan meninggalkan iman mereka kepada-Nya, sama seperti tujuh bersaudara yang disebutkan dalam bacaan pertama kita hari ini. St Sesilia adalah salah satu martir besar Gereja, yang keberanian dan dedikasinya kepada Tuhan, dan komitmennya terhadap kebajikan dan kekudusan, serta kemurnian keperawanannya yang suci, menginspirasi banyak umat Kristiani sepanjang sejarah, hingga hari ini.

Saudara dan saudari dalam Kristus, setelah mendengar semua teladan keberanian dan kesetiaan para pendahulu kita yang kudus, marilah kita semua sebagai orang Kristen yang hidup di dunia saat ini dipenuhi dengan iman dan komitmen kepada Tuhan, diilhami dan dikuatkan oleh kebajikan dan keberanian dari mereka yang telah mendahului kita. Janganlah kita mudah terombang-ambing atau terancam meninggalkan iman kita, dan marilah kita menyerahkan diri kita kembali kepada Tuhan. Semoga Tuhan, Tuhan dan Guru kita yang pengasih, terus membimbing dan menguatkan kita dalam perjalanan iman kita, dalam pencarian kita akan keselamatan dan kebenaran-Nya, sekarang dan selamanya. Semoga Dia mengilhami kita semua untuk menjadi teladan dan inspirasi bagi diri kita sendiri, dalam bagaimana kita menjalani hidup dengan iman dan kasih yang besar. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy