Orang Kudus hari ini: 01 Agustus 2022 St. Alfonsus Maria de Liguori, Uskup dan Pujangga Gereja

 
Franz Borgias Mayer  (1848–1926) (CC)

 
Hari ini, kita semua harus diilhami oleh teladan iman dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita yang suci kepada kita, para santo-santa, dan khususnya St. Alfonsus Maria de Liguori, yang kita peringati hari ini.  Ia lahir di sebuah kota dekat Napoli, Italia pada tanggal 27 September 1696. Ia meninggal dunia di Nocera pada tanggal 1 Agustus 1787 pada usia 91 tahun. Sejak kecil Alfonsus sudah menunjukkan bakat-bakat yang luar biasa. Tak terbayangkan bahwa ia dalam usianya yang begitu muda, 16 tahun, sudah memperoleh gelar Doktor Hukum di Universitas Napoli, dengan predikat "Magna cum Laude".     
  
St Alfonsus Maria de Liguori kemudian ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1726. Imam muda ini begitu cepat terkenal di kalangan umat karena khotbahnya yang menarik dan mendalam pada tahun 1729. Ia juga pendiri terkenal Kongregasi Sang Penebus Mahakudus (bahasa Latin: Congregatio Sanctissimi Redemptoris – C.Ss.R) , juga dikenal sebagai Ordo Penebus. Pada umur 66 tahun, ia diangkat menjadi Uskup Agata, Dia adalah seorang uskup yang berkomitmen dan gembala yang penuh kasih kepada kawanan dan komunitasnya, yang mendedikasikan dirinya untuk misinya yang kemudian dia bagikan dengan Ordo Penebusnya, untuk pergi dan membawa kebenaran Kristus dan untuk mengajarkan ini kepada orang-orang, membimbing, menempatkan mereka di tengah ajaran dan pemikiran sesat yang sedang merajalela saat itu.
 
Saudara dan saudari di dalam Kristus, yang telah diingatkan akan kasih Allah yang selalu sabar dan belas kasihan-Nya yang besar terhadap kita, marilah kita semua memperbarui komitmen kita kepada-Nya. Marilah kita semua semakin mendekat kepada Tuhan dan mencari Dia dengan keyakinan dan cinta yang semakin besar mulai sekarang. Semoga Tuhan selalu bersama kita dan semoga Dia selalu memberkati kita dengan kasih-Nya. Amin.