| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengingat kembali apa tujuan hidup kita


 
 
Banyak orang yang berkorban demi kehidupannya saat ini, demi menjaga kesehatan, mengukir karier, atau demi mendapatkan uang, kesuksesan, dan kehormatan. Jika Anda seorang pelajar, betapa bersusah payah Anda untuk mendapatkan gelar agar Anda dapat memantapkan diri di masyarakat. Jika Anda seorang buruh, lihatlah upaya yang harus Anda lakukan untuk memperoleh kebutuhan hidup. Jika Anda seorang eksekutif bisnis, betapa Anda siap untuk berusaha dan bekerja keras agar dapat bekerja lebih baik daripada rekan-rekan Anda dan mendapatkan promosi!

Jika Anda jatuh sakit, Anda perlu mengeluarkan biaya atau tenaga untuk mendapatkan kembali kesehatan Anda. Anda bahkan siap menjalani operasi bedah jika itu diperlukan untuk menyelamatkan hidup Anda.

Namun berapa banyak pengorbanan yang kita lakukan untuk berbuat baik atau menjadi kudus? Kita tahu bahwa kehidupan sekarang ini singkat dan hanyalah cikal bakal kehidupan sejati yang kekal. Maka, kita hendaknya dapat menghargai kedalaman pertanyaan Yesus Kristus ini: “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Mat. 16:26)

Kita tidak dilarang untuk memperhatikan urusan duniawi. Seringkali, sudah menjadi tugas kita untuk melakukannya. Namun perhatian pertama kita harus selalu menyelamatkan jiwa kita dan orang-orang di sekitar kita, karena untuk itulah Tuhan menciptakan kita.

Dengan mengingat tujuan ini, kita hendaknya bersiap tidak hanya untuk melakukan pengorbanan yang lebih besar daripada yang kita lakukan demi kesejahteraan materi kita, namun kita juga harus bersiap untuk mati daripada menyinggung Tuhan dan memaparkan diri kita pada bahaya kutukan kekal.

Mari kita merenung. Pengorbanan apa yang telah kita lakukan sejauh ini demi pengudusan diri sendiri dan pengudusan orang lain? Pengorbanan apa yang ingin kita lakukan dalam waktu dekat?

Saat kita mengatakan bahwa kita harus bersiap melakukan pengorbanan apa pun, bahkan untuk mati, daripada menyinggung Tuhan dan mengambil risiko hukuman kekal, kita benar-benar bersungguh-sungguh dengan apa yang kita katakan. "Jika matamu yang kanan menyesatkan engkau,” kata Yesus dalam Injil, "cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.” (Mat. 5:29-30)

Kita siap melakukan semua ini ketika ada pertanyaan mengenai pelestarian kehidupan fana; kita siap menjalani amputasi untuk menghindari kematian. Apakah kita siap melakukan hal yang sama demi keselamatan kekal?

Terkadang ketika kita ingin membebaskan diri dari bahaya dosa, kita harus menjauhkan diri dari hal-hal yang kita sayangi; kita harus menekan naluri dan rasa sayang alami kita, dan kita harus memaksakan penebusan dosa dan penyiksaan tubuh yang berat pada diri kita sendiri. Semua ini dituntut dari kita oleh Yesus dalam kata-kata yang tampaknya keras dan hampir kejam, namun tidak lain adalah perintah yang adil dan perlu. Dalam kasus-kasus serius tertentu, kepahlawanan diperlukan bagi semua orang.

Para Orang Kudus mencari matiraga, pengorbanan, dan penghinaan; mereka ingin menderita untuk menunjukkan kasih mereka kepada Yesus dan untuk menaklukkan kecenderungan tubuh mereka yang tidak teratur. Dengan menempuh jalan penebusan dosa dan salib, mereka menguduskan diri dan mencapai puncak kekudusan, selangkah demi selangkah. Pengorbanan dan penyiksaan apa yang siap kita lakukan? Ingatlah bahwa ada dua hal yang wajib kita lakukan. (1) Kita harus dengan sabar menerima dari tangan Tuhan segala duka, kesusahan dan salib yang ditimpakan-Nya kepada kita. (2) Kita harus siap memikul salib kita dengan sukarela dan murah hati, setidaknya ketika kita menyadari bahwa hal itu perlu atau bermanfaat bagi keselamatan dan pengudusan kita.   —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy