| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengapa Tuhan mengizinkan kejahatan?



 Dalam suratnya yang kedua kepada jemaat Tesalonika, Rasul Paulus berbicara tentang Anti-Kristus, “manusia durhaka… yang harus binasa, yang menentang dan meninggikan segala sesuatu yang disebut Allah…” “Sudah,” katanya, “ rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja.” (Bdk. 2 Tes. 2:3-7) Sejak awal sejarah Gereja hingga saat ini keadaannya selalu sama.

Selalu ada dan akan selalu ada orang-orang yang melakukan kejahatan bukan karena kelemahan manusia, namun karena motif kebencian yang sangat jahat sehingga menghadirkan sesuatu yang misterius bagi kita. Mereka ini dapat disebut Anti-Kristus karena tampaknya mereka adalah inkarnasi iblis, roh kejahatan. Mereka senang menyebarkan kesesatan, merusak pikiran, dan menganiaya Gereja. Mereka tenggelam dalam segala macam kehinaan dan tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi mereka selain berhasil membujuk kaum muda dan orang-orang yang tidak bersalah untuk mengikuti mereka dalam jalan dosa mereka. Untuk tujuan ini mereka memanfaatkan semua keuntungan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi modern – pers, bioskop, radio, dan televisi. Singkatnya, mereka menggunakan karunia Allah dalam komersialisasi dosa mereka untuk menjauhkan jiwa-jiwa dari-Nya.

Kesadaran akan fakta mengerikan ini menimbulkan dua pertanyaan. (1) Bagaimana kejahatan seperti itu bisa diizinkan oleh Allah, yang menciptakan manusia bagi diri-Nya sendiri dan menebusnya dengan Darah Putra tunggal-Nya? (2) Langkah-langkah apa yang dapat kita ambil untuk mengendalikan banjir kejahatan yang mengkhawatirkan dan bersifat universal ini?

St Agustinus menjawab pertanyaan pertama dengan menunjukkan bahwa Tuhan yang baik dan tak terbatas menciptakan kita tanpa bantuan apa pun dari diri kita sendiri, namun tidak akan menyelamatkan kita tanpa kerja sama kita karena Dia telah mengaruniai kita dengan karunia kebebasan. Selain itu, Dia lebih memilih mengambil kebaikan dari keburukan daripada mencegah keburukan itu sendiri. Kita sendiri yang harus menjawab pertanyaan kedua, dengan mengingat bahwa kita mempunyai kewajiban yang serius untuk memerangi kejahatan dalam diri kita sendiri dan sesama manusia. Apa yang telah kita lakukan hingga saat ini dan apa yang ingin kita lakukan di masa depan?

Menurut St Agustinus, kebaikan besar bisa datang dari kejahatan yang diizinkan Tuhan. Pertama, Tuhan menunjukkan kebaikan dan kemurahan-Nya yang tak terbatas. Meskipun Dia mengizinkan kita untuk menyakiti hati-Nya karena menghormati kebebasan manusia, Dia selalu siap mengampuni kita, sama seperti Dia mengampuni pencuri yang bertobat. Yang kedua, dengan mengizinkan kejahatan, Tuhan memberikan kesempatan kepada orang baik untuk mempraktikkan kebajikan, khususnya kebajikan kesabaran. Jika tidak ada penganiaya, tidak akan ada martir dan Gereja akan kehilangan kemuliaan yang menjadikan Gereja paling mirip dengan pendiri-Nya, Yesus Kristus. Yang terakhir, masing-masing dari kita mempunyai tugas khusus yang harus dipenuhi dalam melawan serangan kejahatan. Sebagai pengikut dan prajurit Kristus, kita tidak bisa tinggal diam. Invasi kekuatan jahat memerlukan serangan balasan dari kekuatan baik untuk membela iman dan Gereja. Sebagai orang Kristen, kita adalah anak-anak para martir. Oleh karena itu, kita tidak boleh menolak untuk menjadikan hidup kita sebagai martir terus menerus demi kemenangan kebaikan dalam diri kita sendiri dan orang lain. Menjalankan kebajikan dan kerasulan dengan setia sering kali merupakan bentuk kemartiran.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy