Selasa, 05 Juli 2022 Hari Biasa Pekan XIV

 

Selasa, 05 Juli 2022
Hari Biasa Pekan XIV
  
“Marilah kita merindukan mereka yang ada di luar kawanan sebagai saudara-saudara kita” (St. Agustinus)
   

Antifon Pembuka (Mzm 115:10)

Hai umat Allah, percayalah kepada Tuhan! Dialah pertolonganmu dan perisaimu.

Doa Pagi
 
Allah Bapa Maha Pengasih, Engkaulah yang menciptakan segala sesuatu yang hidup dan merupakan sumber sukacita. Semoga nama-Mu menjadi kekuatan kami pada saat suka dan duka, pada saat sakit dan sehat. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
        
Bacaan dari Kitab Hosea (8:4-7.11-13)
   
"Mereka menabur angin dan akan panen puting beliung."
  
Tuhan bersabda, “Mereka telah mengangkat raja, tapi tanpa persetujuan-Ku. Mereka mengangkat pemuka, tapi tanpa setahu-Ku. Bagi dirinya mereka telah membuat berhala-berhala dari emas dan perak. Maka mereka dibinasakan. Aku menolak anak lembumu, hai Samaria. Murka-Ku menyala terhadap mereka! Sampai berapa lama orang-orang Israel ini tidak dapat disucikan? Sebab patung anak lembu itu kan dibuat oleh tukang, dan itu bukan Allah! Sungguh, akan remuklah anak lembu Samaria itu! Mereka menabur angin! Maka mereka akan menuai puting beliung. Gandum yang belum menguning tidak ada pada mereka; tumbuh-tumbuhan itu tidak akan menghasilkan tepung! Dan seandainya menghasilkan, maka orang-orang asing akan menelannya. Sungguh, Efraim telah memperbanyak mezbah. Tetapi mezbah-mezbah itu menjadikan mereka berdosa. Sekalipun Kutuliskan banyak pengajaran baginya semuanya akan mereka anggap sebagai sesuatu yang asing. Mereka menyukai kurban sembelihan. Mereka mempersembahkan daging dan memakannya. Tetapi Tuhan tidak berkenan kepada mereka. Sekarang Tuhan akan mengingat kesalahan mereka dan menghukum dosa mereka. Mereka harus kembali ke Mesir.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan
Ref. Hai umat, percayalah kepada Tuhan.
Ayat. (Mzm 115:3-4.5-6.7ab-8.9-10)
1. Allah kita di surga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya! Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia.
2. Mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata tetapi tidak dapat melihat; mempunyai telinga, tetapi tdak dapat mendengar; mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium.
3. Mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan. Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya.
4. Hai Israel, percayalah kepada Tuhan: Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka. Hai kaum Harun, percayalah kepada Tuhan! Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.

Bait Pengantar Injil do = f, 2/2, PS 951
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 10:27)
Aku ini gembala yang baik, sabda Tuhan; Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku
        
Inilah Injil Suci menurut Matius (9:32-38)
  
"Tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit."
   
Pada suatu hari dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Setelah setan diusir, orang bisu itu dapat berbicara. Maka heranlah orang banyak, katanya, “Hal semacam itu belum pernah dilihat orang di Israel!” Tetapi orang Farisi berkata, “Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan.” Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah idabat dan mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu tergeraklah hati Yesus oleh belas kasih kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata Yesus kepada murid-murid-Nya, “Tuaian memang banyak, tetapi sedikitlah pekerjanya. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan
   
Hanya dengan membaca Injil secara umum dapat memberi kita perasaan bahwa itu adalah saat yang menyenangkan ketika Yesus ada.

Semua itu terdengar sangat mengasyikkan dan terutama ketika Yesus memanggil murid-murid-Nya dan memberi mereka wewenang untuk menyembuhkan penyakit dan mengusir roh jahat. Ya, semua itu terdengar sangat mengasyikkan saat itu.

Namun tidak kalah serunya sekarang. Karena kita adalah murid zaman sekarang. Perumpamaan yang Yesus berikan kepada kita adalah tanaman yang sudah matang untuk dituai. Dan itulah urgensinya. Jika tidak ada panen, maka akibatnya tanaman akan membusuk. Dan berpikir bahwa ada orang di luar sana yang akan membusuk secara rohani hanya karena kita tidak menjawab panggilan menjadi murid Yesus adalah pemikiran yang menyedihkan dan mengganggu.

Panggilan untuk pemuridan adalah yang pertama dan terutama untuk menjadi pekerja panen, dan itu akan menjadi pekerjaan yang berat. Ya, kita berdoa untuk lebih banyak panggilan ke imamat dan kehidupan religius.

Tetapi kita juga perlu berdoa untuk diri kita sendiri agar kita disadarkan oleh panggilan untuk menjadi pekerja tuaian Tuhan. Ini akan menjadi pekerjaan yang berat, tetapi selalu menyenangkan bekerja untuk bos yang tidak lain adalah Tuhan sendiri.


Doa Malam
 
Allah Bapa sumber cinta kasih, kami bersyukur kepada-Mu atas segala karya dan jasa Putra-Mu. Perkenankanlah hidup kami semakin mirip dengan hidup-Nya dan semoga cinta kasih-Nya menjadi titik tolak segala usaha kami. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami. Amin. 
 
 
    
Credit: Tinnakorn Jorruang/istock.com  
   

Tahukah anda? Renunganpagi.id telah berusia 14 tahun, ditarik dari waktu mulai aktifnya blog ini mulai dari bulan Agustus 2008, berawal dari sebuah thread di forum katolik webgaul hadir menemani Bapak/Ibu/Saudara-saudari mulai dari usia remaja hingga lansia (>80 tahun), kami tidak mengenal kata libur baik dengan alasan keluarga sakit, bencana alam, pandemi, dll.  Kalau Anda melihat postingan sebelum Agustus 2008 ke belakang sampai tahun 2003, itu adalah salah satu arsip postingan dari rekan kami. Postingan asal di forum webgaul sudah tidak dapat diakses.
 
RENUNGAN PAGI