Orang Kudus hari ini: 23 Juli 2022 St. Brigitta dari Swedia

  St. Brigitta dari Swedia (1303–23 Juli 1373), seorang wanita agung dan suci, hamba Allah yang setia yang kita peringati hari ini. St. Brigitta dari Swedia adalah seorang mistikus dan religius terkenal, yang menjadi dayang Ratu Swedia, sekaligus terkenal karena banyak karya dan kegiatan amalnya, dalam kepeduliannya terhadap orang miskin dan yang membutuhkan. Setelah suaminya meninggal, keinginannya yang terus-menerus untuk melayani orang sakit dan orang miskin menginspirasinya untuk mendirikan sebuah ordo religius, yang kemudian dikenal sebagai Bridgettines / Ordo St. Brigitta. Mereka semua berkomitmen untuk merawat orang sakit dan orang miskin di masyarakat.

  St Brigitta dikenal karena ziarahnya di seluruh dunia Kristen, sebagian karena kebutuhannya untuk mengesahkan dasar ordo religiusnya. Sepanjang ziarah itu, dia terus melayani orang miskin dan orang sakit, bahkan di tengah pandemi Black Death yang berkecamuk saat itu. Ketika dia berada di Roma di mana dia tinggal sampai kematiannya, dia melanjutkan banyak perbuatan baiknya, yang membuatnya dikenang dengan baik oleh orang-orang, yang tersentuh oleh kemurahan hati, cinta dan kebaikannya. Kita semua juga harus terinspirasi oleh iman dan kasih yang telah ditunjukkan St. Brigitta, dalam mengikuti Tuhan dan perintah-perintah-Nya. Pada tahun 1999, Paus Yohanes Paulus II memilih Brigitta sebagai santa pelindung Eropa. Hari perayaannya dirayakan pada 23 Juli (sebelumnya nya 8 Oktober)

 Semoga inspirasi dari St. Brigitta dari Swedia memberdayakan kita semua untuk berjalan semakin setia di jalan Tuhan dan semoga kita semua semakin bersemangat dan berdedikasi dalam segala hal, menjadi diri yang benar-benar layak bagi Tuhan. Amin.

 

Carl Larsson | Wikipedia Public Domain