| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menyadari kehadiran Tuhan dalam hidup


 
Seringkali, ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan kita, kita menjadi gelisah dan mudah tersinggung. Kita ingin sehat, tapi malah sakit. Kita mendambakan kesuksesan dan jabatan tinggi, malah dilupakan dan dipermalukan. Kita ingin menjadi suci, namun Tuhan malah merendahkan kesombongan kita dan mengizinkan kita jatuh ke dalam dosa lagi dan lagi. Kita berharap segala sesuatu di sekitar kita akan berjalan sesuai dengan keinginan kita, namun kenyataannya segala sesuatu terjadi dengan cara yang sama sekali berbeda. Apa obat untuk ketegangan dan kekesalan yang kita alami saat ini? Hanya ada satu; kita harus melihat Tuhan dalam segala peristiwa dan keadaan hidup dan melakukan kehendak-Nya dengan penuh kasih dan murah hati. Iman, kata Santo Fransiskus de Sales, adalah pancaran cahaya dari Surga yang membuat kita melihat Tuhan dalam segala hal dan segala sesuatu di dalam Tuhan. Adalah murid agungnya, St. Yohana Fransiska de Chantal, yang menulis: “Menjadi bukan apa-apa, menjadi besar, menjadi kecil; untuk memerintah, untuk mematuhi satu orang atau lainnya; untuk dihina atau dilupakan; menjadi miskin atau kaya; menjadi kurang bekerja atau terlalu banyak bekerja; untuk menyendiri atau berada di perusahaan; untuk menerima penghiburan rohani atau mengalami kekeringan dan godaan; menjadi sehat, atau menjadi sakit dan harus merana selama bertahun-tahun… untuk hidup lama atau untuk segera meninggal, mungkin segera; semua harus diterima dari Tuhan. Kalau orang lain mempunyai rahmat dan karunia yang lebih besar, kita berbahagia di dalam Tuhan. Hidup kita harus seperti Amin agung yang selaras dengan paduan suara surgawi…”

Jika kita melihat kasih Tuhan dalam segala hal, dalam semua kejadian, dan dalam semua kesulitan hidup, tidak ada yang akan mengecewakan kita atau membuat kita sangat menderita. Kita tahu bahwa kita  berada di tangan yang tepat dan segala sesuatunya diatur demi kebaikan kita.

Kadang-kadang kita gagal melihat Tuhan dalam semua peristiwa kehidupan karena kita kurang iman dan keyakinan mutlak kepada Tuhan. Kita harus berusaha meningkatkan iman ini dan hidup selalu dalam hadirat Tuhan, dan kita harus menganggap kehormatan dan kemuliaan dunia ini sama sekali tidak berarti apa-apa tanpa Tuhan. “Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia, tetapi kehilangan nyawanya sendiri?” (Mat. 16:26)

Kita sering kali terlalu mementingkan hal-hal di dunia ini, yang jika dilihat dari sudut pandang kekekalan, tidak ada nilainya. Ketika kita mendapati diri kita berada di titik kematian dan memikirkan kembali peristiwa-peristiwa dalam hidup, betapa kecilnya hal-hal ini bagi kita! Lalu kita akan terheran-heran atas kebodohan kita dan menyesal karena kita terlalu mengkhawatirkan hal-hal tersebut, sementara kita membiarkan diri kita melupakan satu-satunya wujud yang benar-benar penting bagi kita, yaitu Allah sendiri. Santo Fransiskus de Sales mengatakan bahwa ketika kita tiba di akhir kehidupan, urusan-urusan yang selama ini kita sibukkan akan tampak sama pentingnya dengan istana pasir yang kita bangun semasa kanak-kanak, istana-istana yang membutuhkan banyak kesulitan dalam pembangunan-pembangunannya, banyak kesedihan setelahnya ketika mereka telah dihancurkan.

Apakah kita terbiasa melihat segala sesuatu dalam diri Tuhan dan Tuhan dalam segala hal? Apakah kita menerima segala sesuatu dari tangan-Nya yang kudus dan melakukan kehendak-Nya dengan gembira dan penuh kasih?

Apakah kita mencoba mengendalikan diri ketika Tuhan mengirimi kita kesedihan dan juga kegembiraan? Jika kita merasa perlu melakukan reformasi dalam hal ini, kita harus membuat resolusi yang baik.—


*Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy