| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 18 Maret 2023 St. Sirilus dari Yerusalem, Uskup dan Pengaku Iman

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja Katolik memperingati St Sirilus dari Yerusalem yang menjadi seorang imam pada tahun 345 dan kemudian menjadi uskup Yerusalem pada abad ke-4. Ia dikenang karena dedikasinya kepada Tuhan dan kawanannya, serta atas upaya dan pekerjaannya yang berani dalam mempertahankan iman yang benar dan ortodoks melawan mereka yang mendukung ajaran palsu dan sesat, terutama yang dari ajaran sesat Arian. Saat itu, banyak di antara bidat menikmati perlindungan istana Kekaisaran dan dukungan dari anggota komunitas yang kuat, dan diombang-ambingkan oleh keserakahan dan kemuliaan duniawi, bidat itu terus bekerja dalam memecah belah Gereja dan membawa kejatuhan banyak orang ke dalam jalan yang salah. St. Sirilus dari Yerusalem dalam tiga kesempatan, diusir dari kursi uskupnya oleh kaum Arian yang memperdebatkan keilahian penuh Kristus. Dia hidup selama tujuh belas tahun di pengasingan. Pada tahun 378, dia akhirnya kembali secara definitif ke Yerusalem yang tercabik-cabik oleh perpecahan. Dia tanpa lelah akan berkhotbah. 
 
 
 
Public Domain

 

Sabtu, 18 Maret 2023 Hari Biasa Pekan III Prapaskah

 

Sabtu, 18 Maret 2023
Hari Biasa Pekan III Prapaskah

“Bagilah makananmu dengan orang yang lapar dan lakukan itu dengan gembira dan sukacita” (St. Gregorius dari Nazianze)
   

Antifon Pembuka (Mzm 103:2-3)

Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Dan jangan lupakan segala kebaikan-Nya. Karena Ia mengampuni segala kesalahan-Mu.

Bless the Lord, O my soul, and never forget all his benefits; it is he who forgives all your sins.


Doa Pagi


Allah Bapa sumber belaskasih, dengan gembira kami rayakan masa tobat tahunan ini. Kami mempersiapkan diri untuk mengenangkan wafat dan kebangkitan Kristus. Semoga misteri Paskah itu sungguh berpengaruh di dalam hidup kami. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
     
Bacaan dari Kitab Hosea (6:1-6)
  
 
"Aku menyukai kasih setia, dan bukan kurban sembelihan."
    
Umat Allah berkata, “Mari, kita akan berbalik kepada Tuhan, sebab Dialah yang telah menerkam tetapi lalu menyembuhkan kita, yang telah memukul dan membalut kita. Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya. Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan. Ia pasti muncul seperti fajar. Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.” Dan Tuhan berfirman, “Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Efraim? Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Yehuda? Kasih setiamu seperti kabut pagi, dan seperti embun yang hilang pagi-pagi benar. Sebab itu Aku telah meremukkan mereka dengan perantaraan nabi-nabi. Aku telah membunuh mereka dengan perkataan mulut-Ku, dan hukum-Ku keluar seperti terang. Sebab Aku menyukai pengenalan akan Allah, lebih daripada kurban-kurban bakaran.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.


  

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati