| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang takut akan Tuhan

 

 
 Kita tidak boleh takut (yang salah) kepada Tuhan, karena Dialah pemberi terbesar kita dan mengasihi kita tanpa batas. Ketika kita tersesat, Dia mencari kita seperti seorang ayah yang penuh kasih mencari putranya yang mengembara. Karena mereka hanya memikirkan keagungan dan keadilan Tuhan, sebagian orang menjauhkan diri dari-Nya, seperti yang dilakukan Adam setelah ia berdosa. Mereka lupa bahwa Tuhan memberitahu Adam, si pendosa, tentang kedatangan Penebus yang mengampuni. (Kej. 3:9) Bossuet benar-benar menyatakan bahwa ”setelah kutuk yang menimpa manusia karena dosa, selalu ada dalam hati mereka rasa takut akan hal-hal gaib yang menghalangi mereka untuk mendekat kepada Allah dengan penuh keyakinan”. Jansenisme meningkatkan ketakutan ini, menekankan keadilan dan keagungan Tuhan daripada kasih Yesus yang tak terbatas dan keindahan ajaran-Nya.

Beberapa penulis membandingkan jiwa kita dengan keagungan dan keadilan ilahi untuk menekankan ketidaklayakan kita, namun mereka lupa bahwa Yesus adalah “lemah lembut dan rendah hati,” bahwa Dia mengampuni Magdalena yang menyesal, pezinah, dan pencuri yang baik, dan berbaik hati, kata-kata untuk domba yang hilang dan anak yang hilang. Mereka tidak pernah memikirkan kata-kata indah dari murid terkasih: “Allah adalah kasih.” (1 Yohanes 4:16)

Rasa takut yang salah terhadap Tuhan ini mengeringkan kesalehan kita, dan mengurangi kepercayaan kita pada belas kasihan-Nya. Hal ini dapat menyebabkan kemurungan, ketelitian, dan keputusasaan.

Kita harus menghindari rasa takut berlebihan yang memisahkan kita dari Tuhan. Sekalipun kita berdosa dan tidak layak, kita harus ingat bahwa Allah adalah Bapa kita yang pengasih, yang selalu siap membantu kita dan memberi kita pengampunan. Terlebih lagi, kita harus ingat bahwa karena kasih kepada kita, Dia tidak menyayangkan Putra-Nya sendiri (lih. Rom 8:32) namun memberikan Dia kepada kita untuk penebusan kita. Jika Yesus menumpahkan darah-Nya dan mati bagi kita, bagaimana kita bisa meragukan kasih-Nya?

Memang benar bahwa rasa takut akan Tuhan dianjurkan berkali-kali dalam Kitab Suci, namun yang dimaksudkan adalah rasa takut akan anak, bukan rasa takut yang bersifat perbudakan.

Ketakutan yang bersifat budak membuat kita terpisah dari Tuhan. Tapi rasa takut berbakti mirip dengan cinta dan membawa kita lebih dekat kepada-Nya.
Kita hendaknya tidak pernah ingin menyakiti hati Tuhan karena kita mengasihi Dia, bukan karena kita takut akan Dia. Ketika seseorang mencintai orang lain dengan sepenuh hati, hampir mustahil untuk menyinggung perasaannya. Dalam pengertian ini “takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan,” (Ams. 1:7) dan oleh karena itu juga kekudusan. Ini adalah karunia Roh Kudus yang menghasilkan ketundukan yang utuh dan penuh kasih kepada Allah, Bapa kita, dan menjauhkan kita dari dosa karena hal itu tidak berkenan kepada-Nya.

Rasa takut yang berbakti ini menyenangkan Tuhan,
karena “Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka.” (Mzm. 145:19)

“Karena itu kasih,” tulis St. Paulus, “adalah penggenapan hukum.” (Rm. 13:10) Kita tentu saja harus takut akan Allah, namun yang terpenting, kita harus mengasihi Dia. Jika kita mengasihi Dia, kita akan dengan senang hati menaati perintah-perintah-Nya dan kita akan memiliki kedamaian dan kepuasan rohani yang luar biasa.

“Ya Yesus, Rajaku, sahabatku dan cinta jiwaku, ambillah milikku. Aku mempersembahkannya sepenuhnya kepada-Mu. Keagungan-Mu mengilhami rasa takut, namun pada tingkat yang jauh lebih besar, kebaikan-Mu mengilhami cinta. Engkau adalah Rajaku dan Engkau akan selalu menjadi satu-satunya cintaku. Jika aku mempunyai rasa takut, itu adalah rasa takut untuk tidak menyenangkan-Mu. Ya Maria, Ratuku, berikan kepadaku rahmat untuk setia kepada Rajaku tercinta.”
(St. Alfonsus de Ligouri)— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy